BENCHMARKING WEBSITE E-COMMERCE UNTUK MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN MENGGUNAKAN WEBQUAL 4.0
DOI:
https://doi.org/10.24014/rmsi.v3i2.4259Abstract
Indonesia pada tahun 2015 tergabung dalam komunitas ekonomi negara-negara kawasan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) yaitu ASEAN Economic Community (AEC) atau biasa disebut Masyrakat Ekonomi ASEAN (MEA). ASEAN menyepakati bahwa pelaksanaannya diarahkan pada integrasi ekonomi kawasan yang mengacu pada AEC Blueprint dimana disebutkan bahwa ASEAN sebagai kawasan dengan daya saing ekonomi tinggi dengan salah satu elemennya adalah e-commerce. Semakin banyaknya industri kecil dan menengah di wilayah kota Malang berkompetisi memasarkan produk ungulan dimana salah satu cara melakukan penetrasi pasar ke konsumen adalah dengan media e-commerce yang menggunakan metode Business to Customer (B2C). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kualitas layanan website e-commerce terutama pada bidang penjualan produk unggulan di wilayah kota malang dengan menggunakan instrumen dari WebQual 4.0 untuk mendapatkan data kualitas layanan e-commerce dari konsumen. Hasil penelitian dan analisa yang dilakukan terhadap tingkat kepuasan pelanggan website e-commerce di Malang menggunakan metode WebQual 4.0 dan perhitungan skala likert menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kegunaan, kualitas informasi, dan kualitas interaksi layanan terhadap variabel keputusan pembelian online secara simultan. Variabel Usability interaksi layanan mempunyai pengaruh dominan terhadap variabel keputusan pembelian online, namun variabel Service Interaction terhitung paling rendah. Dengan begitu, perlu ditingkatkan nilai pada beberapa variabel dengan memperbaiki website sesuai variabel yang dibutuhkan.References
Lim, Merlyna dan Nugroho, Yanuar. 2011. Introduction to the Special Issue on Social Implications of the ICTs in the Indonesian Context. Internetworking Indonesia Journal. 3(2): 1-3.
Iswarawati, Faradina Vidyani dan Azizah, Nurul. 2013. Integration of E-commerce and Cloud Computing For Implementation of Business Based on ICT in Indonesia. IJCSEE. 1(3): 436-439.
Deng-Neng Chen, Jeng B, Lee Wei-Po, dan Chuang, Cheng-Hung. 2008. An Agent-based Model for Consumer-to-bussiness Electronic Commerce. Expert Syst with Application. 34(1): 469-481.
Lee, Hiro dan Plummer, Michael G. 2011. Assessing the Impact of The ASEAN Economic Community. Dalam OSSIP Discussion Paper 2011. 2: 1-25.
Kabir Golam, Hasin M dan Ahsan Akhtar. 2012. Framework For Benchmarking Online Retailing Performance Using Fuzzy AHP and TOPSIS Method. International Journal of Industrial Engineering Computations. 3(2012): 561-576.
Sanjaya, Iman. 2012. Pengukuran Kualitas Website Kementrian Kominfo dengan Menggunakan Metode WebQual 4.0. Jurnal Penelitian IPTEK-KOM. 14(1): 1-14.
Putra, Zahreza Fajar Setiara Sholeh, Mohammad dan Widyastuti, Naniek. 2014. Analisis Kualitas Layanan Website BTKP-DIY menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal JARKOM. 1(2): 174-184.
Furkonudin Suryadi, Emi dan Darmanto. 2016. Evaluasi Kualitas Layanan Website E-commerce Blibli.Com Menggunakan Metode Webqual 4.0 Terhadap Keputusan Pembelian Online. Dalam Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2016. 7-12.
Heng, Michael SH. 2003. Undrestanding Electronic Commercce from A Historical Prespective. Communication of the Assoc for Information System. 12(2003): 104-118.
Monga, Ruchi. 2012. The Business Impact of E-commerce. Gian Jyoti E-Journal. 1(2): 1-8.
Bidgoli, Hossein. 2002. Electronic Commerce: Principles and Practice. New York: Academic Press.
Ahmadi, Candra dan Hermawan, Dadang. 2013. E-Business & E-commerce. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Barnes, Stuard J dan Vidgen, Richard. 2003. Measuring Web Site Quality Improvements: a Case Study of The Forum on Strategic Management Knowledge Exchange. Industrial Management & Data System. 5(103): 297-309.
Downloads
Published
Issue
Section
License
INFORMATION FOR RMSI JOURNAL AUTHORS
Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi The journal is published twice a year, in February and August, under the Department of Information Systems at UIN SUSKA RIAU
The Purpose of Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi iis to provide a platform for publishing research results from various parties and to accommodate various fields of science.
Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi accepts articles that have not been previously published.
The Language used in Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi is English and Indonesian
The Guidelines for Authors The manuscript must follow the format/template provided by the editor. All instructions regarding font and size for the title, author's name, affiliation, email, abstract, keywords, content, and references are outlined in the template. The template can be downloaded on the The website .
"The Submission of Manuscripts in softcopy can be sent through a website in the form of a file with the .docx extension (xxxxxx.docx) and NOT in the form of a Portable Document File (PDF). The editor has the right to edit the manuscript for the purpose of improvement and layout setting, without changing the essence of the writing. For significant improvements, the editor will request correction from the author.
The Review will be conducted for all incoming manuscripts. The results of the review will be communicated to each author within 1 (one) month from the submission of the manuscript to the editor.
"The Copyright and Originality of each paper/article to be published will be requested from all authors by including a "Statement Letter Form".