SISTEM INFORMASI PEMINJAMAN LABORATORIUM SMA/SMK KABUPATEN KUANTAN SINGINGI
DOI:
https://doi.org/10.24014/rmsi.v3i2.4283Abstract
Kabupaten Kuantan Singingi memiliki 21 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan 12 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang tersebar pada 15 kecamatan. Dari 21 SMA tersebut tedapat 18 SMA yang memiliki laboratorium dengan jumlah keseluruhan 38 ruangan, dan 3 SMA lainnya tidak memiliki ruangan laboratorium sama sekali. Solusi yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Kuantan Singingi yaitu, untuk sekolah yang belum mempunyai laboratorium dapat meminjam laboratorium sekolah lain. Kurangannya informasi mengenai jadwal pemakaian maupun peminjaman laboratorium mempersulit SMA/SMK untuk melakukan praktek bersama ataupun peminjaman laboratorium. Tujuan penelitian adalah membangun sistem informasi laboratorium yang akan menyajikan informasi mengenai jadwal praktikum, fasilitas laboratorium dan mempermudah sekolah melakukan sharing laboratorium. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem adalah waterfall dengan permodelan unifield modeling laguage untuk rancangan. Sistem ini diuji dengan pengujian blackbox. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem informasi laboratorium SMA/SMK yang menyajikan informasi jadwal praktikum dan fasilitas laboratorium SMA/SMK di Kabupaten Kuantan Singingi serta sekaligus memfasilitasi peminjaman laboratorium. Sistem informasi laboratorium yang dibangun telah berjalan baik secara fungsional berdasarkan pengujian yang dilakukan.References
Afilia, Rina. Tingkat Kepuasan Orang Tua Dalam Akses Sistem Informasi Manajemen Rapot Online Di SD Islam Maryam Surabaya. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. 2016.
Wahyudi, Apri., Sowiyah dan Ambarita, Alben. Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Web. Jurnal. Universitas Lampung. 2015.
Sari, Prima Mutia. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Praktikum terhadap Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah, dan Penguasaan Konsep Sistem Regulasi. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. 2013.
Prahasta, Eddy. Sistem Informasi Geografis: Konsep-Konsep Dasar (Perspektif Geodesi & Geomatika). Informatika. Bandung. 2014.
Oetomo, Budi Sutedjo. Perencanaan & Pembangunan Sistem Informasi. Andi. Yogyakarta. 2002.
Rahmiyati, Sri. Keefektifan Pemanfaatan Laboratorium di Madrasah Aliyah Yogyakarta. Jurnal. Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 2008.
Muharto dan Ambarita. Metode Penelitian Sistem Informasi: Mengatasi Kesulitan mahasiswa dalam Menyusun Proposal Penelitian. Deepublish. Yogyakarta. 2016.
Siahaan, Richard R F., Satato, Kodrat Imam dan Martono, Kurniawan Teguh. Implementasi Sistem Informasi Geografis Daerah Pariwisata Kota Semarang Berbasis Android Dengan Global Positioning System (GPS).Jurnal. Univesitas Diponegoro. Semarang. 2014.
Departemen pendidikan nasional. Pedoman Standarisasi Laboratorium/Ruangan Workshop Balai Pengembangan Pendidikan Sekolah dan Pemuda (BPPLSP). Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan. Jakarta. 2007.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. Pengel9olaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta. 2010.
Rozaq, Abdul. Studi Kasus Kesiapan Pelaksanaan Uji Kompetesi Mata Pelajaran PLC Pada Kompetensi Keahlian Teknik Otomasi Industri SMK Negeri 2 Pati. Jurnal. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta. 2012.
Downloads
Published
Issue
Section
License
INFORMATION FOR RMSI JOURNAL AUTHORS
Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi The journal is published twice a year, in February and August, under the Department of Information Systems at UIN SUSKA RIAU
The Purpose of Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi iis to provide a platform for publishing research results from various parties and to accommodate various fields of science.
Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi accepts articles that have not been previously published.
The Language used in Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi is English and Indonesian
The Guidelines for Authors The manuscript must follow the format/template provided by the editor. All instructions regarding font and size for the title, author's name, affiliation, email, abstract, keywords, content, and references are outlined in the template. The template can be downloaded on the The website .
"The Submission of Manuscripts in softcopy can be sent through a website in the form of a file with the .docx extension (xxxxxx.docx) and NOT in the form of a Portable Document File (PDF). The editor has the right to edit the manuscript for the purpose of improvement and layout setting, without changing the essence of the writing. For significant improvements, the editor will request correction from the author.
The Review will be conducted for all incoming manuscripts. The results of the review will be communicated to each author within 1 (one) month from the submission of the manuscript to the editor.
"The Copyright and Originality of each paper/article to be published will be requested from all authors by including a "Statement Letter Form".