MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SENI ORIGAMI BERBASIS ANIMASI UNTUK ANAK TUNAGRAHITA SEDANG
DOI:
https://doi.org/10.24014/rmsi.v3i2.4286Abstract
Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 2 Padang merupakan salah satu sekolah untuk anak-anak berkebutuhan khusus yang berada di kota Padang, Sumatera Barat. Terdapat 3 kategori kelas yang ada di SLB Negeri 2 Padang yaitu kelas Tunanetra, Tunarungu dan Tunagrahita. Kelas Tunagrahita dibagi menjadi 2 yaitu Tunagrahita Ringan dan Tunagrahita Sedang. Fokus penelitian ini yaitu anak Tunagrahita Sedang. Tunagrahita Sedang merupakan anak yang memiliki kemampuan berpikir rendah, perhatian dan daya ingat yang lemah, konsentrasi yang mudah beralih, serta sikap yang mudah bosan. Pada umumnya anak mengalami gangguan pada susunan syaraf pusat sehingga kemampuan motorik halusnya mengalami permasalahan. Seni origami merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di SLB Negeri 2 Padang pada anak Tunagrahita Sedang kelas 4 untuk mengembangkan daya motorik halusnya. Selama ini, pelajaran seni origami diajarkan guru dengan menggunakan media kertas origami dengan metode pembelajaran secara langsung. Karena keterbatasan yang dimiliki oleh anak Tunagrahita Sedang, membuat ketidakpahaman anak untuk mencontoh lipatan kertas origami yang diajarkan oleh guru. Penelitian ini bertujuan membuat media pembelajaran interaktif seni origami berbasis animasi dengan menggunakan metode ADDIE untuk mengatasi permasalahan yang ada. Berdasarkan hasil pengujian Black Box, semua fitur-fitur di media pembelajaran interaktif ini berjalan 100%. Berdasarkan testing User Acceptence Test menunjukkan bahwa tingkat penerimaan pengguna terhadap media pembelajaran interaktif seni origami adalah sangat baik yaitu 96,967%. Dengan adanya media pembelajaran interaktif seni origami ini dapat menarik perhatian anak untuk memperhatikan pelajaran seni origami yang disajikan secara interaktif, dapat meningkatkan motivasi anak dalam belajar seni origami, dapat mengembangkan pemahaman anak terhadap meteri yang disajikan, dan dapat membantu mengembangkan daya motorik halus.References
Seomantri, Sutjihati. 2007. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama.
Amin, Moh. 1995. Ortopedagogik Anak Tunagrahita. Jakarta: Depdikbud.
Rumini, Sri. 1987. Pengetahuan Subnormalitas Mental. Yogyakarta: FIP UNY.
Sumardiyah, Siti. 2012. Peningkatan Motorik Halus Anak Tunagrahita Sedang Melalui Origami di SDLB Negeri 1 Sleman. Jurnal PLB, 2(1): 1.
Chalis, Chairul Ulvan dan Wijiastuti, Asti. 2014. Pengaruh Penggunaan Seni Origami Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Pendidikan Luar Biasa. 1.
Salsabila, Cindy. 2011. Seni Melipat Kertas Origami Untuk Taman Kanak-Kanak. Surabaya: Serba Jaya.
Indonesiabelajar. 2016. Macam-macam media pembelajaran interaktif. Online diakses pada tanggal 04 Desember 2016. http://indonesiabelajar.click/.
Agustiana, Rina. 2013. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Komputer Terhadap Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Tunagrahita Ringan. Universitas Pendidikan Indonesia.
Shelton, K. dan Saltsman, G. 2011. Applying the ADDIE model to online instruction. Dalam “Information Resources Management Association, Instructional design: concepts, methodologies, tools, and applications. New York: IGI Global.
Nurhadryani, Yani., Sianturi, Susy Katarina., Hermadi, Irman dan Khotimah, Husnul. 2013. Pengujian Usability Untuk Meningkatkan Antar Muka Aplikasi. JIKA. 2(2): 83-93
Hofstetter, Fred T. 2011. Multimedia Literacy. New York: McGraw-Hill.
Miarso, Hadi Y. 2004 Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenda Media.
Karmachela, Hira. 2008. Seni Origami. Jakarta: Azka Press.
Sumantri. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Downloads
Published
Issue
Section
License
INFORMATION FOR RMSI JOURNAL AUTHORS
Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi The journal is published twice a year, in February and August, under the Department of Information Systems at UIN SUSKA RIAU
The Purpose of Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi iis to provide a platform for publishing research results from various parties and to accommodate various fields of science.
Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi accepts articles that have not been previously published.
The Language used in Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi is English and Indonesian
The Guidelines for Authors The manuscript must follow the format/template provided by the editor. All instructions regarding font and size for the title, author's name, affiliation, email, abstract, keywords, content, and references are outlined in the template. The template can be downloaded on the The website .
"The Submission of Manuscripts in softcopy can be sent through a website in the form of a file with the .docx extension (xxxxxx.docx) and NOT in the form of a Portable Document File (PDF). The editor has the right to edit the manuscript for the purpose of improvement and layout setting, without changing the essence of the writing. For significant improvements, the editor will request correction from the author.
The Review will be conducted for all incoming manuscripts. The results of the review will be communicated to each author within 1 (one) month from the submission of the manuscript to the editor.
"The Copyright and Originality of each paper/article to be published will be requested from all authors by including a "Statement Letter Form".