INTEGRASI BARCODE 128 PADA SENAYAN LIBRARY MANAGEMENT SYSTEM (Studi Kasus: Pustaka SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru)
DOI:
https://doi.org/10.24014/rmsi.v3i2.4367Abstract
Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru adalah Sekolah Menengah Kejuruan yang telah terbentuk sejak tahun 1984. Pustaka SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru merupakan salah satu fasilitas sekolah yang berfungsi sebagai lembaga penyedia informasi, seperti laporan, artikel, sumber rujukan, atau buku. Koleksi buku pada Pustaka SMK Muhammadiyah 2 saat ini berjumlah 7.945 eksemplar dengan 2.124 judul dan anggota pustaka yang berjumlah 1.563 dan perputaran transaksi peminjaman buku selama 1 minggu. Pustaka SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru belum terkomputerisasi pada kegiatan sehari–hari dimulai dari pembuatan kartu anggota yang mengisi form lalu pegawai pustaka mencatat nama calon anggota pustaka pada buku pustaka, pegawai pustaka membantu mencarikan buku yang akan dipinjam oleh anggota pustaka, setelah mendapatkan buku pegawai pustaka mencatat nama, judul buku yang dipinjam, tanggal kembali yang dicatat pada buku pengembalian. Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun dan menghasilkan sistem integrasi barcode 128 pada SLiMS. Teknik perancangan sistem menggunakan metode Object Oriented Analysis Design (OOAD) dan Tools Unified Modelling Languange (UML). Teknik pengujian sistem menggunakan teknik Blackbox Testing dengan hasil 100% sistem berjalan dengan baik dan sesuai kebutuhan. Pengembangan sistem ini menerapkan metode Extreme Programming. Hasil penelitian ini adalah sebuah sistem integrasi barcode 128 pada SLiMS. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu pegawai pustaka sekolah mengelola data anggota, data peminjaman, pengembalian buku, dan merekap laporan data kegiatan di pustaka.References
Darmono. 2007. Pengembangan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Perpustakaan Sekolah. 1(1).
Meilani, Difana dan Putri, Indah Albani. 2015. Perancangan Sistem Otomasi Barcode dengan Mengevaluasi Kinerja pada Aktivitas Transaksi Gudang. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri.
Azwar, Muhammad. 2013. Membangun Sistem Otomasi Perpustakaan Dengan Senayan Library Management System (SLiMS). Khizanah Al – Hikmah. 1(1).
Yulianton, Heribertus, dkk. 2015. Rancang Bangun Online Public Access Catalouge (OPAC) Pada Perpustakaan Universitas Stikubank Menggunakan Bootstrap. Jurnal Teknologi Informasi Dinamik. 20(1).
Eniyati, Sri. 2006. Pengembangan Berorientasi Objek Metode Fusion. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK. 11(2).
Winata, Edgar, Setiawan, Johan. 2013. Analisis dan Perancangan Prototipe Aplikasi Parkir Bis Universitas Multimedia Nusantara Pada Platform Android. ULTIMA InfoSys. 4(1).
Ramadhani, Syaifudin, dkk. 2013. Rancang Bangun Sistem Geografis Layanan Kesehatan di Kecamatan Lamongan Dengan PHP MySQL. Jurnal Teknika. 5(2).
Pohan, Nurmaliana. 2014. Implementasi Barcode untuk Sistem Informasi Absensi Pada PT. Coca Cola Distribution Indonesia Pekanbaru. RJoCS - Riau Journal of Computer Science. 2(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
INFORMATION FOR RMSI JOURNAL AUTHORS
Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi The journal is published twice a year, in February and August, under the Department of Information Systems at UIN SUSKA RIAU
The Purpose of Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi iis to provide a platform for publishing research results from various parties and to accommodate various fields of science.
Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi accepts articles that have not been previously published.
The Language used in Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi is English and Indonesian
The Guidelines for Authors The manuscript must follow the format/template provided by the editor. All instructions regarding font and size for the title, author's name, affiliation, email, abstract, keywords, content, and references are outlined in the template. The template can be downloaded on the The website .
"The Submission of Manuscripts in softcopy can be sent through a website in the form of a file with the .docx extension (xxxxxx.docx) and NOT in the form of a Portable Document File (PDF). The editor has the right to edit the manuscript for the purpose of improvement and layout setting, without changing the essence of the writing. For significant improvements, the editor will request correction from the author.
The Review will be conducted for all incoming manuscripts. The results of the review will be communicated to each author within 1 (one) month from the submission of the manuscript to the editor.
"The Copyright and Originality of each paper/article to be published will be requested from all authors by including a "Statement Letter Form".