ANALISIS KUALITAS LAYANAN OPAC TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE E-SERVQUAL
DOI:
https://doi.org/10.24014/rmsi.v4i1.5017Abstract
Universitas Riau merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi negeri yang bergerak di bidang jasa pelayanan pendidikan. Perpustakaan Universitas Riau telah menerapkan layanan Online Public Access Catalog (OPAC) pada tahun 2012. Dalam prakteknya, masih terdapat kesalahan dan keluhan dalam penerapan layanan OPAC. Oleh karena itu untuk mengetahui kebenaran masalah tersebut maka perlu dilakukan pengukuran kualitas layanan OPAC menggunakan metode e-Servqual berdasarkan tujuh dimensi yang ada pada e-Servqual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas layanan OPAC berdasarkan kepuasan mahasiswa dan untuk mengetahui atribut mana yang mendapat prioritas utama dalam perbaikan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa aktif yang menggunakan OPAC pada perpustakaan Universitas Riau yang di ambil sampel berjumlah 375 orang. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis perhitungan e-Servqual, CSI, dan analisis faktor. Data diperoleh dengan melakukan wawancara, menyebarkan kuesioner dan dikembangkan mengikuti metode e-Servqual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan OPAC pada perpustakaan Universitas Riau tidak memuaskan dengan hasil perhitungan nilai e-Servqual yang bernilai negatif, yaitu sebesar -0,773. Hal ini menunjukan pengguna OPAC pada perpustakaan UR belum puas dengan layanan yang diberikan.References
Ridwan, Taufiq. “Kajian Pemanfaatan OPAC di Perpustakaan Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon”. [Tesis]. Universitas Indonesia. 2011.
Tjiptono, Fandy. “Service Management Mewujudkan Layanan Prima”. Andi, Yogyakarta. 2008
Astuti, Dewi dan Salisah, Febi Nur. 2016. Analisis Kualitas Layanan E-Commerce Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode E-Servqual. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi. 2(1): ---
Chopipah O, Fifip. “Pengaruh Kualitas Layanan Internet Banking Klikbca Terhadap Kepuasan Nasabah”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.2013
Isnan, Muhammad Ariefian Jogiyanto. “Analisis dan Desain Sistem Informasi (Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis”. Andi, Yogyakarta. 1999.
Yamit, Zulian. “Manajemen Kualitas Produk dan Jasa”. Ekonesia, Yogyakarta. 2002.
Tjiptono, Fandi., dan Gregorius Chandra. “Service, Quality, & Satisfaction”. Edisi 3. Andi, Yogyakarta. 2011.
A. Parasuraman, V. A. Zeithaml, and A. Malhotra, “E-S-QUAL a multiple-item scale for assessing electronic service quality,” J. Serv. Res., vol. 7, no. 3, pp. 213–233, 2005.
Ndendo Roland Tanggu, dkk. “Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan PSMA On-line pada Universitas Gunadarma”. Jurnal Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitek, & Sipil) Vol.2 Agustus 2007 ISSN : 1858-2559.
Hasugian, Jonner. “Katalog Perpustakaan Dari Katalog Manual Sampai Katalog Online”. USU Digital Library. 2003.
Ridwan, Taufiq. “Kajian Pemanfaatan OPAC di Perpustakaan Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon”. Tesis. Universitas Indonesia. 2011.
Downloads
Published
Issue
Section
License
INFORMATION FOR RMSI JOURNAL AUTHORS
Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi The journal is published twice a year, in February and August, under the Department of Information Systems at UIN SUSKA RIAU
The Purpose of Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi iis to provide a platform for publishing research results from various parties and to accommodate various fields of science.
Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi accepts articles that have not been previously published.
The Language used in Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi is English and Indonesian
The Guidelines for Authors The manuscript must follow the format/template provided by the editor. All instructions regarding font and size for the title, author's name, affiliation, email, abstract, keywords, content, and references are outlined in the template. The template can be downloaded on the The website .
"The Submission of Manuscripts in softcopy can be sent through a website in the form of a file with the .docx extension (xxxxxx.docx) and NOT in the form of a Portable Document File (PDF). The editor has the right to edit the manuscript for the purpose of improvement and layout setting, without changing the essence of the writing. For significant improvements, the editor will request correction from the author.
The Review will be conducted for all incoming manuscripts. The results of the review will be communicated to each author within 1 (one) month from the submission of the manuscript to the editor.
"The Copyright and Originality of each paper/article to be published will be requested from all authors by including a "Statement Letter Form".