SISTEM INFORMASI PENETAPAN ANGKA KREDIT GURU BERBASIS WEB DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN PELALAWAN
DOI:
https://doi.org/10.24014/rmsi.v5i2.7577Abstract
Komputer saat ini tidak asing lagi bagi setiap kalangan, khususnya didunia pendidikan dengan berbagai macam
kegunaan termasuk bagi tenaga pendidik atau guru, terutama tenaga pendidik yang ingin naik pangkat melalui
Angka Kredit. Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan merupakan salah satu instansi pemerintahan yang
bertanggung jawab terhadap semua hal yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Dinas Pendidikan juga yang
bertugas dalam menangani kenaikan jabatan fungsional dan penetapan Angka Kredit Guru (AKG). Proses
penetapan AKG masih menggunakan Ms. Excel. Data yang disimpan adalah didalam Ms. Excel setiap periode
kenaikan pangkat, sehingga tempat backup data ada dibanyak aplikasi. Banyaknya laporan AKG dalam satu
periode sekitar 500 dokumen sementara dalam 1 tahun ada 2 periode. Hal tersebut mengakibatkan dalam proses
pencarian data yang dibutuhkan akan memakan waktu yang lama. Kemudian, jumlah Tim Penilai yang hanya 5
orang memicu keterlambatan penilaian AKG. Dan guru yang jauh dari Dinas bolak-balik untuk proses kenaikan
pangkat ini yang memakan waktu kurang lebih 2 hari serta biaya sekitar 500 ribu rupiah. Metode pengembangan
sistem menggunakan metode Waterfall, alat bantu yang digunakan dalam menganalisa dan membangun sistem
yaitu dengan metode Object Oriented Analysis Design serta pengujian sistem menggunakan Blackbox Testing
dan User Acceptance Test dengan tingkat penerimaan sistem sebesar 85,04% . Hasil dari penelitian ini adalah
menghasilkan sebuah Sistem Informasi Penetapan Angka Kredit Guru Berbasis Web yang dapat membantu guru
dan Instansi dalam kenaikan pangkat guru.
References
Fahmi, A., Rahmawati, R., & Nuswantoro, U.
D. (t.t.). “Sistem Informasi Penetapan Angka
Kredit (Pak) Untuk Kenaikan Pangkat Pada
Jabatan Fungsional Guru (Study Kasus Dinas
Pendidikan Kota Xyz)”, 11(1), 12. 2012.
Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur
Negara Dan Reformasi Birokrasi. Peraturan
Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur
Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 16
Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional
Guru Dan Angka Kreditnya. CV. Pustaka
Setia. 2016.
Prabowo, N, A., & Hidayah, N. “Sistem
Penetapan Angka Kredit untuk Kenaikan
Pangkat Guru di Lingkungan Pemerintah
Kota Magelang Berbasis Web”. Scient ific
Journal of Informatics, 2(2), 155.
https://doi.org/10.15294/sji.v2i2.5084. 2016.
O’Brien, J, A., & Marakas, George, M.
Introduction to Information Systems (fifteenth
edition). New York: McGraw Hill
Companies. Inc. 2010.
Sagita, R, A., & Sugiarto, H. “Penerapan
Metode Waterfall Pada Sistem Informasi
Penjualan Furniture Berbasis Web”, 5(4), 7.
Tabrani, M., & Pudjiarti, E. “Penerapan
Metode Waterfall Pada Sistem Informasi
Inventori Pt. Pangan Sehat Sejahtera”, 1(2),
2017.
Graham, D., Van Veenendaal, E., & Evans, I.
Foundations of software testing: ISTQB
certification. Cengage Learning EMEA. 2008.
Wong, K., Sinsuw, A, A, E., Mt, S., &
Najoan, X, B, N. “Rancang Bangun Aplikasi
“Trip Alone ?” Berbasis Android”, 9(1), 7.
Bassil, Y, A “Simulation Model for the
Waterfall Software Development Life Cycle”.
International Journal of Engineering, 2(5), 7.
Sugiarti, Y. Analisis dan Perancangan UML
(Unified Modelling Language) Generated VB.
- Disertai Contoh Studi Kasus dan Interface
Web - Edisi Pertama (Pertama). Yogyakarta:
Graha Ilmu. 2013.
Downloads
Published
Issue
Section
License
INFORMATION FOR RMSI JOURNAL AUTHORS
Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi The journal is published twice a year, in February and August, under the Department of Information Systems at UIN SUSKA RIAU
The Purpose of Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi iis to provide a platform for publishing research results from various parties and to accommodate various fields of science.
Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi accepts articles that have not been previously published.
The Language used in Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi is English and Indonesian
The Guidelines for Authors The manuscript must follow the format/template provided by the editor. All instructions regarding font and size for the title, author's name, affiliation, email, abstract, keywords, content, and references are outlined in the template. The template can be downloaded on the The website .
"The Submission of Manuscripts in softcopy can be sent through a website in the form of a file with the .docx extension (xxxxxx.docx) and NOT in the form of a Portable Document File (PDF). The editor has the right to edit the manuscript for the purpose of improvement and layout setting, without changing the essence of the writing. For significant improvements, the editor will request correction from the author.
The Review will be conducted for all incoming manuscripts. The results of the review will be communicated to each author within 1 (one) month from the submission of the manuscript to the editor.
"The Copyright and Originality of each paper/article to be published will be requested from all authors by including a "Statement Letter Form".