PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP EFEKTIVITAS PENERAPAN E-LEARNING DENGAN METODE OCAI DAN HOT FIT
DOI:
https://doi.org/10.24014/rmsi.v5i2.7936Abstract
Budaya organisasi merupakan suatu kebiasaan-kebiasaan yang terjadi dalam tatanan organisasi yang mewakili norma-norma perilaku yang diikuti oleh para anggota organisasi. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru telah menerapkan sistem Informasi Integrated Library System (INLISLite). INLISLite telah digunakan sejak tahun 2015, namun masih terdapat beberapa masalah seperti cenderung mendaftar member langsung ke petugas, cenderung tidak memakai OPAC, petugas tidak cepat tanggap, informasi OPAC tidak lengkap, tidak tersedia koleksi yang dibutuhkan, loker penyimpanan barang tidak terkunci. Metode yang digunakan OCAI dan LIBQUAL+TM model. OCAI terbagi dalam empat tipe budaya organisasi yaitu clan, adhocracy, market, dan hierarchy. LIBQUAL+TM model memiliki empat konstruk yaitu service affect, library as place, personal control dan information access. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap kualitas layanan INLISLite. Sampel yang digunakan sebanyak 97 responden yang merupakan anggota (member) perpustakaan. Pengolahan data menggunakan Microsoft Excel dan SEM-PLS. Hasil penelitian ini adalah budaya dominan yang berjalan saat ini yaitu hierarchy dengan nilai 0,954. Hierarchy merupakan budaya yang sesuai standar peraturan dan prosedur, struktur kerja yang jelas. Pengaruh budaya organisasi terhadap kualitas layanan INLISLite adalah tidak berpengaruh dengan nilai 0,596, dengan tingkat pengaruh nilai harus mencapai (1,96) sehingga hal ini menunjukkan bahwa budaya organisasi tidak mempunyai pengaruh terhadap kualitas layanan INLISLite. Oleh karena itu budaya tersebut tidak meningkatkan kualitas layanan INLISLite.
Kata Kunci: Integrated Library System, Kualitas Layanan, LIBQUAL+TM, OCAI, SEM-PLS.
References
Bachmid, F. S. (2016). “Pengaruh budaya organisasi terhadap kualitas sistem informasi akuntansi”. Jurnal Ekonomi dan Manajemen STIE Dharma Negara, 01(01), 247–260.
Koesmono, H. T. (2006). “Pengaruh budaya organisasi terhadap motivasi dan kepuasan kerja serta kinerja karyawan pada sub sektor industri pengolahan kayu skala menengah di jawa timur”. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 7(2), 171–188.
Putri, N. M. D. K., Jayanti, N. K. D. A., dan Sumiari, N. K. (2015). “Pengaruh budaya organisasi terhadap pengembangan sistem informasi”. Jurnal Sistem dan Informatika(JSI), 10, 76–86.
Parasuraman, A., Zheithaml, V. A., dan Berry, L. L. (1985). “A Conceptual Model of Service Quality and its Implications for Future Research”. Journal of Marketing, 49(4), 41–50.
Chatab, N. (2007). “Profil budaya organisasi”. Bandung: Alfabeta.
Faidah, A. N., dan Rachman, M. Y. (2016). “Analisis kualitas pelayanan dengan metode libqual+tm (studi pada perpustakaan fakultas ekonomi dan bisnis universitas lambung mangkurat banjarmasin)”. Dalam Procceding of national conference on asbis (Vol. 1, hal. 60–69).
Fatmawati, E. (2012). “Evaluasi kualitas layanan perpustakaan FEB UNDIP berdasarkan harapan dan persepsi pemustaka dengan metode libqual”. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 8(1), 1–18.
Jogiyanto. (2011). “Konsep dan aplikasi structural equation modeling (SEM) berbasis varian dalam penelitian bisnis”. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Downloads
Published
Issue
Section
License
INFORMATION FOR RMSI JOURNAL AUTHORS
Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi The journal is published twice a year, in February and August, under the Department of Information Systems at UIN SUSKA RIAU
The Purpose of Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi iis to provide a platform for publishing research results from various parties and to accommodate various fields of science.
Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi accepts articles that have not been previously published.
The Language used in Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi is English and Indonesian
The Guidelines for Authors The manuscript must follow the format/template provided by the editor. All instructions regarding font and size for the title, author's name, affiliation, email, abstract, keywords, content, and references are outlined in the template. The template can be downloaded on the The website .
"The Submission of Manuscripts in softcopy can be sent through a website in the form of a file with the .docx extension (xxxxxx.docx) and NOT in the form of a Portable Document File (PDF). The editor has the right to edit the manuscript for the purpose of improvement and layout setting, without changing the essence of the writing. For significant improvements, the editor will request correction from the author.
The Review will be conducted for all incoming manuscripts. The results of the review will be communicated to each author within 1 (one) month from the submission of the manuscript to the editor.
"The Copyright and Originality of each paper/article to be published will be requested from all authors by including a "Statement Letter Form".