KLASTERISASI CLV DENGAN MODEL LRFM MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY C-MEANS (Studi Kasus: Pangeran Gym Pekanbaru)
DOI:
https://doi.org/10.24014/rmsi.v6i1.8535Abstract
Kepuasan pelanggan merupakan faktor yang sangat penting bagi setiap perusahaan maka dari itu Perusahaan perlu mempelajari perilaku konsumen yang bertujuan untuk mengetahui dan memahami berbagai aspek yang ada pada konsumen.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan nilai Customer Lifetime Value (CLV) setiap segmen pelanggan pada Pangeran Gym Pekanbaru dan menentukan segmentasi pelanggan berdasarkan jenis kelamin serta umur dengan menggunakan algoritma fuzzy c-means. Klasterisasi pelanggan menggunakan model Length Recency Frequency Monetary (LRFM) dan pembentukan kluster dibagi atas 3 kluster.Nilai CLV akan dihasilkan dengan mengalikan nilai normalisasi LRFM dengan nilai bobot LRFM dan selanjutnya dijumlahkan.Penjumlahan CLV dilakukan pada masing-masing kluster yang telah terbentuk.Hasil dari penjumlahan tersebut maka dicari hasil rangking CLV. Rangking CLV tertinggi dihasilkan dari nilai CLV terbsesar diantara 3 kluster tersebut. Rangking CLV tertinggi pada penelitian ini adalah kluster pertama yaitu dengan nilai CLV 0,504 dengan simbol LRFM L↑R↑F↑M↑ dengan arti bahwa kluster ini memiliki segmen pelanggan dengan nilai loyalitas yang tinggi. Ranking CLV ke 2 adalah kluster ketiga dengan nilai CLV 0,341 dan selanjutnya kluster kedua dengan nilai CLV 0,225. Dari 100 data transaksi pada Pangeran Gym Pekanbaru terdapat 83 transaksi oleh jenis kelamin laki-laki dan 17 transaksi dilakukan oleh jenis kelamin perempuan. Kemudian dari 100 data transaksi pada Pangeran Gym Pekanbaru terdapat 82 transaksi dilakukan oleh remaja umur 12 – 25 tahun dan 18 transaksi dilakukan oleh dewasa umur 26 – 45 tahun.
References
D. A. Apriyani, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei Pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo),” Vol. 51, No. 2, Pp. 1–7, 2017.
N. Surbakti And M. Widyarini, “Pengaruh Service Recovery Pada Kepuasan Pelanggan : Studi Kasus Auto2000 Bandung,” Vol. 6, No. 1, Pp. 26–46, 2010.
R. A. Tjahyadi, “Brand Trust Dalam Konteks Loyalitas Merek : Peran Karakteristik Merek , Karakteristik Perusahaan , Dan Karakteristik Hubungan-Merek,” Vol. 6, No. 1, Pp. 65–78, 2006.
A. Q. G. Fajri, “Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Relationship Quality Dan Customer Lifetime Value,” 2019.
T. Hardiani, S. Sulistyo, And R. Hartanto, “Pada Lembaga Keuangan Mikro,” Vol. 03, Pp. 181–187, 2014.
M. Alvandi, S. Fazli, And F. S. Abdoli, “K-Mean Clustering Method For Analysis Customer Lifetime Value With Lrfm Relationship Model In Banking Services,” Vol. 3, No. 11, Pp. 2294–2302, 2012.
Y. Wicaksono, “Segmentasi Pelanggan Bisnis Dengan Multi Kriteria Menggunakan K-Means,” Vol. 1, No. 2, Pp. 45–53, 2018.
H. Nanang Khoirul Ahmadi, “Analisis Segmentasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Eiger Di Bandar Lampung,” Vol. 03, No. 01, Pp. 75–95, 2017.
E. Y. Anggita Putri Iriandini And M. Kholid Mawardi, “Pengaruh Customer Relationship Management ( Crm ) Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan ( Survey Pada Pelanggan Pt . Gemilang Libra Logistics , Kota Surabaya ),” Vol. 23, No. 2, Pp. 1–8, 2015.
F. Kamal, Y. T. Mursityo, And A. D. Herlambang, “Pengembangan Sistem Informasi Pemetaan Perilaku Pelanggan Dengan Prediktor Length , Recency , Frequency Dan Monetary ( Studi Pada Bagian Marketing Radio Kalimaya Bhaskara ),” Vol. 2, No. 5, Pp. 1849–1855, 2018.
A. N. Fitroh Amaluddin, M. Aziz Muslim, “Klasifikasi Kendaraan Menggunakan Gaussian Mixture Model ( Gmm ) Dan Fuzzy Cluster,” Vol. 9, No. 1, Pp. 19–24, 2015.
S. Monalisa, “Klasterisasi Customer Lifetime Value Dengan Model Lrfm Menggunakan Algoritma K-Means Clustering Of Customer Lifetime Value Based On Lrfm Model Using K-Means Algorithm,” Vol. 5, No. 2, Pp. 247–252, 2018.
S. L. Prasetyo, Larasati Dwi, Silcyljeova Moniharapon, “Pengaruh Faktor-Faktor Segmentasi Demografis Dan Segmentasi Psikografis Terhadap Keputusan Pembelian Pada Matahari Department Store Mtc Manado,” Vol. 5, No. 2, Pp. 1337–1347, 2017.
M. Al Amin, “Klasifikasi Kelompok Umur Manusia Berdasarkan Analisis Dimensi Fraktal Box Counting Dari Citra Wajah Dengan Deteksi Tepi Canny,” Vol. 2, No. 6, 2017.
Downloads
Published
Issue
Section
License
INFORMATION FOR RMSI JOURNAL AUTHORS
Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi The journal is published twice a year, in February and August, under the Department of Information Systems at UIN SUSKA RIAU
The Purpose of Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi iis to provide a platform for publishing research results from various parties and to accommodate various fields of science.
Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi accepts articles that have not been previously published.
The Language used in Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi is English and Indonesian
The Guidelines for Authors The manuscript must follow the format/template provided by the editor. All instructions regarding font and size for the title, author's name, affiliation, email, abstract, keywords, content, and references are outlined in the template. The template can be downloaded on the The website .
"The Submission of Manuscripts in softcopy can be sent through a website in the form of a file with the .docx extension (xxxxxx.docx) and NOT in the form of a Portable Document File (PDF). The editor has the right to edit the manuscript for the purpose of improvement and layout setting, without changing the essence of the writing. For significant improvements, the editor will request correction from the author.
The Review will be conducted for all incoming manuscripts. The results of the review will be communicated to each author within 1 (one) month from the submission of the manuscript to the editor.
"The Copyright and Originality of each paper/article to be published will be requested from all authors by including a "Statement Letter Form".