IMPLEMENTASI ALGORITMA FUZZY C-MEANS (FCM) DALAM PENGKLASTERISASIAN NILAI HIDUP PELANGGAN DENGAN MODEL LRFM
DOI:
https://doi.org/10.24014/rmsi.v6i1.8564Abstract
Pelanggan merupakan aset penting bagi suatu organsasi. Oleh karena itu harus dikelola dengan baik agar tidak hilang. Salah satu caranya yaitu dengan mencari nilai CLV atau nilai hidup pelanggan yang tujuannya untuk mengetahui kelompok-kelompok pelanggan yang memiliki nilai loyalitas dan profitabilitas yang tinggi yang akan mengungtungkan perusahaan. Segmentasi ini diawali dengan menganaliss data mentah (cleaning), dan kemudian ditranformasikan ke dalam LRFM (Length, Recency, Frequency dan Monetary). Lalu dilakukan normalisasi dengan range nilai 0-1. Setelah itu diklusterisasikan menggunakan algoritma Fuzzy C-Means (FCM) dan terakhir menghitung nilai CLV per kluster. Kluster dengan nilai CLV tertinggi yaitu kluster ke 1 dengan nilai 0,355. Diikuti dengan kluster ke 3 dengan nilai 0,314. Dan kluster dengan nilai CLV terendah yaitu kluster 2 dengan nilai 0,041 atau sama dengan di bawah nilai rata-rata CLV yaitu 0,236. Kluster dengan nilai CLV tertinggi dinilai menjadi kelompok pelanggan dengan loyalitas dan profitabilitas yang tinggi yang harus dipertahankan.
References
S. Monalisa, J. S. Informasi, U. Islam, N. Sultan, S. Kasim, and D. Index, “Klasterisasi Customer Model Lrfm Menggunakan Algoritma K-means Clustering Lifetime Value Based On Lrfm Model Using K-means Algoritim,” vol. 5, no. 2, pp. 247–252, 2018.
D. P. Dewi, P. Ir, A. Djunaidy, M. Sc, D. Ph, and R. Pradina, “Evaluasi dan Rekomendasi Peningkatan Nilai Perilaku Pembelian Pelanggan : Studi Kasus,” vol. 2, no. 1, 2013.
N. R. Syarif et al., “Implementasi Algoritma Fuzzy C-Means Dan Metode Recency Frequency Monetary (RFM) Pada Aplikasi Data,” pp. 88–94.
R. Hidayat and B. Prakoso, “Pengaruh Customer Relationship Management ( CRM ) Berbasis Internet Terhadap Kepuasan Pelanggan Oyisam Clothing Malang,” pp. 34–42.
E. Yulianto, “Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan ( Survei pada Pelanggan GraPARI Telkomsel di Kota Malang ),” vol. 46, no. 1, 2017.
W. Sanusi, A. Zaky, N. Afni, J. Matematika, F. Universitas, and N. Makassar, “Analisis Fuzzy C-Means dan Penerapannya Dalam Pengelompokan Kabupaten / Kota di Provinsi Sulawesi Selatan Berdasarkan Faktor- faktor Penyebab Gizi Buruk.”
F. E. Unisma, “Prodi manajemen,” vol. 00, no. 4, pp. 54–65.
I. P. E.- Issn, U. P. Batam, and J. R. S. Mukakuning, “Computer Based Information System Journal Rancang Bangun Customer Relationship Management Tukino,” vol. 01, pp. 12–22, 2018.
E. Rosinta and D. Hasibuan, “Implementasi Customer Relationship Management ( CRM ) Pada Aplikasi Penjualan Berbasis Web PT . Buana Telekomindo,” vol. VII, no. 1, pp. 8–14, 2018.
A. K. D. A. N. Analisis, A. K. D. A. N. Analisis, Segmentasi Pelanggan Menggunakan Strategi Pemasaran Pada Klinik Customer Segmentation Using Som K-Means Algoritm, And Lrfm Analysis To Determine Marketing Strategy Clinic Sidoarjo. 2015.
Downloads
Published
Issue
Section
License
INFORMATION FOR RMSI JOURNAL AUTHORS
Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi The journal is published twice a year, in February and August, under the Department of Information Systems at UIN SUSKA RIAU
The Purpose of Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi iis to provide a platform for publishing research results from various parties and to accommodate various fields of science.
Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi accepts articles that have not been previously published.
The Language used in Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi is English and Indonesian
The Guidelines for Authors The manuscript must follow the format/template provided by the editor. All instructions regarding font and size for the title, author's name, affiliation, email, abstract, keywords, content, and references are outlined in the template. The template can be downloaded on the The website .
"The Submission of Manuscripts in softcopy can be sent through a website in the form of a file with the .docx extension (xxxxxx.docx) and NOT in the form of a Portable Document File (PDF). The editor has the right to edit the manuscript for the purpose of improvement and layout setting, without changing the essence of the writing. For significant improvements, the editor will request correction from the author.
The Review will be conducted for all incoming manuscripts. The results of the review will be communicated to each author within 1 (one) month from the submission of the manuscript to the editor.
"The Copyright and Originality of each paper/article to be published will be requested from all authors by including a "Statement Letter Form".