PENERAPAN ALGORITMA FUZZY C-MEANS MENGGUNAKAN MODEL RFM DALAM KLASTERISASI PELANGGAN PADA TOKO KUE FEANDRA CAKE
DOI:
https://doi.org/10.24014/rmsi.v6i1.8646Abstract
Konsumen merupakan aset yang sangat penting bagi perusahaan yang harus dijaga dengan baik terutama pelanggan potensial. Tujuan proses segmentasi pasar yaitu untuk mengetahui perilaku konsumen serta menerapkan strategi pemasaran yang tepat sehingga mendapatkan keuntungan / profit bagi perusahaan. Objek yang diambil dari penelitian ini yaitu Toko Kue Feandra Cake yang berlokasi Jalan Lobak No. 97, Pekanbaru. Penentuan pelanggan potensial yang dilakukan selama ini adalah secara manual, hanya berdasarkan perkiraan saja tanpa adanya data dan informasi yang pasti. Penelitian ini bertujuan menghasilkan nilai Customer Lifetime Value (CLV) pada setiap segmen pelanggan Feandra Cake dengan menggunakan Algoritma Fuzzy C-Means dalam melakukan klasterisasi pelanggan menggunakan model RFM (Recency, Frequency dan Monetary). Nilai CLV akan dihasilkan dengan mengalikan nilai normalisasi RFM dengan nilai bobot RFM dan selanjutnya dijumlahkan. Hasil dari penjumlahan tersebut didapatkan hasil rangking CLV. Rangking CLV tertinggi dihasilkan dari nilai CLV terbesar diantara 3 kluster tersebut. Rangking CLV tertinggi pada penelitian ini adalah pelanggan pada klaster 1 yang merupakan segmen pelanggan berupa loyalitas yang tinggi dengan nilai Recency yang rendah, Frequency yang tinggi dan Monetary yang tinggi. Ini berarti pelanggan yang berada pada segmen ini sering melakukan pembelian dengan jumlah uang yang dikeluarkan tinggi untuk perusahaan sehingga segmen ini dikatakan pelanggan dengan profitabilitas yang tinggi. Setelah didapatkan klasterisasi pelanggan, selanjutnya dilakukan asosiasi data produk yang dibeli oleh pelanggan menggunakan Algoritma FP-Growth. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan kombinasi item pembelian. Produk Suke Ori dan Suke Rasa tidak terdapat dalam hasil asosiasi produk karena merupakan produk andalan Feandra Cake yang sudah pasti pernah dibeli oleh pelanggan-pelanggannya.
References
D. Astria and Suprayogi, “Penerapan Algoritma Fuzzy C-Means Untuk Clustering Pelanggan Pada CV. Mataram Jaya Bawen,” pp. 169–178, 2017.
E. Muningsih, “Penerapan Metode Fuzzy C-Means dengan Model Fuzzy RFM (Studi Kasus : Clustering Pelanggan Potensial Online Shop),” pp. 157–161, 2015.
T. Kristanto and R. Arief, “Analisa Data Mining Metode Fuzzy Untuk Customer Relationship Management pada Perusahaan Tour & Travel,” vol. d, no. 2009, pp. 2–4, 2013.
S. Monalisa, “Segmentasi Perilaku Pembelian Pelanggan Berdasarkan Model RFM dengan Metode K-Means,” vol. 5341, no. April, pp. 9–15, 2018.
F. Hadi, D. O. Rahmadia, F. H. Nugraha, N. P. Bulan, Mustakim, and S. Monalisa, “Penerapan K-Means Clustering Berdasarkan RFM Mofek Sebagai Pemetaan dan Pendukung Strategi Pengelolaan Pelanggan ( Studi Kasus : PT . Herbal Penawar Alwahidah Indonesia Pekanbaru ),” vol. 15, no. 1, pp. 69–76, 2017.
A. R. Virgiawan, “Segmentasi Pelanggan Menggunakan Analisis RFM dan Algoritman Fuzzy C-Means Untuk Membantu Pengelolaan Hubungan Pelanggan pada PT. XYZ,” 2015.
S. Yohanni, Yusnidah, and A. Beni, “Penerapan Algoritma Fuzzy C-Means Dipadukan Dengan Model Fuzzy Recency Frequency Monetary (RFM) Untuk Customer Relationship Management (CRM) (Studi Kasus Di Toko Sweet Amirah Medan),” pp. 7–16, 2014.
N. R. Syarif and Windarto, “Aplikasi Data Mining Dengan Menggunakan Algoritma Fuzzy C-Means dan Metode Recency Frequency Monetary ( RFM ) Untuk Pengelompokan Pelanggan pada PT Eka Cipta Rasa,” vol. 1, no. 3, pp. 1093–1099, 2018.
D. B. Saputra and E. Riksakomara, “Implementasi Fuzzy C-Means dan Model RFM untuk Segmentasi Pelanggan (Studi Kasus : PT. XYZ),” vol. 7, no. 1, pp. 1–6, 2018.
D. Kurniawaty, A. Djunaidy, and R. P. Kusumawardani, “Rekomendasi Produk Berdasarkan Loyalitas Pelanggan Menggunakan Integrasi Metode AHP dan Teknik Penggalian Data : Studi Kasus CV . XYZ,” no. September, 2014.
Downloads
Published
Issue
Section
License
INFORMATION FOR RMSI JOURNAL AUTHORS
Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi The journal is published twice a year, in February and August, under the Department of Information Systems at UIN SUSKA RIAU
The Purpose of Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi iis to provide a platform for publishing research results from various parties and to accommodate various fields of science.
Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi accepts articles that have not been previously published.
The Language used in Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi is English and Indonesian
The Guidelines for Authors The manuscript must follow the format/template provided by the editor. All instructions regarding font and size for the title, author's name, affiliation, email, abstract, keywords, content, and references are outlined in the template. The template can be downloaded on the The website .
"The Submission of Manuscripts in softcopy can be sent through a website in the form of a file with the .docx extension (xxxxxx.docx) and NOT in the form of a Portable Document File (PDF). The editor has the right to edit the manuscript for the purpose of improvement and layout setting, without changing the essence of the writing. For significant improvements, the editor will request correction from the author.
The Review will be conducted for all incoming manuscripts. The results of the review will be communicated to each author within 1 (one) month from the submission of the manuscript to the editor.
"The Copyright and Originality of each paper/article to be published will be requested from all authors by including a "Statement Letter Form".