ANALISIS KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI OPAC TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE LIBQUAL (STUDI KASUS: PERPUSTAKAAN UIN SUSKA RIAU)
DOI:
https://doi.org/10.24014/rmsi.v6i2.9506Abstract
UIN SUSKA Riau merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi negeri yang bergerak di bidang jasa pelayanan pendidikan. Perpustakaan UIN SUSKA Riau telah menerapkan layanan Online Public Access Catalog (OPAC) pada tahun 2012. Dalam prakteknya masih terdapat keluhan dalam penerapan layanan OPAC. Oleh karena itu dilakukan pengukuran kualitas layanan OPAC menggunakan metode Libqual berdasarkan tiga dimensi yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas layanan OPAC dilihat dari dimensi Libqual terhadap kepuasan mahasiswa/I pada perpustakaan UIN SUSKA Riau dan untuk mengetahui atribut mana yang perlu mendapat prioritas utama dalam perbaikan untuk meningkatkan kualitas layanan OPAC. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa aktif yang menggunakan OPAC pada perpustakaan UIN SUSKA Riau dengan jumlah sampel 379 orang. Analisa data yang digunakan menggunakan analisa perhitungan Libqual dan CSI. Data diperoleh dengan melakukan wawancara dan penyebaran angkat dan dikembangkan mengikuti metode Libqual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan OPAC pada perpustakaan UIN SUSKA Riau dinilai sudah cukup baik dalam batas toleransi, namun masih kurang memuaskan bagi anggota perpustakaan. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil keseluruhan yang diperoleh dari analisa skor Adequacy Gap (AG) yang menunjukkan nilai negatif yaitu -1,24 dan analisa skor Superiority Gap (SG) yang menunjukkan nilai negatif yaitu -2,93. Berdasarkan prioritas perbaikan layanan terdapat pada kuadran A.,
.
Kata Kunci: Ekspektasi, Kualitas, Libqual, OPAC, UIN SUSKA Riau
References
Ridwan, Taufiq. “Kajian Pemanfaatan OPAC di Perpustakaan Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon”. [Tesis]. Universitas Indonesia. 2011.
Rahayuningsih, F. (2013). “Analisis kepuasan pemustaka terhadap kualitas jasa layanan menggunakan metode Libqual”. Vol 11, No 2, ISSN: 1412-1956, Jurnal Universitas Snata Dharma, Yogyakarta. 2013.
Nurvia, Era. “Pengukuran Kualitas Layanan Digital Library Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Libqual (Studi Kasus: Perpustakaan Badan Pusat Statistik Provinsi Riau)”. Tugas AKhir Fakultas Sains dan Teknologi UIN SUSKA Riau, Pekanbaru. 2016.
Istiqomah, Miftah. “Kualitas Layanan Sistem Informasi Perpustakaan Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Libqual+ (Studi Kasus: Perpustakaan Universitas Lancang Kuning)”. Tugas AKhir Fakultas Sains dan Teknologi UIN SUSKA Riau, Pekanbaru. 2016.
Yamit, Zulian. “Manajemen Kualitas Produk dan Jasa”. Ekonesia, Yogyakarta. 2002.
Tjiptono, Fandi., dan Gregorius Chandra. “Service, Quality, & Satisfaction”. Edisi 3. Andi, Yogyakarta. 2011.
Hasugian, Jonner. “Katalog Perpustakaan Dari Katalog Manual Sampai Katalog Online”. USU Digital Library. 2003.
Fatmawati, Endang. “Mata Baru Penelitian Perpustakaan dari Servqual ke LibQUAL+TM”. Sagung Seto, Jakarta. 2013.
Adin, Annisa Kusuma.“Pengaruh Kualitas Layanan Referensi Menggunakan LIBQUAL Terhadap Kepuasan Pengguna di Perpustakaan Universitas Kristen Petra Surabaya”. 2004
Ndendo Roland Tanggu, dkk. “Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan PSMA On-line pada Universitas Gunadarma”. Jurnal Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitek, & Sipil) Vol.2 Agustus 2007 ISSN : 1858-2559.
Ridwan, Taufiq. “Kajian Pemanfaatan OPAC di Perpustakaan Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon”. Tesis. Universitas Indonesia. 2011.
Downloads
Published
Issue
Section
License
INFORMATION FOR RMSI JOURNAL AUTHORS
Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi The journal is published twice a year, in February and August, under the Department of Information Systems at UIN SUSKA RIAU
The Purpose of Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi iis to provide a platform for publishing research results from various parties and to accommodate various fields of science.
Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi accepts articles that have not been previously published.
The Language used in Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi is English and Indonesian
The Guidelines for Authors The manuscript must follow the format/template provided by the editor. All instructions regarding font and size for the title, author's name, affiliation, email, abstract, keywords, content, and references are outlined in the template. The template can be downloaded on the The website .
"The Submission of Manuscripts in softcopy can be sent through a website in the form of a file with the .docx extension (xxxxxx.docx) and NOT in the form of a Portable Document File (PDF). The editor has the right to edit the manuscript for the purpose of improvement and layout setting, without changing the essence of the writing. For significant improvements, the editor will request correction from the author.
The Review will be conducted for all incoming manuscripts. The results of the review will be communicated to each author within 1 (one) month from the submission of the manuscript to the editor.
"The Copyright and Originality of each paper/article to be published will be requested from all authors by including a "Statement Letter Form".