ANALISIS PENERIMAAN PENGGUNA APLIKASI REVENUE ASSURANCE PEMBENAHAN DATA PELANGGAN (PDP) MENGGUNAKAN METODE TAM
DOI:
https://doi.org/10.24014/rmsi.v6i2.9553Abstract
Aplikasi Revenue Assurance Pembenahan Data Pelanggan (PDP) merupakan aplikasi yang memudahkan pengguna untuk memperbaiki data pelanggan dan menyimpan berkas data pelanggan secara digital sehingga mempermudah pengguna dalam memcari data pelanggan yang diinginkan. Dalam penggunaan aplikasi revenue assurance PDP ini masih ada pengguna yang belum mengetahui kemudahan dan manfaat yang ada pada aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerimaan pengguna aplikasi revenue assurance PDP dengan menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini menggunakan tiga variabel yang dimodifikasi, yaitu Perceived Ease of Use (PEOU) dan Perceived Usefulness (PU) sebagai variabel independen sedangkan Acceptance of IT sebagai variabel dependen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh dengan jumlah responden sebanyak 50 orang pengguna. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerimaan pengguna terhadap penerapan aplikasi revenue assurance PDP sebesar 71,12%. Dipengaruhi oleh faktor persepsi kemudahan (perceived ease of use) sebesar 66,08% dan persepsi kebermanfaatan (perceived usefulness) sebesar 74,41%. Hal ini dapat membuktikan bahwa apabila nilai dari faktor kemudahan dan manfaat meningkat, maka penerimaan pengguna terhadap sistem informasi akan meningkat..
Kata Kunci: PEOU, PU, Revenue Assurance PDP, TAM.
References
Fitriani, Anis. “Pengaruh Kinerja Lingkungan Dan Biaya Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan Pada Bumn”. 2013.
Saputra, Alfian. “Analisis Kualitas Layanan Program Listrik Pintar (Prabayar) Di Pt.Pln (Persero) Pekanbaru“. 2014.
Jogiyanto. “Sistem Informasi Keprilakuan”. Revisi. Yogyakarta: ANDI, 2007.
Putra, Rangga Arief. “Analisa penerimaan pengguna sistem Reservasi Online (RSO) menggunakan pendekatan Tam. 2018.
Najwa, Nina Fadilah. “Analisis Penerimaan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) Menggunakan Metode TAM.” 2016.
Surachman, Arif. “Analisis Penerimaan SIstem Informasi Perpustakaan (SIPUS) Terpadu Versi 3 di Lingkungan Universitas Gadjah Mada (UGM).” (Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), 2008.
Downloads
Published
Issue
Section
License
INFORMATION FOR RMSI JOURNAL AUTHORS
Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi The journal is published twice a year, in February and August, under the Department of Information Systems at UIN SUSKA RIAU
The Purpose of Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi iis to provide a platform for publishing research results from various parties and to accommodate various fields of science.
Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi accepts articles that have not been previously published.
The Language used in Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi is English and Indonesian
The Guidelines for Authors The manuscript must follow the format/template provided by the editor. All instructions regarding font and size for the title, author's name, affiliation, email, abstract, keywords, content, and references are outlined in the template. The template can be downloaded on the The website .
"The Submission of Manuscripts in softcopy can be sent through a website in the form of a file with the .docx extension (xxxxxx.docx) and NOT in the form of a Portable Document File (PDF). The editor has the right to edit the manuscript for the purpose of improvement and layout setting, without changing the essence of the writing. For significant improvements, the editor will request correction from the author.
The Review will be conducted for all incoming manuscripts. The results of the review will be communicated to each author within 1 (one) month from the submission of the manuscript to the editor.
"The Copyright and Originality of each paper/article to be published will be requested from all authors by including a "Statement Letter Form".