ANALISIS KUALITAS LAYANAN E-COMMERCE HNI.ID TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN E-SERVQUAL
DOI:
https://doi.org/10.24014/rmsi.v6i2.9942Abstract
HNI.id merupakan sebuah e-commerce perusahaan yang bergerak dibidang herbal yang mengeluarkan produkproduk
herbal halal dan berkualitas, alamiah dan ilmiah. Fasilitas pendukung yang digunakan dalam memberikan
pelayanan kepada pelanggannya yaitu e-commerce herbal, tetapi dalam penerapan e-commerce herbal ini masih
ditemukan masalah pada layanan system terhadap pelanggannya. Berbelanja di e-commerce HNI.id hanya dapat
dilakukan oleh member yang telah memiliki no id member dari perusahaan. Hal ini menyebabkan pelayanan ecommerce
ini terbatas hanya di kalangan tertentu saja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kualitas
layanan e-commerce herbal terhadap kepuasan pengguna berdasarkan variabel yang paling berpengaruh dalam
pelayanan e-commerce herbal. metode yang digunakan yaitu e-servqual yang menghitung kesenjangan antara
harapan dan persepsi pengguna. Dari hasil penelitian maka didapatkan nilai gap perdimensi yang bernilai positif
yaitu pada dimensi efesiensi gap bernilai (0.02) gap realibility yaitu (0.19), gap dimensi fulfillment yaitu (0,05), gap
dimensi responsive yaitu (0.04) dan gap dimensi kontak yaitu (0.12). sedangkan gap dimensi privasi yaitu (-0.03)
dan gap dimensi kompensasi yaitu (-0.03) bernilai negative. Nilai Total Elecronic Service Quality (TESQ) yang
diperoleh adalah (0.067) dengan hasil nilai TESQ bernilai positif yang artinya layanan yang diberikan oleh Ecommerce
HNI.id saat ini dapat dikatakan sangat memuaskan. Dan hasil dari pengolahan data responden
dihasilkan nilai CSI sebesar 0.79 (79%) maka nilai CSI berada pada kriteria 0.00-0.80 yang artinya pengguna
merasa puas dengan layanan E-commerce HNI.id.
Downloads
Published
Issue
Section
License
INFORMATION FOR RMSI JOURNAL AUTHORS
Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi The journal is published twice a year, in February and August, under the Department of Information Systems at UIN SUSKA RIAU
The Purpose of Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi iis to provide a platform for publishing research results from various parties and to accommodate various fields of science.
Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi accepts articles that have not been previously published.
The Language used in Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi is English and Indonesian
The Guidelines for Authors The manuscript must follow the format/template provided by the editor. All instructions regarding font and size for the title, author's name, affiliation, email, abstract, keywords, content, and references are outlined in the template. The template can be downloaded on the The website .
"The Submission of Manuscripts in softcopy can be sent through a website in the form of a file with the .docx extension (xxxxxx.docx) and NOT in the form of a Portable Document File (PDF). The editor has the right to edit the manuscript for the purpose of improvement and layout setting, without changing the essence of the writing. For significant improvements, the editor will request correction from the author.
The Review will be conducted for all incoming manuscripts. The results of the review will be communicated to each author within 1 (one) month from the submission of the manuscript to the editor.
"The Copyright and Originality of each paper/article to be published will be requested from all authors by including a "Statement Letter Form".