Bahan Ajar Matematika Terintegrasi Islam untuk Meningkatkan Religiusitas dan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.24014/sjme.v7i1.10827Keywords:
Bahan Ajar, Integrasi Matematika dan Islam, ReligiusitasAbstract
Religiusitas merupakan aspek penting yang harus diperhatikan dalam proses belajar mengajar. Aspek ini telah dimuat dalam kurikulum 2013 begitupun dengan peningkatan hasil belajar. Proses belajar mengajar harus direncanakan dengan membuat bahan ajar yang dapat meningkatkan religiusitas dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa RPP dan modul matematika terintegrasi islam untuk meningkatkan religiusitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungguminasa yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangan valid, praktis dan efektif. Guru dan siswa memberikan respon positif ketika menggunakan bahan ajar. Tes hasil belajar dan religiusitas siswa berada pada kategori tinggi. Ketuntasan belajar siswa lebih dari 60% atau berada pada kategori baik. Bahan ajar terintegrasi islam ini dapat digunakan untuk meningkatkan sikap religious dan hasil belajar siswa.References
A Pribadi, B. (2014). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi. Prenada Media Group.
Ancok, D., Ardani, M. S., & Suroso, F. N. (2000). Psikologi Islam: Solusi Islam Atas Problem-Problem Psikologi (Cet. 3). Pustaka Pelajar.
Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095
Dolong, H. M. J. (2016). Sudut Pandang Perencanaan dalam Pengembangan Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24252/ip.v5i1.3213
El-Qurtuby, U. (2017). Al-Quran Cordoba Terjemahan dan Tajwid Berwarna.
Fitriah, N., Muchyidin, A., & Sahrodi, J. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Matematika Berintegrasi Keislaman dalam Meningkatkan Karakter Demokrasi Siswa. Jurnal EduMa, 4(2). https://doi.org/https://badge.dimensions.ai/details/doi/10.24235/eduma.v4i2.34?domain=http://syekhnurjati.ac.id
Huda, M., & Mutia, M. (2017). Mengenal Matematika dalam Perspektif Islam. Jurnal STAIN Kudus, 2. https://doi.org/https://www.researchgate.net/deref/http%3A%2F%2Fdx.doi.org%2F10.29240%2Fjf.v2i2.310
Ihsan, M. (2019). Pengembangan bahan ajar matematika realistik berbasis Alquran pokok bahasan pecahan. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 39–46. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i1.6824
Kurniati, A. (2015). Mengenal Matematika Terintegrasi Islam Kepada Anak Sejak Dini. Jurnal of Mathematics Education UIN Suska Riau, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1326
Lasmiyati, & Harta, I. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Pythagoras, 9(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9077
Maarif, S. (2015). Integrasi Matematika dan Islam dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal STIKIP Siliwangi, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.p223-236
Nu’man, M. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Integrasi Interkoneksi untuk Memfasilitasi Penalaran dan Pemecahan Masalah. Jurnal Derivat, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31316/j.derivat.v4i2.157
Nufus, H., Nurdin, E., & Ariawan, R. (2021). Integrasi Nilai Keislaman dan Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Buku Ajar Program Linier ( Sebuah Studi Pengembangan ). Jurnal Gantang, 6(1), 47–60. https://doi.org/https://doi.org/10.31629/jg.v6i1.2556
Nurdin, E., Saputri, I. Y., & Kurniati, A. (2020). Development of Comic Mathematics Learning Media Based on Contextual Approaches. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 8(2), 85–97. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jipm.v8i2.5145
Putra, N. (2015). Research & Development Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Rajawali Pers.
Riduwan. (2008). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.
Septora, R. (2017). Pengembangan Modul dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik pada Kelas X Sekolah Menengah Atas. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/jlplppm.v2i1.494
Suhandri, & Sari, A. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Kontekstual Terintegrasi Nilai Keislaman untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 131–140. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v5i2.8255
Suraningsih, E., & Izzati, N. (2020). Pengembangan Lirik Lagu Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Bentuk Aljabar. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v6i1.9191
Vembriarto, S. (1985). Pengantar Pengajaran Modul. Yogyakarta: Yayasan Pendidikan Paramita.
Downloads
Published
Issue
Section
License

Suska Journal of Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.