ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI ANALITIK BIDANG MATERI GARIS DAN LINGKARAN

Authors

  • Aritsya Imswatama Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Nur'aini Muhassanah Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.24014/sjme.v2i1.1368

Keywords:

analisis kesalahan, geometri analitik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal geometri analitik bidang pada materi garis dan lingkaran. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika semester II Universitas Muhammadiyah Sukabumi tahun akademik 2014/2015. Jenis dan pendekatan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan metode dokumentasi, tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara membandingkan data hasil tes geometri analitik dan data hasil wawancara. Dari hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa kesalahan mahasiswa dalam meyelesaikan soal geometri analitik materi garis dan lingkaran adalah kesalahan konsep, kesalahan hitung, kesalahan strategi dan kesalahan sistematik.

References

Amin Suyitno. 2004. Pembelajaran Matematika. Semarang: Unnes.Cooney, T.J; E.J. Davis & K.B. Henderson. 1975. Dynamics of Teaching Secondary School Mathematics. Boston : Houghton Mifflin.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Lexy J Moleong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Muhibbin Syah. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Mulyadi. 2010. Diagnosis Kesulitan Belajar. Yogyakarta : Nuha Litera.

Mulyono, Abdurrahman. (1999). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: PT. Rieneka Cipta

Omar Hamalik (1992). Psikologi Belajar Mengajar, Bandung Penerbit Sinar baru PT. Bina Aksara.

Ruseffendi, E.T. 1990. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Downloads

Published

2016-06-19

Issue

Section

Research Articles