PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN DAREL HIKMAH PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1437Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara kemampuan koneksi matematika siswa yang belajar menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education dengan siswa yang belajar tidak dengan pendekatan Realistic Mathematics Education. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen desain non equvalent control group design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas Kelas VIIIB2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Berdasarkan data yang diperoleh dan dianalisis datanya normal dan homogen sehingga uji yang digunakan adalahu uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan koneksi matematika siswa yang belajar menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education dengan siswa yang belajar tanpa menerapkan pendekatan Realistic Mathematics EducationReferences
Hadi, S. (2005). Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya.
Banjarmasin : Tulip Banjarmasin.
Risnawati. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Suska
Press.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Tandililing, E..Jurnal FMIPA Universitas Tanjungpura: Implementasi
Realistic Mathematics Education (RME) di sekolah. Pontianak.
Tarigan, D. (2006). Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: Departemen
Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
2015-11-30
Issue
Section
Research Articles
License

Suska Journal of Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.