Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Digital Etnomatematika Pada Pokok Bahasan Segiempat dan Segitiga
DOI:
https://doi.org/10.24014/sjme.v9i1.15015Keywords:
, e-modul, etnomatematika, segiempat dan segitigaAbstract
Tujuan dari penelitian ini yakni menganalisis kebutuhan akan bahan ajar berbasis digital yang terintegrasi dengan konsep budaya dan matematika (etnomatematika) pada pokok bahasan segiempat dan segitiga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yakni guru matematika dan 10 peserta didik MTS Negeri 1 Lampung Timur. Instrumen pengumpulan data yakni dengan observasi dan wawancara. Teknik analisis data yakni dengan analisis skema interaktif milik Miles-Huberman yang terdiri dari tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa materi yang digunakan dalam pembelajaran menggunakan kurikulum 2013, bahan ajar yang digunakan yakni buku paket serta modul dari internet. Bahan ajar yang digunakan selama pembelajaran daring belum terfasilitasi dengan permasalahan kontekstual apalagi yang berbasis budaya, materi pembelajaran langsung pada permasalahan abstrak yang masih sulit dipahami peserta didik. Sehingga, peserta didik belum optimal menyebutkan manfaat mempelajari materi segiempat dan segitiga serta mengkoneksikan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan maka perlu dikembangkan bahan ajar digital yang mengintegrasikan antara materi matematika pokok bahasan segiempat-segitiga dan masalah kontekstual berbasis budaya (etnomatematika).References
Aini, H. N., & Fathoni, A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Budaya Lokal Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6167–6174. doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3191
Amran, A., Suhendra, S., Wulandari, R., & Farrahatni, F. (2021). Hambatan Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Matematika pada Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5179–5187. doi: 10.31004/basicedu.v5i6.1538
Ardianingsih, A., Lusiyana, D., & Rahmatudin, J. (2019). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematic Education Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan HOTs Matematik Siswa. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 148–161. doi: 10.31943/mathline.v4i2.117
Avelia, L. T., Nugraheni, F. A., & Palma, D. I. (2020). Etnomatematika pada Kain Tapis Lampung Motif Pucuk Rebung. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 1(1), 373–382.
Ayuningtyas, A. D., & Setiana, D. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 11–19. doi: 10.24127/ajpm.v8i1.1630
Daryanto, & Darmiatun, S. (2013). Menyusun modul: Bahan ajar untuk persiapan guru dalam mengajar / Daryanto ; editor, Suryatri Darmiatun | OPAC Perpustakaan Nasional RI. Yogyakarta: Gava Media. Retrieved from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=989414
Habibi, H., & Suparman, S. (2020). Literasi Matematika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 57–64. doi: 10.30998/jkpm.v6i1.8177
Habibi, & Suparman. (2021). Literasi Matematika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21. JKPM: Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 2682(2020), 57–64.
Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat pada Candi Muaro Jambi. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 99–109. doi: 10.26877/aks.v8i2.1707
Irrawan, B. H., Wahyudi, W., & Ngatman, N. (2022). Analisis Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Proses Pembelajaran Matematika di Kelas V SD Negeri. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1). doi: 10.20961/jkc.v10i1.55272
Kurniasari, I., Rakhmawati, R., & Fakhri, J. (2018). Pengembangan E-Module Bercirikan Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(3), 227–235. doi: https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3597
Lestari, J. I., & Hasratuddin. (2023). Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Pada Permainan Jual Beli Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas III SDN 112319 Bulu Sari. Jurnal Adijaya Multidisplin, 1(01), 133–138.
Masruroh, M., Zaenuri, Z., Walid, W., & Waluya, S. B. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Pembelajaran Berbasis Etnomatematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1751–1760. doi: 10.31004/cendekia.v6i2.1056
Matondang, K., Hasratuddin, H., & Armanto, D. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran RME Berbantuan ICT untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 22I8-241. doi: 10.33487/edumaspul.v4i1.241
Merliza, P. (2016). Peranan Kemampuan Abstraksi Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Melalui Soal Rich Context Persamaan Linear Dua Variabel. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 104–110.
Merliza, P. (2021). Studi Etnomatematika: Eksplorasi Konsep Matematika pada Permainan Tradisional Provinsi Lampung. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 21–30. doi: 10.24014/sjme.v7i1.12537
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (third). Arizona: Sage Publication,Inc.
Najuah, Lukitoyo, P. S., & Wirianti, W. (2020). Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Nuh, Z. M., Hasanah, N., & Hanafi, I. (2021). Kontruksi Matematika Berbasis Budaya Melayu Sebuah Pendekatan Etnomatematika. Nusantara; Journal for Southeast Asian Islamic Studies, 17(2), 76–82. doi: 10.24014/nusantara.v17i2.16521
OECD. (2018). Publication Programme For International Student Assessment (PISA) 2018 Result. Retrieved from https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2018-results.htm
Qomalasari, E. N., Karlimah, K., & Respati, R. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Materi Bilangan Pecahan di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1890–1900. doi: 10.31004/edukatif.v3i4.1027
Rahmawati, L., Zaenuri, & Hidayah, I. (2023). Pembelajaran Bernuansa Etnomatematika Sebagai Upaya Menumbuhkan Karakter Cinta Budaya dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Journal Of Authentic Research On Mathematics Education (Jarme), 5(1), 25–32. doi: https://doi.org/ 10.37058/jarme.v5i1.5984
Ralmugiz, U., & Merliza, P. (2020). Desain Pembelajaran matematika untuk SMK dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia. Retrieved from https://bukuajar.com/desain-pembelajaran-matematika-untuk-smk-dengan-pendekatan-realistic-mathematics-education.html
Richardo, R. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Konteks Islam Nusantara: Sebuah Kajian Etnomatematika di Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(1), 73–82. doi: 10.21043/jpm.v3i1.6998
Richardo, R., Martyanti, A., & Suhartini, S. (2018). Analisis Validitas dan Praktiklitas Lembar Kerja Siswa Berbasis Etnomatematika dalam Konteks Yogyakarta. Journal of Mathematics Education and Science, 1(2), 77–83. doi: 10.32665/james.v1iOctober.41
Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. I. (2018). Etnomatematika: Eksplorasi dalam Permainan Tradisional Jawa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 1–11. doi: 10.31331/medives.v2i1.562
Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268–283. doi: 10.33603/jnpm.v2i2.1458
Downloads
Published
Issue
Section
License

Suska Journal of Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.