Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA Ditinjau dari Gender Pada Materi Trigonometri

Authors

DOI:

https://doi.org/10.24014/sjme.v8i2.17933

Keywords:

gender, kemampuan berpikir kritis, trigonometri

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik masih tergolong rendah dimana disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya yaitu perbedaan gender dimana hal ini diyakini oleh beberapa ahli sebagai pengaruh atas tinggi dan rendahnya kemamapuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan berpikir kritis peserta didik laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan masalah pada materi trigonometri. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 SMAN 8 Palembang. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dimana teknik pengumpulan data yaitu tes. Adapun indikator berpikir kritis yang digunakan yaitu menginterpretasikan, analisis, evaluasi dan inferensi. Dari hasil analisis data, diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik laki-laki lebih rendah daripada peserta didik perempuan terutama pada indikator menganalisis dan menginferensi. Hal ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan mengenai kemampuan berpikir kritis antara peserta didik laki-laki dan perempuan.

References

Amalia, N. F., Aini, L. N., & Makmun, S. (2020). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 97–107. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.587

Arifin, Z. (2017). Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 2. 1(2), 9.

Cahyono, B. (2017). Analisis Keterampilan Berfikir Kritis dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 50–64. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1510

Cahyono, B., Tsani, D., & Rahma, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Materi Trigonometri. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 8(2), 185–199. https://doi.org/10.21580/phen.2018.8.2.2929

Fauzi, A. M., & Abidin, Z. (2019). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Tipe Kepribadian Thinking-Feeling Dalam Menyelesaikan Soal PISA. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i1.6769

Griffin, P., & Care, E. (2015). Assesment and Teaching of 21st Century Skills. New York London: Springer.

Hidajat, F. A., Parta, I. N., & Muksar, M. (2016). Identifikasi Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas X IPA-6 SMAK Santo Albertus Malang. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 100–110. https://doi.org/10.25273/jipm.v4i2.844

Kaliky, S., & Juhaevah, F. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA dalam Menyelesaikan Masalah Identitas Trigonometri Ditinjau dari Gender. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(2), 111. https://doi.org/10.33477/mp.v6i2.663

Mahmuzah, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Peluang, 4(1). Diambil dari https://jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/view/5860

Mustika, A. C., Candiasa, I. M., & Lasmawan, W. (2013). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Stad Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD Saraswati Tabanan (Journal:eArticle, Ganesha University of Education; Vol. 3, hlm. 120647). Ganesha University of Education. Diambil dari https://www.neliti.com/publications/120647/

Norcross, J. C., Campbell, L. F., PsyD, J. M. G., Santrock, J

. W., M.S, F. S., & Ph.D, R. S. (2013). Self-Help That Works: Resources to Improve Emotional Health and Strengthen Relationships. OUP USA.

Pebianto, A., Suhartina, R., Yohana, R., Mustaqimah, I. A., & Hidayat, W. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Ditinjau dari Gender. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 631–636. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p631-636

Purwanti, K. L. (2013). Perbedaan Gender Terhadap Kemampuan Berhitung Matematika Menggunakan Otak Kanan Pada Siswa Kelas I. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 9(1), 107–122. https://doi.org/10.21580/sa.v9i1.668

Subroto, T., & Sholihah, W. (2018). Analisis Hambatan Belajar Pada Materi Trigonometri Dalam Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(2), 109–120. https://doi.org/10.30738/indomath.v1i2.2624

Downloads

Published

2022-11-25

Issue

Section

Research Articles