Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Matematika Interaktif dengan Pendekatan Kontekstual untuk Siswa Kelas VIII SMP
DOI:
https://doi.org/10.24014/sjme.v9i2.18071Keywords:
E-Modul, Matematika, Pendekatan kontekstualAbstract
Penelitian pengembangan bahan ajar e-modul matematika interaktif dengan pendekatan kontekstual dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang digunakan belum memaksimalkan penggunaan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar e-modul matematika interaktif dengan pendekatan kontekstual guna memenuhi kebutuhan produktivitas belajar yang efektif di era yang serba digital saat ini. Adapun kualitas produk pengembangan harus memenuhi kriteria yang ditinjau dari aspek kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model ADDIE yang meliputi:analysis, design, development, implementatio dan evaluation. Instrumen yang digunakan yaitu: angket penilaian oleh ahli, angket kepraktisan respon siswa, dan tes hasil belajar siswa. Hasil penilaian oleh ahli materi dan media termasuk dalam kategori “sangat baik”. Siswa menunjukkan respon positif dan termasuk dalam kriteria “praktis”. Hasil tes siswa telah memenuhi kriteria efektif. Hal ini diperoleh dari ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 73% termasuk dalam kategori “baik”. Berdasarkan acuan nilai KKM yang digunakan sekolah SMPN 4 Rawa Pitu. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa e-modul matematika interaktif dengan pendekatan kontekstual yang telah dikembangkan layak, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematikaReferences
Afrianti, R. E. N., & Qohar, A. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Kontekstual pada Materi Program Linear Kelas XI. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 7(1), 22–29. doi: 10.25273/jems.v7i1.5288
Agustini, D., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi SPLDV. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 18–27. doi: 10.33394/mpm.v8i1.2568
Arbiyanto, A., Maharta, N., & Ertikanto, C. (2015). Pengembangan Modul Interaktif Materi Pembiasan Cahaya dengan Strategi Inkuiri. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(5).
Arikunto, S. (2004). Evaluasi Program Pendidikan (2nd ed). Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Arikunto, S. (2006). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Asih, W. S. W. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis CASE (Capture, Solve and Evaluation) pada Materi Luas Permukaan dan Volume Kubus dan Balok untuk Sekolah Menengah Pertama Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 4(1), 24–31. doi: 10.33474/jpm.v4i1.2613
Aulia, R., Patmantara, S., & Handayani, A. N. (2016). Perancangan Buku Digital Interaktif Berbasis Flipping Book TIK Kelas XI SMA. Prosiding SENTIA, 8, 346–351. Malang: Politeknik Negeri Malang. Retrieved from https://www.semanticscholar.org/paper/perancangan-buku-digital-interaktif-BERBASIS-BOOK-Aulia-Patmantara/54fc77e622993f4cbccb63bfe993bfe5a029eae6
Carreon, J. R. (2018). Facebook as integrated blended learning tool in technology and 2 livelihood education exploratory. International Journal of Educational Technology, 5(2), 19–25.
Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11–16. doi: 10.30870/volt.v2i1.1478
Irwandani, I., Latifah, S., Asyhari, A., Muzannur, M., & Widayanti, W. (2017). Modul Digital Interaktif Berbasis Articulate Studio’13: Pengembangan pada Materi Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 221–231. doi: 10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1862
Irwandani, & Juariah, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Fisika Berbantuan Sosial Media Instagram Sebagai Alternatif Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1). Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-biruni/article/view/22
Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara. Retrieved from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1105839
Khoerunnisa, S. N., Ratnaningsih, N., & Lestari, P. (2021). Pengembangan Digibook Trigonometri Berbasis Flip PDF untuk Mengeksplor Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3082–3096. doi: 10.31004/cendekia.v5i3.995
Mardati, A. (2017). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Bangun Datar untuk Mahasiswa PGSD UAD. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 1–7. doi: 10.26555/jpsd.v4i1.a7246
Martin, M. O., Mullis, I. V. S., Foy, P., & Hooper, M. (2015). TIMSS 2015 International Results in Science. Boston: International Study Center. Retrieved from https://timss2015.org/wp-content/uploads/filebase/full%20pdfs/T15-International-Results-in-Science.pdf
Maskur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186. doi: 10.24042/ajpm.v8i2.2014
PISA, T. (2019). Programme For International Student Assessment (PISA) Result From PISA 2018. OECD.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan AJar Inovatif (VIII). Yogyakarta: Diva Press.
Priyanthi, K. A., Agustini, K., & Santyadiputra, G. S. (2017). Pengembangan E-Modul Berbantuan Simulasi Berorientasi Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data (Studi Kasus: Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja). KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 6(1), 40–49. doi: 10.23887/karmapati.v6i1.9267
Suastika, I. ketut, & Rahmawati, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(2), 58–61. doi: 10.26737/jpmi.v4i2.1230
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Udayana, N. N. A., Wirawan, I. M. A., & Divayana, D. G. H. (2017). Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Kelas XII Rekayasa Perangkat Lunak Di SMK Negeri 2
Tabanan. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 6(2), 128–139. doi: 10.23887/janapati.v6i2.9373
Winatha, K. R. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2). doi: 10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14021
Wulantina, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika yang Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman pada Materi Garis dan Sudut. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1, 367–373. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/view/2399#
Yustiana, S., & Kusumadewi, R. F. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis CTL Sebagai Bagian Dari Pengembangan SSP. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(02), 1–6. doi: 10.46772/kontekstual.v1i02.155
Zakiyah, H., Purnomo, D., & Sugiyanti, S. (2019). Pengembangan E-modul dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Bilangan Bulat SMP Kelas VII. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(6), 287–293. doi: 10.26877/imajiner.v1i6.4855
Downloads
Published
Issue
Section
License

Suska Journal of Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.