Persepsi Siswa Terhadap Metode Mengajar Guru Matematika Pada Era New Normal
DOI:
https://doi.org/10.24014/sjme.v8i2.19510Keywords:
Persepsi siswa, Metode mengajar guru, Era New NormalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa MTs S Muhammadiyah Alamanda, Kabupaten Pasaman Barat mengenai metode mengajar guru pada era new normal. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian adalah 55 orang siswa kelas VII MTs S Muhammadiyah Alamanda Kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatera Barat. Data yang dikumpulkan menggunakan angket dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran di MTs S Muhammadiyah Alamanda di era new normal dilakukan secara tatap muka terbatas di dalam kelas (dibagi berdasarkan sift dan waktu belajar dikurangi) dan daring. Menurut siswa, guru sudah mampu mengelola kelas dengan baik, baik secara daring maupun di dalam kelas. Siswa cukup dilibatkan dalam pembelajaran, dan guru memberikan umpan balik berupa pujian. Siswa berpendapat bahwa pembelajaran yang dilaksanakan dapat mendukung tercapainya tujuan belajar dan lebih dari 50% mampu memahami materi yang disampaikan guru. Waktu belajar di dalam kelas yang terbatas cukup menyulitkan siswa, namun guru mampu mensiasatinya dengan menggunakan lembar kerja siswa dan tugas yang dikumpulkan secara daring. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajara di era new normal ini dapat dilakukan dengan baik, dengan catatan guru harus mampu merancang dan mendesain pembelajan inovatif dan variatif secara sistematis, serta disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan tetap menyenangkan walaupun dilakukan secara daring.References
Adawiyah, F. (2021). Variasi Metode Mengajar Guru dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa di Sekolah Menengah Pertama |. Jurnal Paris Langkis, 2(1), 68–82. https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3316
Afifatusholihah, A. D. (2022). Pengaruh Metode Mengajar Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar IPS. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1), 12–20. https://doi.org/10.18860/dsjpips.v1i1.1010
Akmal, S., & Susanti, E. (2019). Analisis Dampak Penggunaan Reward dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah Aceh Singkil. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 19(2), 159–177. http://dx.doi.org/10.22373/jid.v19i2.5031
Amalia, R., & Sofiyan, S. (2018). Virtual Manipulatives pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Dimensi Matematika, 1(02), Article 02.
Artayasa, I. P., Yamin, M., Nathania, E. A., Alfiana, F., & Anwari, K. (2022). Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Tatap Muka dengan Sistem Bergilir Dibandingkan Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 424-430. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.527
Baskoro, E. P. (2013). Pengaruh Pembelajaran Matematika Berbasis Web terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Peluang (Studi Eksperimen di Kelas XI SMK Pariwisata Kota Cirebon). Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 2(1), https://doi.org/10.24235/eduma.v2i1.67
Deswita, A. P., & Dahen, L. D. (2013). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Gaya Mengajar Guru dan Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Akuntansi pada Program Keahlian Akuntansi Siswa Kelas X di SMKN 1 Sawahlunto. Economica: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat, 2(1), 1-10. https://doi.org/10.22202/economica.2013.v2.i1.211
Hamid, A. (2019). Berbagai Metode Mengajar Bagi Guru dalam Proses Pembelajaran. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 9(2), 1-16
Hartono, P., & Akhyar, A. M. (2021). Optimalisasi Pendidkan di Era Pandemi. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(1), 63-68. https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i1.10438
Hasbullah, H., & Sajiman, S. U. (2021). Persepsi Siswa Atas Pembelajaran Matematika di Era New Normal. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1), 238-244.
Imamuddin, M., Isnaniah, I., Rusdi, R., & Pedinal, P. (2019). Gender Based Perception on Understanding Mathematics Concept by Using PBL. Humanisma : Journal of Gender Studies, 3(1), 58–74. http://dx.doi.org/10.30983/humanisme.v3i1.1061
Imron, F., Isnaniah, I., & Imamuddin, M. (2022). Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Matematika yang Dilaksanakan secara Daring pada Masa Pandemi Covid -19 di SMK. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(2), 167-176. https://doi.org/10.24014/juring.v5i2.16635
Imron, F., Shalihah, I., M, Z., Susanti, W., Imamuddin, M., & Isnaniah. (2022). Mathematic Teachers And Online Learning In The Covid-19 Pandemic: A Survey Study. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 1(5), 602-608. https://doi.org/10.55227/ijhess.v1i5.130
Isnaniah, I., & Imamuddin, M. (2022). Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran Mahasiswa Calon Guru Matematika pada Matakuliah Microteaching. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(3), 147-156. https://doi.org/10.24014/juring.v5i3.16870
Isnaniah, & Imamuddin, M. (2020). Students’ Understanding of Mathematical Concepts Using Manipulative Learning Media in Elementary Schools. Journal of Physics: Conference Series, 1471(1), 012050. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1471/1/012050
Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019). Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 924–932.
Mauludinia, I., & Amin, S. (2022). Pengaruh Pembelajaran Tatap Muka Era New Normal dan Kualitas Guru terhadap Tingkat Pemahaman IPS. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(2), 161-172. https://doi.org/10.18860/dsjpips.v1i2.1604
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Studia Didaktika, 11(01), 9-16.
Nurjanah, E., Reynaldi, M. R., Apsoh, S., & Patimah, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Didactical Mathematics, 3(2), 345-354. https://doi.org/10.31949/dm.v3i2.1591
Purnomo, N. T. (2016). Minat Belajar Siswa, Gaya Belajar Siswa, dan Persepsi Siswa terhadap Metode Mengajar Guru dengan Hasil Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Olahraga. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 46-66. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/348
Samsudin, M. A., & Hasanah, H. (2022). Kiprah Guru PAI Dalam Mengembangkan Metode Pembelajaran di Era New Normal. Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.35316/edupedia.v7i1.2074
Sari, Y., Supriadi, Efriyanti, L., & Musril, H. A. (2022). Persepsi Mahasiswa Dan Dosen Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer Ftik Iain Bukittinggi Terhadap Pembelajaran Daring Semester Genap 2020/2021. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(01), 174-180.
Septiana, A. (2015). Hubungan Gaya Belajar dan Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(3), 361-374. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v3i3.3783
Setyadi, D., & Qohar, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Barisan Dan Deret. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 1-7.. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.5964
Sudirman, S. (2012). Psikologi Umum Dan Perkembangan. Alauddin University Press.
Sudjana, N. (2014). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru.
Suwarto, S., Wahyuni, S., & Yamsih, S. (2021). Persepsi Siswa Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Tawangsari terhadap Metode Pembelajaran Berbasis Online dimasa Pandemi. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 15(1), 20-25. https://doi.org/10.26877/mpp.v15i1.7530
Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Andi.
Wati, N. I., Fauzi, A. R., & Chomsin, M. (2022). Persepsi Guru, Siswa dan Orang Tua Terhadap Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas di Era New Normal Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (JIPMI), 1(1), 1-8.
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399-408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366
Downloads
Published
Issue
Section
License

Suska Journal of Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.