Gaya Belajar: Identifikasi dan Pengelompokan Mahasiswa

Authors

  • Annisah Kurniati Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Suci Yuniati Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Depriwana Rahmi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Risnawati Risnawati Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.24014/sjme.v9i1.21512

Keywords:

Gaya belajar, Mahasiswa, Pendidikan Matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mengidentifikasi gaya belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau. Gaya belajar mahasiswa penting diketahui oleh dosen yaitu untuk menentukan metode apa yang tepat dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika sebanyak 76 mahasiswa yang tediri dari tiga kelas. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, observasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Temuan dari penelitian ini yaitu mahasiswa memiliki kecenderungan gaya belajar campuran yaitu mahasiswa memiliki gaya belajar visual kinestetik

References

Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 166–182. https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.8019

Karlimah, K. (2018). Kaidah Belajar Matematika dalam Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(1), 41–47. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i1.2330

Lestari, S., & Djuhan, M. (2021). Analisis Gaya Belajar Visual, Audiotori dan Kinestetik dalam Pengembangan Prestasi Belajar Siswa. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(2), 79–90. https://doi.org/10.21154/jiipsi.v1i2.250

Manafe, Y. (2019). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Undana. Jurnal SPEKTRO, 2(1), 1–4. Diambil dari https://ejurnal.undana.ac.id/spektro/article/view/1371

Mufidah, L. (2017). Memahami Gaya Belajar untuk Meningkatkan Potensi Anak. Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak, 1(2), 240–265. https://doi.org/10.21274/martabat.2017.1.2.245-260

Murfi, A., & Rosidah, N. S. (2016). Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi Studi Komparasi Siswa Berprestasi SMAN 1 dengan MAN 1 Yogyakarta Kelas XI. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(2), 295–308. https://doi.org/10.14421/jpm.2016.12-10

Mustafida, F. (2013). Kajian Media Pembelajaran Berdasarkan Kecenderungan Gaya Belajar Peserta Didik SD/MI. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 77–96. https://doi.org/10.18860/JT.V6I1.3291

Nasution, N. (2022). Hakikat Gaya Belajar Auditori dalam Pandangan Filsafat. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora, 6(2), 255–270. https://doi.org/10.47006/attazakki.v6i2.13462

Noer, U. (2016). Analisis Gaya Belajar Mahasiswa Terhadap Model dan Strategi Pembelajaran Dosen. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 110–125. https://doi.org/10.35905/ALISHLAH.V14I2.391

Nugraheni, E., & Pangaribuan, N. (2006). Gaya Belajar dan Strategi Belajar Mahasiswa Jarak Jauh: Kasus di Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 7(1), 69–82.

Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi UNDIP, 15(1), 56–63. https://doi.org/10.14710/jpu.15.1.56-63

Rahman, S. R., & Firman. (2019). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. Jambura Edu Biosfer Journal, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.34312/jebj.v1i1.2040

Tanta, T. (2010). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Biologi Umum Program Studi Pendidikan Biologi. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 1(1), 7–21. https://doi.org/10.15294/kreatif.v1i1.1666

Wahyuddin, W. (2016). Gaya Belajar Mahasiswa: Studi Lapangan di Program Pascasarjana IAIN SMH Banten. Jurnal Al Qalam, 33(1), 105–115. https://doi.org/10.32678/alqalam.v33i1.387

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(2), 128–132. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2037

Widayanti, F. (2013). Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(1), 7–21. https://doi.org/10.18551/erudio.2-1.2

Downloads

Published

2023-05-06

Issue

Section

Research Articles