VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING
DOI:
https://doi.org/10.24014/sjme.v3i1.3425Keywords:
Model Plomp, Penemuan Terbimbing, Perangkat Pembelajaran MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas perangkat pembelajaran matematika berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis penemuan terbimbing pada materi teorema pythagoras untuk peserta didik kelas VIII SMP. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ampek Angkek Sumatera Barat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model Plomp. Data uji validitas tersebut diperoleh dari hasil validasi oleh para ahli dengan menggunakan instrumen lembar uji validitas berupa angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan skala Likert. Hasil uji validitas untuk RPP matematika berbasis penemuan terbimbing secara keseluruhan memperoleh nilai kevalidan yaitu 3,44 dengan kategori sangat valid, dan untuk LKPD berbasis penemuan terbimbing secara keseluruhan memperoleh nilai kevalidan yaitu 3,59 dengan kategori sangat valid
References
Kosasih. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum. Bandung: Yrama Widya.
Majid, A. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Markaban. (2008). Model Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika SMK. Yogyakarta: Pusat
Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Nurcholis. (2013). Implementasi Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Penarikan Kesimpulan Logika Matematika. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, Volume 01, Nomor 01, September 2013, 33.
Plomp, T. (2013). Educational Design Research: An Introduction. Proceedings of the seminar conducted at the East China Normal University, 23-26.
Prastowo, Andi. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press. Risnawati. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Suska Press.
Suherman, E. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Komtemporer. Bandung: JICA
Downloads
Published
Issue
Section
License

Suska Journal of Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.