Desain Didaktis Materi Trigonometri dalam Upaya Meminimalisir Hambatan Belajar Siswa

Authors

  • Ena Sakinah Pendidikan Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Darwan Darwan Pendidikan Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Arif Abdul Haqq Pendidikan Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.7421

Keywords:

Desain Didaktis, Hambatan Belajar, Materi Trigonometri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah desain didaktis pada materi trigonometri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah design didactical research yang dikembangkan oleh Suryadi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: tes, wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI IIK sebagai kelas yang telah menerima materi trigonometri untuk mengetahui hambatan belajar yang dialami siswa pada materi trigonometri. Setelah ditemukannya hambatan belajar yang dialami siswa, peneliti menyusun desain didaktis hipotesis yang disesuaikan dengan hambatan belajar siswa dan alur pembelajaran siswa. Desain didaktis hipotesis ini diimplementasikan kepada kelas X IIK 2 sebagai kelas implementasi yang belum pernah mendapatkan materi trigonometri. Dari hasil analisis uji hambatan belajar preimplentasi dan pascaimplementasi terdapat penurunan hambatan belajar sehingga hambatan belajar dapat terminimalisir dengan dibuatnya desain didaktis hipotesis.

Author Biography

Arif Abdul Haqq, Pendidikan Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Google Scholar: gs_aahaqq

Sinta ID: 231729

References

Anggraini, N., & Masykur, R. (2018). Modul Matematika Berdasarkan Model Pembelajaran Problem Based Learning Materi Pokok Trigonometri. Jurnal Matematika, 1(2), 217–228.

Annizar, E. K., & Suryadi, D. (2016). Desain Didaktis pada Konsep Luas Daerah trapesium untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 22–33.

Emzir. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Holisin, I. (2016). Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 5(3), 45–49.

Jamaris, M. (2013). Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kusaeri, Lailiyah, S., Arrifadah, Y., & Hidayati, N. (2018). Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Pemrosesan Informasi. Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 125–141.

Muslim, S. R., Mulyani, E., & Prabawati, M. N. (2017). Kajian Learning Obstacle Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Materi Trigonometri dalam Perkuliahan Kapita Selekta Sekolah Menengah. Jurnal Siliwangi, 3(2), 274–281.

Nasihah, D. (2018). Desain Didaktis Materi Lingkaran pada Madrasah Tsanawiyah.

Nasution, S. (2010). Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nikmaturrahmah, D. (2018). Analisis Learning Trajectory Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar.

Ningsih, S. (2014). Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 73–94.

Putra, R. W. Y., & Anggraini, R. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Materi Trigonometri Berbantuan Software iMindMap pada Siswa SMA. Pendidikan Matematika, 7(1).

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitataif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, U. (2012). Metode Penelitian. Bandung: PT Refika Aditama.

Sulistiawati, Suryadi, & Fatimah. (2015). Desain Didaktis Penalaran Matematis untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SMP pada Luas dan Volume Limas. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 135–146.

Suryadi, D. (2010). Metapedadidaktik dan Didactical Design Research (DDR): Sintesis Hasil Pemikiran Berdasarkan Lesson Study. Teori, Paradigma, Prinsip, Dan Pendekatan Pembelajaran MIPA Dalam Konteks Indonesia.

Team Didaktik Metodik Kurikulum IKIP Surabaya. (1987). Pengantar Didaktik Metodik Kurikulum PBM. Jakarta: CV Rajawali.

Wahab, R. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Yamin, M. (2007). Desain Pembelajaran Berbasais Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Zad, A. A. A. (2018). Desain Didaktis Luas Daerah Antar Dua Kurva Menggunakan Aplikasi Autograph.

Downloads

Published

2019-11-25

Issue

Section

Research Articles