Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia untuk Materi Penjumlahan Bentuk Aljabar
DOI:
https://doi.org/10.24014/sjme.v6i1.9063Keywords:
Aljabar, LKS, Penelitian dan Pengembangan, PMRIAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan lembar kerja siswa berbasis pendekatanpendidikan realistik matematik yang valid untuk materi penjumlahan bentuk aljabar. Model pengembangan yang digunakan adalah 3 dari 10 langkah pada model pengembangan Borg & Gall. Yakni Research and Information Collection (Riset dan Pengumpulan Informasi) yang terdiri dari pengukuran kebutuhan, studi literatur dan studi lapangan, Planning (Perencanaan), Develop Preliminary Form of Product (Pengembangan Bentuk Awal Produk.) Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII di salah satu SMP Muhammadiyah Palembang dengan jumlah 30 siswa yang berada di kota Palembang dengan total 30 siswa. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa LKS yang dikembangkan dinyatakan valid dari aspek konten, konstruk, dan bahasa. LKS ini dapat menjadi alternatif bahan ajar untuk membantu pemahaman siswa terhadap konsep penjumlahan bentuk aljabarReferences
Aditya, S., & Ernawati, I. (2018). Meningkatkan kemampuan operasi dasar aljabar kelas X melalui PBL berpendekatan algebraic reasoning. Jurnal UNNES, 1, 304–308.
Andriani, P. (2015). Penalaran aljabar dalam pembelajaran matematika. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.20414/beta.v8i1.567
Arfinanti, N. (2014). Lembar kerja siswa pada materi himpunan berbasis pendekatan matematika realistik untuk siswa SMP/MTs. Phenomenon, 4(1), 5–17.
Astari, T. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis pendekatan realistik untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD kelas IV. Jurnal Pelangi, 9(2), 150–160. https://doi.org/10.22202/jp.2017.v9i2.2050
Atika, N., & MZ, Z. A. (2016). Pengembangan LKS berbasis pendekatan RME untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 103–110. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i2.2126
Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (1983). Educational research: an introduction (5th ed.). Longman.
Hadi, S. (2017). Pendidikan matematika realistik: teori, pengembangan, dan implementasinya. Rajawali Pers.
Haviz, M. (2016). Research and development; penelitian di bidang kependidikan yang inovatif, produktif dan bermakna. Ta’dib, 16(28–43). https://doi.org/10.31958/jt.v16i1.235
Hidayanto, T., & Irawan, E. B. (2012). Pengembangan bahan ajar berbasis realistic mathematics education untuk membangun kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VIII pada materi fungsi. Jurnal FMIPA Universitas Negeri Malang, 1(2), 1–13.
Ihsan, M. (2019). Pengembangan bahan qjar matematika realistik berbasis Alquranp pokok bahasan pecahan. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 39–46. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i1.6824
Loli, K. J., Damayanti, N. W., & Yuniarto, E. (2018). Pengembangan LKS berdasarkan masalah kontekstual pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 6(1), 30–36. https://doi.org/10.23971/eds.v6i1.897
Nurdin, E., Saputri, I. Y., & Kurniati, A. (2020). Development of comic mathematics learning media based on contextual approaches. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 8(2), 85–97. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jipm.v8i2.5145
Prastowo, A. (2014). Pengembangan bahan ajar tematik. Kencana Prenadamedia Group.
Salma, U., & Amin, S. M. (2014). Profil kemampuan estimasi siswa Sekolah Dasar dalam menyelesaikan soal cerita. Mathedunesa (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(1), 172–180.
Sholikha, H. A. (2015). Bahasa Indonesia untuk perguruan tinggi. Noerfikri.
Suhandri, & Sari, A. (2019). Pengembangan modul berbasis kontekstual terintegrasi nilai keislaman untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. 5(2), 131–140.
Sukmadinata, N. S. (2010). Metode penelitian pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Trianto. (2010). Mengembangkan model pembelajaran tematik. Prestasi Pustaka.
Wijaya, A. (2013). Pendidikan matematika realistik suatu alternatif pendekatan pembelajaran matematika. Graha Ilmu.
Zubainur, C. M., Dazrullisa, & Marwan. (2017). Kesalahan siswa pada materi aljabar melalui pembelajaran oleh calon guru yang mendapat pendampingan. Jurnal Didatik Matematika, 4(1), 1–12.
Downloads
Published
Issue
Section
License

Suska Journal of Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.