Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Balanced Scorecard
Abstract
Proses pembelajaran dipengaruhi oleh kualitas pelaku pendidikan.Pelaku pendidikan yangmengambil peran penting dalam proses pembelajaran di tingkat universitas adalah dosen. Dosen memiliki
kewajiban untuk memenuhi tri dharma perguruan tinggi. Pada kondisi lain implementasi manajemen
pembelajaran, sangat dipengaruhi oleh ketatnya sistem pengawasan yang secara nyata akan berdampak
terhadap kinerja dosen dalam mengembangkan kompetensinya, terutama dalam mengaplikasikan
kemampuan dan keterampilan pengelolaan pembelajaran di dalam maupun di luar kelas. Untuk itu
dibutuhkan pengukuran kinerja dosen secara komprehensif. Balanced scorecard merupakan salah satu
metode yang dapat digunakan mengukur kinerja secara komprehensif. Sistem informasi menggunakan
use case diagram dalam tahap perancangan dan microsoft visio untuk interface. Rancangan sistem
informasi ini diharapkan dapat menjadikan salah satu acuan dalam pembuatan sistem informasi
pengukuran kinerja dosen dilingkungan fakultas sains dan teknologi
Kata kunci: sistem informasi, balanced scorecard, kinerja dosen, usecase diagram
References
Kaplan, Robert S and David P Norton, 1996. Balanced Scorecard : Menerapkan Strategi Menjadi
Aksi, Erlangga : Jakarta
Mahmudi. 2007. Manajemen Kinerja Sektor Publik, UPP STIM YKPN : Yogyakarta
Moleong, L.J., 1989, “Metodologi Penelitian Kualitatif”, Remaja Karya, Bandung.
Mulyadi. 2001. Balanced Scorecard : Alat Manajemen Kontemporer untuk Pelipatgandaan Kinerja
Keuangan Perusahaan, Salemba Empat : Jakarta.
Yuwono, Sony, 2002. Petunjuk Praktis Penyusunan Balanced Scorecard :Menuju Organisasi Yang
Berfokus Pada Strategi, Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama.