PERAN ORANG TUA DALAM PROSES AKSEPTABILITAS MASYARAKAT TERHADAP ANAK PENYANDANG TUNA GRAHITA DI KOTA YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.24014/sb.v14i2.4425Keywords:
akseptabilitas, tuna grahita, peran orang tuaAbstract
Penyandang tuna grahita sering mendapat perlakuan marginal dari masyarakat luas. Penelitian ini bertujuan meninjau bagaimana peran orang tua dalam proses akseptabilitas masyarakat terhadap anak-anak penyandang tuna grahita di kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan tinjauan rasionalitas Weber dalam melihat peran-peran yang dilakukan orang tua kepada anaknya yang menyandang tuna grahita. Dengan metode kualitatif melalui pendekatan fenomenologis peneliti melihat bahwa setiap orang tua mempunyai rasionalitas sendiri mengenai tindakan atau peran yang dilakukannya yang mengarah pada penerimaan masyarakat terhadap anaknya yang menyandang tuna grahita. Peran yang dilakukan oleh para orang tua itu tergantung pada sikap atau reaksi mereka terhadap kehadiran anaknya yang menyandang tuna grahita. Orang tua yang dapat menerima keadaan anaknya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendidik dan membawa anaknya beradaptasi dan melakukan interaksi sosial dengan masyarakat, sehingga masyarakat pun menjadi lebih mudah untuk menerima keadaan anak penyandang tuna grahita tersebut. Sebaliknya, orang tua yang sulit menerima kondisi anaknya yang menyandang tuna grahita, akan berusaha membatasi ruang gerak dan ruang interaksi sosial anak, sehingga masyarakat pun cendrung sulit menerima keterbatasan dan kehadiran anak penyandang tuna grahita.References
Alimandan, 1986, Sosiologi ilmu berparadigma ganda, Jakarta, CV. Rajawali
Berger, Peter L, 1982, Piramida Kurban Musia: Etika Politik dan Perubahan Sosial, Jakarta, LP3ES
Bungin, Burhan. 2004. Metodologi Penelitian Sosial, Surabaya: Airlangga University Press.
Dirdjosisworo, Soedjono, 1985, Azas-azas Sosiologi, Bandung, Armico
Johnson, Doyle Paul, 1986, Teori Sosiologi Klasik dan Modern, terj. RMZ, Lawang, Jakarta, Gramedia
Hermanto, 1994, Lapora Praktek Lapangan (PPL) di SLB-C Negeri 1 BintaranYogyakarta, FIP IKIP Yogyakarta
Moleong, Lexy J. 1989, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, CV. Remaja Karya
_____________.1991, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, CV. Remaja Karya
Mc. Iver, Robert dan Charles H. Page, 1981, Sosiologi, London, Mc. Millan & Co. Ltd
Robinson, Philip, 1986, Sosiologi Pendidikan, Jakarta, CV. Rajawali
Sarwono, Sarlito Wirawan, 1987, Masalah-masalah Kemasyarakatan di Indonesia, Jakarta, Pustaka Sinar Harapan
Sarwono, Sarlito Wirawan, 1984, Teori-teori Psikologi Sosial, Jakarta, CV. Rajawali
Suparlan, Y.B, 1983, Pengantar Pendidikan Anak Mental Subnormal, Jakarta, Pustaka Pengarang
Tatiana, 1997, Tuna Rungu dan Masyarakat, Yogyakarta, UGM
Vembriarto, St, 1981, Sosiologi Pendidikan, Yogyakarta, Paramita
Vredenbergt, Jacob, 1978, Metode dan Teknik Penelitian Masyarakat, Jakarta, Gramedia
Weber, Max, Max Weber: The theory of Sosial and Economic Organization, NewYork, The Free Press