PENGARUH STRATEGI ROLE PLAYING TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 188 PEKANBARU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara siswa yang mengikuti pembelelajaran dengan strategi role playing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi konvensional terhadap interaksi sosial siswa Sekolah Dasar Negeri 188 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi ekperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 188 Pekanbaru. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan angket untuk mengetahui interaksi sosial siswa. Analisis data menggunakan Uji-t. Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh antara siswa yang mengikuti pembelelajaran dengan model role playing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis dengan output perhitungan data juga diketahui Thitung sebesar 5,435 dan nilai P= 0.00.
Kata Kunci: role playing, interaksi sosial siswa.
References
Basrowi. 2005. Pengantar Sosiologi. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Creswell, J. (2017). Research Design. Pustaka Belajar
Djamarah, dkk. 2010. Guru dan Anak Didik Interaksi Edukasi. Jakarta: PT Rineka Cipta. Hlm 89-90
Martinis Yamin, Profesionalisme Guru Dan Implementasinya KTSP, (Jakarta: Gaung Persada Press, 2007), h. 152.
Muhammad Mushfi El Iq Bali, Model Interaksi Sosial dalam Mengelaborasi Keterampilan Sosial; jurnal pedagogik, Vol 4. 02. 2017. Halaman 216
Ridwan Effendi, Ilmu Sosial Budaya Dasar, ( Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2006), hlm. 97
Sarwono, Sarlito W., Meinarno, Eko A. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika
Suryati, Sosiologi, (Palembang: Noer Fikri Offset, 2017 ), hlm. 77
Uno, Hamzah. 2012. Model Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara
Walgito, B. 2007. Piskologi Sosial: Suatu Pengantar. Yogyakarta : Andi Offset.
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta. Hlm. 289