PENERAPAN METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI PEMBELAJARAN IPS SISWA MTs KELAS IX DAREL HIKMAH PEKANBARU

Authors

  • Nadiatul Hikma Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Nisa Aulia Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Nuri Anisah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Muhammad Hamka Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Ingka Indar Rahayu Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Sukma Erni Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Lidiyawati Lidiyawati MTs Darul Hikmah Pekanbaru

Abstract

Tujuan dari penelitian Tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah melalui pembelajaran kooperatif dengan metode jigsaw dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa kelas 9F Darel Hikmah Pekanbaru tahun pelajaran 2022. Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan pada bulan September 2022. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian Tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, menentukan perencanaan Tindakan, melaksanakan Tindakan, melakukan pengamatan hasil Tindakan dan melakukan refleksi dari hasil pegamatan. Setiap siklus menggunakan metode pembelajaran kooperatif jigsaw. pada penelitian kali ini, hasil penelitian menunjukkan ada kenaikan rata-rata baik dari kondisi awal sampai kondisi akhir penelitian. Maka dari penelitian ini ialah bahwa peneliti mengangkat bagaimana penerapan metode kooperatif jigsaw ini terahadap kemampuan berkomunikasi siswa pada pembelajaran IPS. Dan terdeteksi dari setiap pertemuan yang dilakukan oleh peneliti bahwa kemampuan komunikasi mengalami kenaikan dari tahapĀ  awa lsampai tahap akhir.

Kata Kunci :Metode Jigsaw, Komunikasi

References

Aqib, Zainal. 2008. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, TK, (Bandung: Yrama

Widya, 2008, Hlm 40)

Anas Sudjono, 2004. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Inge Hutahulung, 2015. Teori-Teori Komunikasi Dalam Pengaruh Psikologi. Indeks.

Ngalim Puewanto. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, ( Bandung : PT. Remaja

Rosdakarya, 2010 )

Laksananti, Putri Melinda. 2017. Analisis Kemampuan Kemampuan Komunikasi Matematika

Dalam Menyelesaikan Masalah Pokok Bahasan Bangun Datar Segi Empat Ditinjau dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VII-D SMP Negeri 1 Sumbermalang. Jurnal Universitas Jember, Vol 8 No 1 (2017): April 2017.

Sudaryono, Metodologi Penelitian, ( Jakarta, Rineka Cipta, 2005 )

Kritiana, M. 2014. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Pada mata pelajaran

IPS untuk peningkatan proses dan hasil belajar siswa kelas V SDN Dukuh Kupang V Surabaya. Jurnal Penelitian PGSD, Volume 2, Nomor 2, Tahun 2014.

Depiknas, 2004. Rambu-Rambu Ketuntasan Minimum dan Analisis Hasil Pencapaian

Standar.Jakarta : Depiknas.

Bela, Putrid an Sukma Erni. 2020. Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 3

Pekanbaru Melalui Strategi Sentence Jurnal. Journal Of Primary Education, Vol. 3. No. 2, Oktober 2020, HAL 91-100.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Jakarta:Kencana, Prenada Media Group.

Downloads

Published

2023-03-29