Gagasan Kurikulum Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali
DOI:
https://doi.org/10.24014/af.v19i2.11344Abstract
Kurikulum merupakan salah satu komponen yang sangat menentukan dalam suatu sistem pendidikan, karena itu kurikulum merupakan alat untuk mencapai tujuan pendidikan dan sekaligus sebagai pedoman dalam pelaksanaan pengajaran pada semua jenis dan tingkat pendidikan. Pembahasan pada artikel ini adalah bertujuan untuk mengetahui gagasan-gagasan kurikulum pendidikan Islam perspektif al-Ghazali. Pembahasan dalam artikel ini menggunakan metode penelitian kualitatif melalui penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan analisis isi untuk memperoleh sebuah kesimpulan. Pembahasan pada makalah ini memaparkan hasil deskriptif tentang gagasan kurikulum pendidikan Islam perspektif al-Ghazali. Gagasan kurikulum pendidikan Islam perspektif al-Ghazali yang di paparkan pada artikel ini adalah berkaitan dengan pengertian kurikulum pendidikan Islam, tujuan kurikulum pendidikan Islam, materi kurikulum pendidikan Islam, organisasi kurikulum, dan sistem pelaksanaan kurikulum.
References
Abu Hamid Muhammad al-Ghazali, Ihya’ Ulum al-Din, juz I (Beirut: Badawi Thaba’ah)
Alwan Suban, Konsep Pendidikan Islam Persfektif Al-Ghazali, (Jurnal Idaarah, Vol. IV, No. 1, Juni 2020)
Imam Al-Ghazali, Ihya Ulumuddin : Menghidupkan Ilmu-Ilmu Agama, Terjemahan Jilid 1
Noorzanah, Konsep Kurikulum dalam Pendidikan Islam, (Ijtihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, Vol. 15, No. 28, Oktober 2017)
Syaifuddin Sabda, Konsep Kurikulum Pendidikan Islam Persfektif Al-Ghazali, cet.ke-1, (Kalimantan Selatan: Antasari Press, 2008)
Syaik Az-Zarnuji, Terjemahan Ta’lim Muta’allim cet.Ke-1, (Surabaya: Mutiara Ilmu, 2009)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.