MENGAGUNGKAN ILMU DAN AHLI ILMU DALAM PERSPEKTIF IMAM AZ-ZARNUJI (Tela’ah Kitab Ta’limul Muta’allim Bab IV)
DOI:
https://doi.org/10.24014/af.v19i2.11640Abstract
Di Indonesia, kitab Ta’lim al-Muta’alim karya Imam Zarnuji dikaji dan dipelajari hampir disetiap lembaga pendidikan klasik tradisional seperti pondok pesantren. Kitab ini berisi kiat-kiat bagi para penuntut ilmu/murid agar mengetahui segala sesuatu tentang bagaimana menuntut ilmu yang baik dan benar serta memberikan solusi tentang bagaimana menciptakan pendidikan yang tidak hanya berorientasi pada keduniawian saja, akan tetapi juga berorientasi pada akhirat. Pada pembahasan bab ke IV, Imam Az-Zarnuji menjelaskan tentang mengagungkan ilmu dan ahli ilmu. Seorang penuntut ilmu tidak akan memperoleh kesuksesan ilmu dan tidak pula ilmunya bermanfaat, kecuali ia mau mengagungkan ilmu itu sendiri, ahli ilmu, dan menghormati keagungan gurunya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kajian pustaka dengan pendekatan studi analisa teks. Hasil yang diperoleh dalam analisa tersebut ialah diantara wujud memuliakan ilmu ialah dengan menghormati guru itu sendiri. Salah satu cara menghormati seorang yang ahli ilmu adalah tidak berjalan didepannya, tidak menduduki tempat duduknya, tidak memulai pembicaraan dihadapannya kecuali atas izinnya, tidak banyak berbicara dihadapannya, tidak bertanya tentang sesuatu saat sedang bosan, memperhatikan waktu, dan tidak mengetuk pintunya hingga dia keluar.
Kata Kunci: Mengangungkan, Ilmu, Ahli Ilmu
References
Al-Ghazali, Imam. 1992. Bidayatul Hidayah (Wasiat Imam Al-Ghazali). Diterjemahkan oleh Ahmad Sunarto. Surabaya: Media Idaman
An’im, Abu. 2015. Kiat Santri Meraih Ilmu Manfaat dan Barokah, Terjemah Ta’limul Muta’alim . Jawa Barat : Mukjizat, hal. 11
Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers. hlm. 20.
Putra, As’ad Aliy. 1995. Ta’limul Muta’allim. Kudus: Menara Kudus.
Zarmuji. 2019. Kitab Ta’lim Muta’allim, Terjemahan Abdurrahman Azzam. Solo: Aqwam, hal 65
Zarnuji, Syekh Ibrahim bin Ismail. 1995. Ta’limul Muta’alim. Semarang: CV Toha
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.