Kurikulum Pendidikan Islam Menurut Burhanuddin Al-Zarnuji
DOI:
https://doi.org/10.24014/af.v19i2.11678Abstract
Pada masa kejayaan Islam yang terjadi pada periode keempat, pemikir- pemikir pendidikan Islam banyak bermunculan pada masa itu, salah satunya adalah Burhanuddin Az-Zarnuji. Beliau adalah sosok pemikir pendidikan Islam yang banyak menyoroti tentang etika dan dimensi spiritual dalam pendidikan Islam.
Kitab Ta’lim al-Muta’allim merupakan literature klasik yang memberikan informasi tentang perilaku siswa dalam belajar yang mengutamakan akhlak untuk mencapai kemanfaatan ilmu. Selain membahas etika belajar, kitab ini juga membahas kurikulum, tujuan, prinsip-prinsip dan strategi belajar yang didasarkan pada moral religious.
Penelitian ini bertujuan untuk mengupas lengkap kurikulum menurut sudut pandang burhanuddin al-zarnuji Agar bisa di implementasikan di dalam dunia pendidikan modern.
Motede penelitian yang penulis gunakan adalah metode library research ( kajian kepustakaan ) suatu studi yang digunakan dalam mengumpulkan informasi dan data dengan bantuan berbagai macam material yang ada di perpustakaan seperti dokumen, buku, majalah, kisah-kisah sejarah, dsb.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan kurikulum Menurut Burhanuddin al-Zarnuji adalah untuk memperoleh ilmu sebagai perantara (sarana) untuk bertaqwa. Isi kurikulum mencakup ilmu yang wajib a’in seperti ilmu tauhid dan ilmu hal, serta ilmu yang wajib kifayah.
Kata kunci : Kurikulum, Pendidikan, Burhanuddin Al-Zarnuji
References
A. Mukti Ali, Az-Zarnuji dan Imam Zarkasyi dalam Metodologi Pendidikan Agama, dalam buku Biografi K.H. Imam Zarkasyi di Mata Ummat, (Ponorogo: Gontor Press, 1996), Hal. 943.
Burhanuddin al-Zarnuji, al-Risalah al-Ta’lim al-Muta’allim, (Beirut: Dar Ihya al-Kutub al-Arabiyyah), hal. 3.
H. M. Arifin, Filsafat pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1991), hal. 84., bandingkan juga dengan M. Zein, Asas-Asas dan Pengembangan Kurikulum, (Yogyakarta: Sumbangsih Offset, 1991), hal. 3.
M. Athiyah Al-Abrasyi, Beberapa Pemikiran Pendidikan Islam, Terj. Syamsuddin et.al. (Yogyakarta: Titian Ilahi Press), hal. 190.
Marwan Qabbani, Syeikh al-Zarnuji, (Beirut: Dar al-Maktab al-Islami, 1981), hal. 1.
Mochtar Affandi, The Methode Of Muslim Learning as Illusterated in al-Zarnuji’s Ta’lim al-Muta’allim, Tesis, (Montreal: Institut Of Islamic Mc Gill University, 1990), hal. 19.
Muhammad Abdul Qadir Ahmad, Ta’lim al-muta’allim Thariq al-Ta’allum, (Beirut: Mathba’ah al-Sa’adah, 1986), hal. 10.
S. Nasution, Asas-Asas Kurikulum, Dasar-Dasar dan pengembangannya, (Bandung: Mandar Maju, 1990), hal. 101-102.
Suharihsimi Arikunto, Prosedur Penelitian (Jakarta: Rineka Cipta, 1991) h. 10
Syekh Ibrahim bin Isma‟il, Syarh Ta’lim al-Muta’allim ‘ala Thariiqa Ta’allum, (Semarang: Karya Toha Putra, 1993) hal 41.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.