Analisis Pendidikan Belajar Norma Bagi Peserta Didik di Madrasah Menurut Umar Bin Ahmad Baradja (Tela'ah Kitab Akhlaqul Lilbanin)

Authors

  • Agus Mulyanto Universitas sultan syarif kasim pekanbaru
  • Hakmi Wahyudi UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Ahmad Fadhil Rizki
  • Sri Wahyuni Hakim
  • Zulfadhly Mukhtar

DOI:

https://doi.org/10.24014/af.v20i2.12017

Abstract

ABSTRAK

Di negara Indonesia, kitab Akhlaqul banin karya ustadz umar bin ahmad barodja  dikaji dan dipelajari hampir disetiap lembaga pendidikan klasik tradisional seperti pondok pesantren maupun dimadrasah . Kitab ini berisi kiat-kiat bagi para peserta didik/murid agar mengetahui segala sesuatu tentang bagaimana mempuyai norma dalam menuntut ilmu yang baik dan benar serta memberikan solusi tentang bagaimana menciptakan pendidikan yang tidak hanya berorientasi pada keduniawian saja, akan tetapi juga berorientasi pada akhirat. Pada Akhlaqul banin karya ustadz umar bin ahmad barodja  menjelaskan tentang norma norma.  Seorang peserta didik  tidak akan memperoleh kesuksesan ilmu dan tidak pula ilmunya bermanfaat, kecuali ia mau mempuai norma – norma yang baik dalam penulisan ini juga akan membahas konsep, prinsip dan sumber belajar dalam perspektif Al-Qur’an bagi peserta didik dengan harapan nanti akan bermanfaat yang menjadikan peserta didik mempuyai dasar belajar dari sumber pokok dan didukung dengan norma yang mulia dalam kehidupan sehari-hari.

 

Kata Kunci:  belajar, norma, peserta didik. perspektif Al-Qur’an

Author Biographies

Agus Mulyanto, Universitas sultan syarif kasim pekanbaru

UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Hakmi Wahyudi, UIN Sultan Syarif Kasim Riau

UIN SUSKA RIAU

Downloads

Published

2021-12-05