Implementasi Problem Based Learning pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Penanaman Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24014/af.v21i1.15735Abstract
Probelm Based Learning merupakan salah satu model pembelajaran inovatif yang perannya dapat memberikan dampak lingkungan belajar yang aktif terhadap peserta didik. Pembelajaran yang didesain secara aktif akan menyuguhkan suatu pengalaman belajar sacara nyata untuk peserta didik tentunya konteks pembelajaran ini masih berkaitan langsung dengan permasalahan yang muncul pada lingkungan sekitarnya. Pada dasarnya PKn merupakan pelajaran yang cara penerapannya menekankan pada pengembangan dari nilai-nilai luhur serta moral yang mengacu pada nilai budaya bangsanya, PKn juga berupaya dalam menyatukan pribadi individu ke dalam suatu bingkai yang seutuhnya. Implementasi Problem Based Learning pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan guna menanamkan karakter peserta didik sekolah dasar harapannya kelak para peserta didik ini nantinya bisa mengedepankan nilai-nilai yang telah di pelajarinya semasa duduk di bangku sekolah tentang nilai karakter nasionalisme dimana bisa meminimalisir terjadinya konflik berdarah seperti konflik pertikaian antar suku yang pernah terjadi di pulau Kalimantan.
References
Mona, Adha. (2020). Implementasi Blended Learning Untuk Penguatan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol. 8 No. 2, . http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/article/view/6168. Diakses Jumat, 10 Desember 2021.
Assegaff, Tatang. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analisis Melalui Model Problem based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 1, No. 1, 38-48. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/0000. Diakses Jumat, 10 Desember 2021.
Putri. (2011). Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal Komunitas. Vol. 3 No. 2, 205-215. http://journal-unnes.ac.id/nju/index.php/komunitas. Diakses Jumat, 10 Desember 2021.
Wijaya, Fahreza, dkk. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Mengembangkan Karakter Toleransi dan Demokratis Siswa pada Pelajaran PKn Kelas V di SD Negeri Pepaya Peunaga. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 6, No.2, 49-60. http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/31. Diakses Selasa, 14 Desember 2021.
Nur’insyani, & Dewi. (2021). Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air melalui Pendidikan Kewarganegaraan di Era Revolusi 4.0. Jurnal Pendidika Tambusai. Vol. 5, No. 1, 969-975. http://jptam.org/index.php/jptam/artcle/view/1053. Diakses Selasa, 14 Desember 2021.
Sastradipura, Dewi & Furnamasari. (2021). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Rasa Nasionalisme pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 5, No. 3, 8629-8637. http://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2364. Diakses Rabu, 15 Desember 2021.
Permana. (2016). Implementasi Nilai-nilai Karakter dengan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik Integratif. STKIP Muhammadiyah Kuningan. Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Tata Aksara: fadilatama.
Insani, Dewi, & Furnamasari. (2021). Integritas Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 5, No. 3, 8153-8160. http://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2364. Diakses Rabu, 15 Desember 2021.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Giantara, F., & Astuti, A. (2020). Kemampuan Guru Matematika Mempertahankan Substansi Materi Melalui Proses Pembelajaran Online. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 787-796.
Nahwiyah, S., Mualif, A., Haironi, R., Mailani, I., & Wismanto, W. (2023). Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau. Journal on Education, 5(3), 9573-9583.
Mujtahid, I. M., Berlian, M., Vebrianto, R., Thahir, M., & Irawan, D. (2021). The development of digital age literacy: A case study in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1169-1179.
Nopriyanti, W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 001 Pasar Baru Pangean. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 2(2), 184-201.
Giantara, F., Yanti, N., Handayani, S., & Anis, Y. (2020). Pola Pendidikan keluarga Saat Bencana Kabut Asap di Kota Pekanbaru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 778-786.
Giantara, F. (2020). Analisis Data (Kualitatif, Kuantitatif, Metode Campuran, dan Penelitian Tindakan). Pekanbaru: LPPM STAI Diniyah Pekanbaru.
Berlian, M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Development of Webtoon Non-Test Instrument as Education Media. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 185-192.
Amiliya, R., & Giantara, F. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 116-125.
Giantara, F., & Amiliya, R. (2021). Urgensi Kebijakan Pendidikan Islam sebagai bagian dari Kebijakan Publik (Analisis Teoretis). Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 86-96.
Radeswandri, R., Budiawan, A., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Developing instrument to measure the use of online comic as educational media. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(1), 119-126.
Berlian, M., Mujtahid, I. M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Profil Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Era Covid-19: Studi Kasus di Universitas Terbuka. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 77-84.
Syahbudin, Z., Ahmad, R. R. M. R., Zein, N., & Thahir, M. (2023). Developing Students’religious Moderation Through Group Counseling at Islamic Higher Education. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 15-28.
Amri, K., Riyantini, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Starategi Pengembangan Mutu dan Akreditasi Di Madrasah Dalam Menghadapi Revolusi 5.0. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 172-182.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.