Kontribusi Pemikiran Ibnu Jinni dalam Epistemologi Ilmu Nahwu: Studi Kitab Al-Khasa’is
DOI:
https://doi.org/10.24014/af.v22i2.23357Abstract
Artikel ini melihat dan menilik pemikiran Ibnu Jinni dalam Epistemologi Ilmu Nahwu, berangkat dari kuatnya pengaruh pemikiran Ibnu Jinni terhadap Ilmu Bahasa khusunya Ilmu Nahwu bahkan mempunyai metode tersendiri. Ibnu Jinni telah melahirkan karya-karya fenomenal salah satunya ialah kitab al-Khasa’is yang mana terdapat buah pemikiran Ibnu Jinni tentang Epistemologi Ilmu Nahwu (Ushul Nahw). Penelitian ini bersifat Deskriptif Kualitatif, mencoba mencari bagaimana bentuk argument yang dituangkan Ibnu Jinni terkait dengan akar landasan Ilmu Nahwu itu sendiri, yang menjadi fokus peneliti ialah terkait Qiyas dan Istihsan yang mana kedua kajian ini merupakan salah satu sub pembangun landasan Ilmu Nahwu. Peneliti mengambil kesimpulan bahwa Ibnu Jinni memberikan kontribusi nyata dalam perkembangan Ilmu Nahwu, terlihat dari hasil usaha nya yang dituangkan dalam teks-teks kitab al-Khasa’is. Ibnu jinni berani memberikan argumen yang berbeda dalam melihat Qiyas dan Istihsan dengan argument yang sebelumnya telah dicetuskan oleh Ulama Ilmu Bahasa terdahulu. Begitupun dengan konsep Istihsan, Ibnu Jinni juga membicarakan kajian ini dengan begitu apik.References
Afandi, Z. (2009). IBNU JINNĪ MENEMBUS SEKAT MAZHAB LINGUISTIK (Memadukan Aspek Logis dan Sosiologis). Adabiyyāt: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 8(1), 49. https://doi.org/10.14421/ajbs.2009.08103
Arifuddin. (2013). Pemikiran-Pemikiran Fonetik Ibnu Jinni. Cmes, VI(2), 146–163.
Bariyyah, I. K., & Aan, M. (2020). Linguistik di Dunia Arab (Studi Pemikiran Ibnu Jinni). Munasba : Multaqo Nasional Bahasa Arab, VI, 538–551.
Gani, S. (2016). Al-Qiyas Dalam Usul Al-Nahwi. Al-‘AJAMI,Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 05(1), 1–12.
Hakim, A. R. (2013). Jurnal al-Maqoyis, vol. 1 No. 1, Jan-Juli 2013 Mempermudah Pembelajaran Ilmu Nahwu pada abad 20 Oleh: Arif Rahman Hakim. 1(1).
Husein Mahmud, D. M. (n.d.). Al-Madrasah Al-Baghdadiyyah fii Tarikh An-Nahw Al-‘Araby. Dar ’Ummar.
Ibnu, J. (2008). Al-Khasa’is. Daarul Hadist.
Jinni, I. (1952). Al-Khasa’is (Muhammad ’Ali Najjar, Ed.).
Kamal, M. (2021). Mazhab- Mazhab Sintaksis Bahasa Arab “ Nahwu ” (Basrah, Kufah, Bagdad, Andalusia, Mesir). Bina Ilmu Cendekia, 3(1), 172–176.
Mashlahi, R. (2022). IJTIHAADAAT IBNU JINNI FII USHUL AL-NAHWI FII AL-KHASA’IS (1st ed.). Markaz Fatimah Al-Fahriyyah lil Abhaast wa ad-diraasat.
Muhyiddin, L. (2013). Konsep Al-Qiyas Ibn Jinny. At-Ta’dib, 8(1). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v8i1.516
Ponny, M. R. (2022). Linguistik Dalam Perspektif Ibnu Jinni Dan Ferdinand De Saussure. Al-Mashadir, 2(01), 40–56. https://doi.org/10.30984/almashadir.v2i01.251
Rini, R. (2019). Ushul al-Nahwi al-Arabi: Kajian Tentang Landasan Ilmu Nahwu. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 3(1), 145. https://doi.org/10.29240/jba.v3i1.773
Sharari, K. S. A.-. (2022). Predilection of Grammarians: An analytical study. 63(6), 63–80.
Susiawati, W. (2015). Lafazh Dan Makna Dalam Perspektif Pemikiran Linguistik Ibn Jinni. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(2), 167–177. https://doi.org/10.15408/a.v2i2.2133
Taufik, S. Ag., M.A, T. S. Ag. , M. A. (2020). Mazhab-Mazhab Ilmu Nahwu Dalam Sastra Arab Klasik. AL-AF’IDAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Pengajarannya, 4(1), 65–87. https://doi.org/10.52266/al-afidah.v4i1.498
Thoriqussu’ud, M. (2015). Al- Sama’: Kajian Epistemologi Ilmu Nahwu. Jurnal Pusaka, 3(1), 49–64.
Wahyudi, H., Hidayat, H., & Hakim, S. W. (2020). Pemikiran Gramatikal Bahasa Arab Oleh Linguistik Arab (Studi Tokoh Lintas Madzhab Nahwu). Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman, 19(1), 113–128. https://doi.org/10.24014/af.v19i1.10235
Giantara, F., & Astuti, A. (2020). Kemampuan Guru Matematika Mempertahankan Substansi Materi Melalui Proses Pembelajaran Online. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 787-796.
Nahwiyah, S., Mualif, A., Haironi, R., Mailani, I., & Wismanto, W. (2023). Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau. Journal on Education, 5(3), 9573-9583.
Mujtahid, I. M., Berlian, M., Vebrianto, R., Thahir, M., & Irawan, D. (2021). The development of digital age literacy: A case study in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1169-1179.
Nopriyanti, W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 001 Pasar Baru Pangean. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 2(2), 184-201.
Giantara, F., Yanti, N., Handayani, S., & Anis, Y. (2020). Pola Pendidikan keluarga Saat Bencana Kabut Asap di Kota Pekanbaru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 778-786.
Giantara, F. (2020). Analisis Data (Kualitatif, Kuantitatif, Metode Campuran, dan Penelitian Tindakan). Pekanbaru: LPPM STAI Diniyah Pekanbaru.
Berlian, M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Development of Webtoon Non-Test Instrument as Education Media. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 185-192.
Amiliya, R., & Giantara, F. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 116-125.
Giantara, F., & Amiliya, R. (2021). Urgensi Kebijakan Pendidikan Islam sebagai bagian dari Kebijakan Publik (Analisis Teoretis). Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 86-96.
Radeswandri, R., Budiawan, A., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Developing instrument to measure the use of online comic as educational media. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(1), 119-126.
Berlian, M., Mujtahid, I. M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Profil Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Era Covid-19: Studi Kasus di Universitas Terbuka. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 77-84.
Syahbudin, Z., Ahmad, R. R. M. R., Zein, N., & Thahir, M. (2023). Developing Students’religious Moderation Through Group Counseling at Islamic Higher Education. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 15-28.
Amri, K., Riyantini, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Starategi Pengembangan Mutu dan Akreditasi Di Madrasah Dalam Menghadapi Revolusi 5.0. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 172-182.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.