Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Integratif dalam Membentuk Budaya Damai di SMP Islam Terpadu Robbani Kendal
DOI:
https://doi.org/10.24014/af.v22i1.24569Abstract
Maraknya kenakalan remaja menjadi masalah tersendiri khususnya bagi para pendidik. Semestinya remaja mampu menjadi pelopor aksi cinta damai dan anti konflik khususnya di lingkungan pendidikan. Tujuan penelitian untuk: menganalisis model pembelajaran pendidikan agama Islam integratif di SMP Islam Terpadu Robbani Kendal serta menganalisis implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam integratif dalam pembentukan budaya damai di sekolah. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian studi kasus, teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dihasilkan dianalisis dengan model deskriptif kualitatif. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah model pembelajaran pendidikan agama Islam integratif dapat membentuk budaya damai di sekolah yang secara teoritik memperkuat teori pembelajaran integratif Model Nested yang dikembangkan oleh Forgarty.
References
Abdullah M. Surjaya, Koran Sindo, (Jum’at, 28 Oktober 2016, 02:11).
Ade Hidayat, dkk. (2017). Mentalitas Damai Siswa dan Peraturan Sekolah Berbasis Pesantren, Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1, 111.
Akrim. (2019). Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Integratif dalam Membentuk Jiwa Kepemimpinan Siswa di SMP IT Khoirul Imam Medan”, Disertasi Universitas Muhamadiyah Malang.
Asrohah, A. K. dan H. (2015). Pembelajaran Tematik (2nd ed.). (Jakarta: Raja Grafindo Persada).
Azzet, Akhmad Muhaimin. (2011). Pedoman Praktis Shalat Wajib dan Sunnah. Jogjakarta: Javaliter.
David Wick. (2014). “Cities Peace Team – Culture of Peace Description”, dalam Declaration and Programme of Action on a Culture of Peace (A/RES/53/243), (City of Ashland), 1-2.
Ezmir. (2012). Analisis Data: Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Press, 29-135.
Fogarty, F, How to Integrative The Curicula. (Palatine, Illionis:Skygh Publicing, Inc), 76.
John W. Cresswell, (2007). Qualitative Inquiry & Research Design; Choosing Among Five Approaches. (USA: Sage Publications.Inc,second edition, 156.
Komarudin Hidayat. (1999). “Menentukan Kembali Struktur Keilmuan Islam (Pengantar)”. Dalam Fuadudin dan Cik Hasan Bisri, (Ed), Dinamika Pemikiran Islam di Perguruan Tinggi: Wacana tentang Pendidikan Agama Islam. (Jakarta: Logos).
Koran Kompas, Kamis 5 November 2015 halaman 11.
Lexy J Moeloeng. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosda Karya), 3.
Mardi Lestari. (2017). Restrukturisasi Pendidikan Awal Perdamaian di Sekolah”, Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling, 1: 1, 267-279.
Mawajdeh, Baker. (2017) “The Culture of Peace and the Prevention of Terrorism from the Perspectives of Islamic Education and the United Nations”, Journal of Education and Practice, ISSN 2222-1735 (Paper) ISSN 2222-288X (Online) Vol.8, No.1, 2017.
Mut, “Sekolah Tanamkan Nilai Budaya Damai”, Media Indonesia, Kamis 23 Juni 2016, tersedia di http://mediaindonesia.com/read/detail/52589-sekolah-tanamkan-nilai-budaya-damai.
Nasution, Harun.1985. Islam Ditinjau Dari Berbagai Aspeknya, Jilid I, Jakarta: UI Press.
Nkama, Chinyere L. (2017). Global Culture of Peace: Gender Perspective. International Journal of Humanities and Social Science, Vol. 7, No. 2; 233.
Siswanto. (2010). Model Pengembangan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, Vol.26, No. 2.
Tim Penulis FKUB. (2009). Kapita Selekta Kerukunan Umat Beragama, Semarang: FKUB.
Tohirin. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konsling Jakarta: RajaGrafindo, 3.
Yusuf, Hanna Onyi, “Promoting Peaceful Co-Existence and Religious Tolerance through Supplementary Readers and Reading Comprehension Passages in Basic Education Curriculum”, International Journal of Humanities and Social Science, Vol. 3 No. 8 [Special Issue
Giantara, F., & Astuti, A. (2020). Kemampuan Guru Matematika Mempertahankan Substansi Materi Melalui Proses Pembelajaran Online. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 787-796.
Nahwiyah, S., Mualif, A., Haironi, R., Mailani, I., & Wismanto, W. (2023). Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau. Journal on Education, 5(3), 9573-9583.
Mujtahid, I. M., Berlian, M., Vebrianto, R., Thahir, M., & Irawan, D. (2021). The development of digital age literacy: A case study in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1169-1179.
Nopriyanti, W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 001 Pasar Baru Pangean. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 2(2), 184-201.
Giantara, F., Yanti, N., Handayani, S., & Anis, Y. (2020). Pola Pendidikan keluarga Saat Bencana Kabut Asap di Kota Pekanbaru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 778-786.
Giantara, F. (2020). Analisis Data (Kualitatif, Kuantitatif, Metode Campuran, dan Penelitian Tindakan). Pekanbaru: LPPM STAI Diniyah Pekanbaru.
Berlian, M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Development of Webtoon Non-Test Instrument as Education Media. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 185-192.
Amiliya, R., & Giantara, F. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 116-125.
Giantara, F., & Amiliya, R. (2021). Urgensi Kebijakan Pendidikan Islam sebagai bagian dari Kebijakan Publik (Analisis Teoretis). Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 86-96.
Radeswandri, R., Budiawan, A., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Developing instrument to measure the use of online comic as educational media. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(1), 119-126.
Berlian, M., Mujtahid, I. M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Profil Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Era Covid-19: Studi Kasus di Universitas Terbuka. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 77-84.
Syahbudin, Z., Ahmad, R. R. M. R., Zein, N., & Thahir, M. (2023). Developing Students’religious Moderation Through Group Counseling at Islamic Higher Education. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 15-28.
Amri, K., Riyantini, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Starategi Pengembangan Mutu dan Akreditasi Di Madrasah Dalam Menghadapi Revolusi 5.0. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 172-182.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.