Optimalisasi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam di Perguruan Tinggi Swasta: Suatu Pendekatan Pengembangan Keilmuan
DOI:
https://doi.org/10.24014/af.v22i2.29219Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang pengembangan keilmuan program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam di perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta dengan studi kasus di 3 (tiga) perguruan tinggi, yaitu Universitas Islam Internasional Darullughah Wadda’wah, Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon, dan Universitas PTIQ Jakarta. Dipilihnya program studi tersebut karena keberadaannya sebagai program studi “tua” dan unggulan di Fakultas Dakwah namun memiliki peminat yang sedikit. Terlebih keberadaan ketiga universitas tersebut masih sangat belia sehingga perlu menata struktur keilmuan yang multi disipli sebagai bagian dari universitas. Oleh sebab itu, pertanyaan yang mucul adalah eksistensi keilmuan program studi KPI ketika menjadi Universitas Islam Swasta, peluang dan tantangan pengembangan keilmuan program studi KPI pada Universitas Islam Swasta, dan langkah strategis pengembangan keilmuan program studi KPI pada Universitas Islam Swasta. Sebagai penelitian lapangan yang kualitatif-deskriptif, maka kesimpulan yang dicapai adalah: pertama, keilmuan prodi KPI di tiga universitas tersebut telah dilakukan secara integratif antara ilmu dakwah klasik dan modern dengan pelibatan media yang terus berkembang. Kedua, kurikulum yang dibuat secara flesibel dengan tetap menyapa dinamika industri media dan kebutuhan dakwah yang terus berubah. Kurikulum telag dirancang untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi terkini. Ketiga, penggunaan teknologi diakui sebagai alat efektif dalam proses pembelajaran, dakwah, dan penyiaran Islam, kentati perguruan tinggi tersebut memiliki basis di pondok pesantren.References
Abdullah, M. Amin. (2020). Paradigma Pendidikan Islam. Jakarta: Prenada Media Group.
Fernanda, L. A., & Lestari, L. (2018). Implementasi Peraturan Menteri Kesehatan Ri Nomor 2581/Menkes/Per/Xii/2011 Tentang Petunjuk Teknis Pelayanan Kesehatan Dasar Jaminan Kesehatan Masyarakat. Jurnal Dimensi, 7(2), 393-405.
Freeman, R., Miller, D., & Newcomer, L. (2015). Integration of academic and behavioral MTSS at the district level using implementation science. Learning Disabilities: A Contemporary Journal, 13(1), 59-72.
Hasan, Noorhaidi. (2016). Lembaga Pendidikan Tinggi Islam Swasta di Indonesia: Sejarah, Perkembangan, dan Dinamika. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Ismail, M. T., & Haryanto, J. T. (2022). Tazkiyah sebagai Epistemologi Irfani: Perspektif Wahiduddin Khan tentang Spiritualitas Perdamaian. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, dan Tradisi), 8(1), 49-64.
Kaelan, H. (2010). Metode Penelitian Agama Kualitatif Interdisipliner. Yogyakarta: Paradigma.
Masyitoh, D. (2020). Amin Abdullah dan paradigma integrasi-interkoneksi. JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora), 4(1), 81-88.
Minhaji, A., & Ahmad, K. B. (2003). Transformasi IAIN Menuju UIN: Sebuah Pengantar,” dalam Jarot Wahyudi dkk. Menyatukan Kembali Ilmu-ilmu Agama dan Umum (Upaya mempersatukan Epistemologi Islam dan Umum).
Priyanda, R., Agustina, T. S., Ariantini, N. S., Rusmayani, N. G. A. L., Aslindar, D. A., Ningsih, K. P., ... & Wicaksono, D. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Sukoharjo: Pradina Pustaka.
Qodir, Zuly Qodir. (2018). Media Dakwah: Perspektif Komunikasi Islam. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.
Rohidi, Tjetjep. (2020). Teori Komunikasi Islam. Jakarta: Prenada Media Group.
Sukamad, S., Sulistiyo, U., & Yanto, Y. (2024). Implementation of Al-Qur'an Integration in the Teaching and Learning Process. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 278-295.
Suryawan, I. G., & Sutama, I. W. (2020). Implikasi Peraturan Menteri Agama Nomor 56 Tahun 2014 Terhadap Perkembangan Pasraman. Widya Sandhi, 11(2), 95-110.
Suyanto, Bagong. (2017). Ilmu Komunikasi Islam: Sebuah Pengantar. Jakarta: Prenada Media Group.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910.
Yusuf, Syamsu. (2015). Islam dan Komunikasi: Dimensi Kajian, Perspektif, dan Model Komunikasi Islam. Jakarta: Prenada Media Group.
Zamroni, M. (2015). Epistemologi Dan Rumpun Keilmuan Komunikasi Penyiaran Islam. Informasi, 45(1), 73-86.
Zulkifli. (2019). Metode Penelitian Komunikasi Islam. Yogyakarta: Diva Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.