Optimalisasi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam di Perguruan Tinggi Swasta: Suatu Pendekatan Pengembangan Keilmuan

Authors

  • Siti Mahmudah Noorhayati Institut Agama Islam Nasional Laa Roiba Bogor
  • Zakiyah Muhammad Djamil STAI Al-Barokah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.24014/af.v22i2.29219

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengembangan keilmuan program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam di perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta dengan studi kasus di 3 (tiga) perguruan tinggi, yaitu Universitas Islam Internasional Darullughah Wadda’wah, Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon, dan Universitas PTIQ Jakarta. Dipilihnya program studi tersebut karena keberadaannya sebagai program studi “tua” dan unggulan di Fakultas Dakwah namun memiliki peminat yang sedikit. Terlebih keberadaan ketiga universitas tersebut masih sangat belia sehingga perlu menata struktur keilmuan yang multi disipli sebagai bagian dari universitas. Oleh sebab itu, pertanyaan yang mucul adalah eksistensi keilmuan program studi KPI ketika menjadi Universitas Islam Swasta, peluang dan tantangan pengembangan keilmuan program studi KPI pada Universitas Islam Swasta, dan langkah strategis pengembangan keilmuan program studi KPI pada Universitas Islam Swasta. Sebagai penelitian lapangan yang kualitatif-deskriptif, maka kesimpulan yang dicapai adalah: pertama, keilmuan prodi KPI di tiga universitas tersebut telah dilakukan secara integratif antara ilmu dakwah klasik dan modern dengan pelibatan media yang terus berkembang. Kedua, kurikulum yang dibuat secara flesibel dengan tetap menyapa dinamika industri media dan kebutuhan dakwah yang terus berubah. Kurikulum telag dirancang untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi terkini. Ketiga, penggunaan teknologi diakui sebagai alat efektif dalam proses pembelajaran, dakwah, dan penyiaran Islam, kentati perguruan tinggi tersebut memiliki basis di pondok pesantren.

Author Biographies

Siti Mahmudah Noorhayati, Institut Agama Islam Nasional Laa Roiba Bogor

Zakiyah Muhammad Djamil, STAI Al-Barokah Sukabumi

References

Abdullah, M. Amin. (2020). Paradigma Pendidikan Islam. Jakarta: Prenada Media Group.

Fernanda, L. A., & Lestari, L. (2018). Implementasi Peraturan Menteri Kesehatan Ri Nomor 2581/Menkes/Per/Xii/2011 Tentang Petunjuk Teknis Pelayanan Kesehatan Dasar Jaminan Kesehatan Masyarakat. Jurnal Dimensi, 7(2), 393-405.

Freeman, R., Miller, D., & Newcomer, L. (2015). Integration of academic and behavioral MTSS at the district level using implementation science. Learning Disabilities: A Contemporary Journal, 13(1), 59-72.

Hasan, Noorhaidi. (2016). Lembaga Pendidikan Tinggi Islam Swasta di Indonesia: Sejarah, Perkembangan, dan Dinamika. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ismail, M. T., & Haryanto, J. T. (2022). Tazkiyah sebagai Epistemologi Irfani: Perspektif Wahiduddin Khan tentang Spiritualitas Perdamaian. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, dan Tradisi), 8(1), 49-64.

Kaelan, H. (2010). Metode Penelitian Agama Kualitatif Interdisipliner. Yogyakarta: Paradigma.

Masyitoh, D. (2020). Amin Abdullah dan paradigma integrasi-interkoneksi. JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora), 4(1), 81-88.

Minhaji, A., & Ahmad, K. B. (2003). Transformasi IAIN Menuju UIN: Sebuah Pengantar,” dalam Jarot Wahyudi dkk. Menyatukan Kembali Ilmu-ilmu Agama dan Umum (Upaya mempersatukan Epistemologi Islam dan Umum).

Priyanda, R., Agustina, T. S., Ariantini, N. S., Rusmayani, N. G. A. L., Aslindar, D. A., Ningsih, K. P., ... & Wicaksono, D. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Sukoharjo: Pradina Pustaka.

Qodir, Zuly Qodir. (2018). Media Dakwah: Perspektif Komunikasi Islam. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.

Rohidi, Tjetjep. (2020). Teori Komunikasi Islam. Jakarta: Prenada Media Group.

Sukamad, S., Sulistiyo, U., & Yanto, Y. (2024). Implementation of Al-Qur'an Integration in the Teaching and Learning Process. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 278-295.

Suryawan, I. G., & Sutama, I. W. (2020). Implikasi Peraturan Menteri Agama Nomor 56 Tahun 2014 Terhadap Perkembangan Pasraman. Widya Sandhi, 11(2), 95-110.

Suyanto, Bagong. (2017). Ilmu Komunikasi Islam: Sebuah Pengantar. Jakarta: Prenada Media Group.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910.

Yusuf, Syamsu. (2015). Islam dan Komunikasi: Dimensi Kajian, Perspektif, dan Model Komunikasi Islam. Jakarta: Prenada Media Group.

Zamroni, M. (2015). Epistemologi Dan Rumpun Keilmuan Komunikasi Penyiaran Islam. Informasi, 45(1), 73-86.

Zulkifli. (2019). Metode Penelitian Komunikasi Islam. Yogyakarta: Diva Press.

Downloads

Published

2023-12-31