Respon Sosiologis dalam Tafsir Nusantara (Kajian terhadap Tafsir Rahmat Karya H. Oemar Bakry)
DOI:
https://doi.org/10.24014/af.v23i1.31834Abstract
Upaya interpretasi terhadap teks-teks keagamaan terutama Al-Qur’an adalah usaha yang tidak kenal henti. Wahyu tidak pernah dipahami sama dari waktu-kewaktu, melainkan ia selalu menyelaraskan dengan realitas sosiologis yang ada. Rahim ulama Nusantara telah melahirkan berbagai karya tafsir yang memperkaya khazanah ruang keilmuan keagamaan, salah satunya adalah Tafsir Rahmat karya H. Oemar Bakry yang dikategorikan termasuk dalam karya tafsir periode kontemporer. Tutur Bahasa yang unik dibalut dengan adaptasi terhadap perkembangan ilmu yang lebih modern, tafsir ini berusaha memberikan respon terhadap realitas sosial yang ada. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hal tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan menggunakan sumber-sumber kepustakaan sebagai teknik pengumpulan datanya. Data diperoleh dari berbagai literatur berupa hasil penelitian sebelumnya, kajian pada artikel ilmiah dan buku-buku yang berkaitan dengan tema kajian yang selanjutnya disusun dan dianalisis dengan pendekatan content analysist. Dari penelitian ini ditemukan bahwa H. Oemar Bakry menjadikan Tafsir Rahmat sebagai sarana untuk merespon fenomena sosial yang ada baik dalam lingkup lokal maupun global, utamanya berkenaan dengan penekanan urgensitas moralitas Masyarakat dalam pergaulan, berorganisasi, bernegara, sebagai pelaku ekonomi dan sebagainya.References
Anisa Nilam Cahya. (2023). MODEL REPRESENTASI KONTEMPORER: Studi Pemikiran Oemar Bakry Terhadap Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Jurnal Moderasi: the Journal of Ushuluddin and Islamic Thought, and Muslim Societies, Vol. 3(No. 2).
Anwar, M. K., & Hasanudin, F. F. (2022). Analisis Pemikiran Oemar Bakry Tentang Politik Pergerakan Dalam Tafsir Rahmat. Jurnal Maqosid, 10(01), 12–20.
Arifin, M. Z. (2018). Aspek Lokalitas Tafsir Fai al-Rahman Karya Muhammad Sholeh Darat. MAGHZA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 3(1), 14–26. https://doi.org/10.24090/maghza.v3i1.1951
Azizurrochim, & Khanafi, M. I. S. Al. (2023). KARYA M . QURAISH SHIHAB ( KAJIAN AL-QUR ’ AN DENGAN Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung kehidupan . Sehingga agamalah yang membantu manusia untuk menyelesaikan segala Hubungan manusia dengan tuhan pasti dengan cara sembahyang , yakni dengan c. Al-Shamela" Journal of Quranic dan Hadith Studies, 1(1), 54–69.
Baidan, N., & Aziz, E. (2019a). Metodologi Khusus Penelitian Tafsir. Pustaka Pelajar.
Baidan, N., & Aziz, E. (2019b). Perkembangan Tafsir Al-Qur’an di Asia Tenggara. Pustaka Pelajar.
Bakry, O. (1984). Tafsir Rahmat. Mutiara.
Daiyan, A. (2021). Lokalitas tafsir Rahmat Karya H. Oemar Bakry. Junal At-Tahfizh: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 5(01), 70–87.
Federspiel, H. M. (1994). Kajian Al-Qur’an di Indonesia. Mizan.
Gusmian, I. (2015). Tafsir Al-Qur’an Di Indonesia: Sejarah Dan Dinamika. Nun: Jurnal Studi Alquran dan Tafsir di Nusantara, 1(1). https://doi.org/10.32495/nun.v1i1.8
Hartono, & Islamiyah, U. H. (2020). Archipelago Qur ’ an Interpretation Embryo in the Classical Era. Islam Universalia - International Journal of Islamic Studies and Social Sciences, 2(1).
Igisani, R. (2018). Kajian Tafsir Mufassir di Indonesia. Potret Pemikiran, 22(1). https://doi.org/10.30984/pp.v22i1.757
Jamal, K. (2017). Wawasan Keindonesiaan dalam Tafsir Al-Qur’an Al-Karim Karya Mahmud Yunus. Al-Fikra; Jurnal Ilmmiah Keislaman, 16(1), 28–44.
Latif, A. (2020). Spektrum Historis Tafsir Al-Qur’an Di Indonesia. TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 18(1), 105–124. https://doi.org/10.30631/tjd.v18i1.97
Putra, A., Jamal, K., & Fatah, N. (2019). Offiside Kesetaraan Gender (Kritik Terhadap Liberasi Kesetaraan Gender Perspektif Al-Qur’an). An-Nida’, 43(1), 35–54. https://doi.org/10.24014/an-nida.v43i1.12313
Rafiqul Huda Siregar, & Safuan, M. (2022). Krakteristik Tafsir Nusantara Dalam Kitab Tafsir Al-. PERADA; Jurnal Studi Islam Kawasan Melayu, 5(1), 41–52.
Rahayu, F., & Sartika, E. (2024). Konsep Poligami Menurut Oemar Bakry. Al Muhafidz: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 4(1), 84–101. https://doi.org/10.57163/almuhafidz.v4i1.92
Rohman, M. M., Sinaga, J., Yuliawati, Asmara, A., Musa, T. P. S., Ramadhan, A. R., Yustitia, V., Agit, A., Suhendi, Hidayati, N., Dewi, N. P. S., Sukandi, P., & Saputri, P. S. (2023). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (H. Fernanda (ed.); Vol. 6, Nomor November). PT Penamuda Media.
Rusmana, D., Amalia Kamal, N., & Yusuf Alamsyah, M. (2021). Karakteristik Tafsir Madrasi Karya H. Oemar Bakri Dan Penggunaannya Pada Kurikulum Kmi Darussalam Gontor Putri. Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir, 6(1). https://doi.org/10.15575/al-bayan.v6i1.13999
Saifullah, M. (2019). Kritik Oemar Bakry Terhadap Terjemahan H.B. Jassin: Studi Atas Polemik Terjemahan Al-Qur’an di Indonesia. Suhuf: Jurnal Pengkajian Al-Qur’an dan Budaya, 12(2), 347–371. https://jurnalsuhuf.online/index.php/suhuf/article/view/480/198
Sakni, A. S. (2013). Model Pendekatan Tafsir Dalam Kajian Islam. Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, dan Fenomena Agama, 14(2), 65. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/JIA/article/view/469
Solihin, E. K. N. I. S. I. (2018). Tafsir Qur ’ an Berbahasa Nusantara ( Studi Historis terhadap Tafsir Berbahasa Sunda , Jawa dan Aceh ) Tafsir Qur ’ an Berbahasa Nusantara Pendahuluan Sejak abad ke-19 M , tafsir al- Quran lengkap telah ditulis di Jawa. Al-Tsaqafa: Jurnal Peradaban Islam, 15(2), 181–196.
Wahyu Ari, A. W. (2020). Sejarah Tafsir Nusantara. Jurnal Studi Agama, 3(2), 113–127. https://doi.org/10.19109/jsa.v3i2.5131
Zaiyadi, A. (2018). Lokalitas Tafsir Nusantara: Dinamika Studi al-Qur’an di Indonesia. Al-Bayan: Jurnal Ilmu al-Qur’an dan Hadist, 1(1), 01–26. https://doi.org/10.35132/albayan.v1i1.1
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.