PENERAPAN MENTAL KOGNITIF ISLAM DAN PSIKOSOSIAL ISLAM DALAM MENCEGAH PERILAKU LGBT PADA REMAJA MUSLIM PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.24014/af.v16i1.3648Keywords:
LGBT, Kognitif Islam, RemajaAbstract
Penelitian bertujuan untuk Membantu remaja dalam menemukan jati dirinya sebagai remaja muslim dalam bentuk peningkatkan pengetahuan remaja tentang bahaya LGBT sehingga remaja dapat mencegah dirinya dari pengaruh LGBT melalui sikap yang tepat terhadap LGBT dan pada akhirnya Meningkatkan asertivitas dalam menolak ajakan LGBT. Kelompok sasaran antara yang strategis dalam kegian ini adalah siswa SMU di Pekanbaru. Pemilihan kelompok ini karena siswa SMU sering menjadi sasaran bagi pelaku LGBT dalam mencari pasangan yang masih muda. Selain itu, siswa SMU yang sudah mengikuti pelatihan diharapkan dapat menyebarkan ilmu pengetahuan yang dimilikinya kepada teman sesama remaja lainnya. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan tingkat pengetahuan LGBT antara pretest dan posttest (Z-test=-3,276 dengan p<0.05). Pengetahuan LGBT meningkat setelah mengikuti pelatihan . Artinya, pelatihan mental kognitif dan psikososial Islam efektif untuk mengingkatkan pengetahuan partisipan tentang LGBT.References
APA. 2006. Answers to Your Questions About Transgender Individuals and Gender Identity. Washington, DC: APA.
Anwar, K. 2014. Pengaruh Mental Kognitif Islam dan Amalan Sunnah melalui Psikososial Islam dan Estim Kendiri terhadap Kawalan Diri dalam Kalangan Pesalah Laku Remaja di Malaysia. Disertasi. Malaysia: Fakultas Sains dan Sosial Kemanusiaan, UKM
Azwar, S. 2002. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Curwen, B. & Ruddel.P. 2011. Psikoterapi dan Konseling Perilaku. Dalam Editor Palmer. 2011. Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kusuma, P.A. 2012. Konflik Diri dan Persepsi Homoseksual (Lesbian) Terhadap Nilai-nilai Spiritual. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Marini, L & Andriani, E. 2005. Perbedaan Asertivitas Remaja ditinjau dari Pola Asuh Orangtua. Psikologia, 1 (2), 46-53.
Mastuti, R.E., Winarno, R.D., & Hastuti, L.W. 2012. Pembentukan Identitas Orientasi Seksual pada Remaja Gay. Kajian Ilmiah Psikologi, 2 (1), 194-197.
Oetomo, D., Suvianita, K., Halim, K.S.S., Liang, J., Soeparna, S., & Surahman, L. 2013. Hidup Sebagai LGBT di Asia: Laporan Nasional Indonesia. Bali: USAID.
Papali, D.E., Old, S.W. & Feldman, R.D. 2010. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Gorup.
Public Health Agency of Canada. 2013. Population-Specific HIV/AIDS Status Report. Gay, Bisexual, Two-Spirit and Other Men Who Have Sex With Men. Kanada: Public Health Agency of Canada.
Republika. 2016. MUI Telusuri Masuknya Aliran Sesat dan LGBT. Dunia Islam. Republika.co.id.
Republika. 2016. Pakar: DSM IV Rujukan LGBT Berlakunya di Amrika Saja. Republika.co.id.
Shadish, W., Cook, T. & Campbell, D. (2002). Experimental. & Quasi-Experimental Designs for Generalized Causal. Inference. Boston: Houghton Mifflin.
Shihab, Q. (2001). Tafsir Al-Mishbah, Volume 5. Jakarta: Lentera Hati.
Sindonews.com. 2016. Daftar Negara Yang Melegalkan Pernikahan Sejenis dan LGBT. http://lifestyle.sindonews.com/read/1082855/166/daftar-negara-yang. melegalkan-pernikahan-sejenis-dan-lgbt-1454594358/1.
Suicide Prevention Resource. 2008. Suicide Risk and Prevention for Lesbian, Gay, Bisexual, and Transgender Youth. Newton, MA: Education Development Center. Inc.
Syari'ati, A. 1995. Islam Mazhab Pemikiran dan Aksi. Bandung: Penerbit Mizan.
Suharyat, Y. 2009. Hubungan Antara Sikap, Minat, dan Perilaku Manusia. Region, 1 (3), 1-19. 1
Szymanska, K. & Palmer. S. 2011. Psikoterapi dan Konseling Kognitif. Dalam Editor Palmer. 2011. Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Williams, C. 2000. Being Assertive. Dr C J Williams and University of Leeds Innovations Ltd (ULIS).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.