IDEOLOGI DAN MORALITAS KEPENDIDIKAN ISLAM: Suatu Telaah Filosofis Arah Bangun Pendidikan Islam dalam Paradigma Pembebasan

Authors

  • Muhmidayeli Muhmidayeli UIN sultan syarif kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.24014/af.v2i1.3705

Keywords:

Filosofis, Pindidikan Islam

Abstract

Pendidikan berkenaan dengan keyakinan akan eksistensitas pengembangan sifat-sifat hakiki kemanusian yang sarat dengan nuansa moral. Dalam perkembangannnya kemudian, terutama setelah pendidikan telah menjadi sebuah ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri, para cendikiawan  mengelompokkannya kepada dua aliran besar, yaitu konservativisme dan liberalisme, kendatipun realitas sejarah menunjukkan bahwa aliran konservatif pun sesungguhnya adalah  liberal pada masanya, bahkan yang diakui sebagai liberalisme saat ini  juga akan menjadi konservatif dikemudian hari, sesuai dengan kondisi historisitas manusia sebagai subjek ayang terus berkembang dan berproses.

Published

2017-07-26