Reorientasi Nilai-Nilai Sekolah dalam Lintas Sejarah Manusia
DOI:
https://doi.org/10.24014/af.v9i2.3829Keywords:
Nilai, Sekolah Sejarah ManusiaAbstract
Sekolah seringkali menjadi "hantu" bagi sebagian peserta didik. Karena perlakuannya yang terkadang melupakan aspek-aspek nilai dan spritualitas peserta didik itu sendri. Tulisan ini, merupakan hasil tela'ahan terhadap nestapa itu dan sekaligus melihat alternative lain dengan mengajukan spritualitas dan batiniah peserta didik sebagai basis pengembangan pendidikan.References
Abdullah,. M. Amin, The Idea of Universality of Ethical Norms in Ghazali and Kant, (Ankara: Turkiye Diyanet Vakfi Yayinlari, 1992).
al-Attas, Syed Naquib, A Commentary on The Hujjat al-Shiddiq of Nur al-Din al-Raniri, (Kualalumpur: Kementrian Kebudayaan, 1986).
_________, Intuition of Existence: A Fundamental Basis of Islamic Metaphisics, (Kualalumpur : ISTAC, 1990).
Asad, Muhammad, The Message of The Qur’an, (Gibraltar: Dar al-Andalus, 1980).
Barnadib, Filsafat Pendidikan: Sistem dan Metode, (Yogyakarta: Andi Ofset, 1994).
Danah Zohar dan Ian Marshal, SQ: Memanfaatkan Kecerdasan Spritual dalam Berfikir Integralistik dan Holistik untuk memahami Hidup (trj) (Bandung : Mizan, 2000).
Danusiri, Epistemologi dalam Tasawuf Iqbal, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996).
Hanafi, Ahmad, Theologi Islam, (Jakarta: Bulan Bintang, 1989).
Hadiwijono, Harun, Sari Sejarah Filsafat Barat, (Yogyakarta: Kanisius, 1992).
Hitami, Munzir, Mengonsep Kembali Pendidikan Islam, (Pekanbaru: Infinite, 2004).
Hidayat, Komaruddin, “Manusia dan Proses Penyempurnaan Diri” dalam Budhy-Munawar Rahman (ed). Kontekstualisasi Doktrin Islam dalam Sejarah, (Jakarta: Paramadina, 1995).
Iqbal, Muhammad, The Recontruction of Religiou Thought in Islam, (New Delhi: Kitab Bhavan, 1981).
Jalaluddin dan Abdullah Idi, Filsafat Pendidikan, (Jakarta: media pratama, 1997).
Jauhari, Imam Chanafie, Hermeneutika Islam ; Membangun Peradaban Tuhan di Pentas Global, (Yogyakarta: Ittaqa Press, 1999).
Kattsoff, L. O., Pengantar Filsafat, (terj), (Yogyakarta: Tiara Wacana, 1987).
Kuntowijoyo, “Krisis Kebudayaan ; Kesenjangan Antara Kesadaran dan Prilaku” dalam Republika, edisi Rabu 16 Desember 1998.
Kartanegara, Mulyadi, Panorama Filsafat Islam. ; Sebuah Refleksi Aoutobiografi, (Bandung: Mizan, 2002).
Muhammad Amin, Mieska, Apistemologi Islam, (Jakarta: UI Press, 1983).
M. Rusli Karim, “Pendidikan Islam di Indonesia Dalam Transformasi Sosial Budaya” dalam Syafi’i Ma’arif dkk, Pendidikan Islam di Indonesia: Antara Cita dan Fakta, (Yogyakarta: Tiara Wacana, 1991).
Nor Wan Daud, Wan Mohd, Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam (terj). (Bandung: Mizan, 2003).
Nasr, Sayyed Hussein, Tasawuf Dulu dan Sekarang. (trj) (Jakarta: Pustaka Firdaus, 1991).
_________, Three Muslim Sages, (Cambridge: Harvard University Press, 1969).
_________, (ed), Ensiklopedi Tematis ; Spritualitas Islam, (trj), (Bandung: Mizan, 2002).
_________, Islam ; Antara Cita dan Fakta, (trj). (Yogyakarta: Pusaka, 2001).
_________, Spritualitas dan Seni Islam, (terj.), (Bandung: Mizan, 1993).
Nasution, Harun, Islam Rasional: Gagasan dan Pemikiran, (Bandung: Mizan, 1995).
Paul Suparno dkk., Reformasi Pendidikan: Sebuah Rekomendasi, (Yogyakarta: Kanisius, 2002).
Roem Topatimasang, Sekolah Itu Candu, (Yokyakarta: Pustaka Pelajar, 1998).
Shimogaki, Kazuo, Kiri Islam Antara Modenisme dan Postmodernisme ; Telaah Kritis atas Pemikiran Hasan Hanafi, (terj.), (Yogyakarta: LkiS, 1993).
Saiyidain, K.G., Iqbal’s Education Philosophy, (Lahore: Muhammad asyraf, 1990).
Sudjatmoko, “Pembangunan Sebagai Proses Belajar” dalam Sudjatmoko dkk, Masalah Sosial Budaya Tahun 2000, (Yogyakarta: Tiara Wacana, 1986).
Sindhunata, “Pendidikan Meningkatkan Ketidakadilan” dalam Kompas, No. 07 – 08, Tahun ke-51, Juli – Agustus 2002.
Shadr, Muhammad Baqir, Falsafatuna. (Bandung: Mizan, 1992).
Shihab, M. Quraish, Wawasan al-Qur’an: Tafsir Maudhu’i Atas Berbagai Persoalan Umat, (Bandung: Mizan, 1996).
Syaukani, Omar Muhammad al-Taumi, Falsafah Pendidikan Islam, (terj.). (Jakarta: Bulan Bintang, 1979).
WM, Abdul Hadi, “Semangat Profetik dalam Sastra Sufi dan Jejaknya dalam Sastra Modern” dalam Horison, no 6, tahun XXII, Juni 1998
Zayyin, Muhammad Husny, Mantiq Ibn Taymiyyah wa Manhayjuh al-Fikr, (Beirut: al-Maktabah al-Islami, 1979).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.