PENDIDIKAN AFEKTIF DALAM PERSPEKTIF HASAN LANGGULUNG
DOI:
https://doi.org/10.24014/af.v12i1.3862Keywords:
PendidikanAbstract
Dunia pendidikan di Indonesia saat ini telah menghadapi problem yang sangat kompleks. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya kualitas pendidikan dari beberapa indikator diantaranya lulusan sekolah dan Perguruan Tinggi yang belum siap memasuki dunia kerja, sikap kalangan eksekutif, yudikatif dan legislatif yang kurang peduli terhadap permasalahan negeri ini. Permasalahan di atas dikarenakan pendidikan yang ditawarkan di sekolah-sekolah masih mementingkan aspek kognitif. Padahal ada aspek lain yang penting untuk dididik yaitu aspek afektif. Rumusan masalah dalam tulisan ini adalah bagaimana pendidikan afektif menurut Hasan Langgulung. Tulisan ini mempokuskan objek kajiannya pada sumber-sumber teoretis. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi, dan teknik analisis data dengan menggunakan content analiysis dengan cara deskriftif analitik. Pendidikan afektif menurut Hasan Langgulung dapat dilakukan di lingkungan keluarga dan sekolah dengan metode pembiasaan, amsal/contoh, keteladanan, suruhan, pengawasan, bimbingan, dan latihanReferences
An-Nahlawi, Abdurrahman Ushul at-Tarbiyah al-Islamiyah wa asalibuha Damaskus : Dar al-fikr, 1988.
Al-Toumy al-Syaibany, Omar Muhammad, Falsafah Pendidikan Islam, Terj Hasan Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang, 1979
Indonesia Educational Statistic in Brief 2000/2001: Balitbang Depsiknas dikutif dari harian Media Indonesia, 28 Maret 2011
Kunandar, Guru Propesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Dalam Sertifikasi Guru, Jakarta : Rajawali Press, 2007
Langgulung Hasan, Manusia dan pendidikan suatu analisa psikologi dan pendidikan, Jakarta : al-husna Zikra, 1996.
______________, Beberapa Aspek Pendidikan ditinjau dari segi Islam, Kuala Lumpur Dewan Masyarakat, 1997.
_____________, Beberapa pemikiran tentang pendidikan Islam, Bandung : al-Maa’arif, 1980.
_____________, Asas-asas Pendidikan Islam , Jakarta : Pustaka al-Husna Baru, 2003.
_____________, Pendidikan Islam Abad 21, Jakarta: Pustaka al-Husna Baru, 2003.
_____________, Kreativitas dan Pendidikan Islam Analisa Psikologi dan Falsafah, (Jakarta : Pustaka al-Zikra, 1991.
______________,, Pendidikan Peradaban Islam Jakarta : Pustaka al-Husna, 1985
________________, Teori-teori kesehatan mental, Jakarta: al-Husna Zikra, 1986.
Nata, Abuddin, ,Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, Segi Kajian Filsafat Pendidikan Islam,( Jakarta : Grafinso Persada, 2003.
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta:Kencana Prenada Media Group, 2007
Tamim, Hasan “ al-Muqaddimah” dalam Tathir al-A’raq, Beirut : Mansyurat Dar al Maktabah al-Hayat, 1398 H
Who’s Who in The Word, 7 Edition 1984-1985, Chicago IIIiniois: Marquis Who’s Who Incorporated, 1984
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.