RANCANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.24014/af.v12i1.3863Keywords:
Rancangan, strategi dan pembelajaranAbstract
Rancangan (design) pembelajaran berkaitan dengan menentukan tujuan pembelajaran, strategi dan teknik untuk mencapai tujuan serta merancang media yang dapat digunakan untuk efektivitas pencapaian tujuan. Mendesain pembelajaran harus diawali dengan studi kebutuhan (need assessment), karena berkenaan dengan upaya untuk memecahkan persoalan (problem soving) yang berkaitan dengan proses pembelajaran siswa dalam mempelajari satu bahan (materi) pembelajaran. Strategi (siyâsat) pembelajaran merupakan seluruh komponen materi pembelajaran dan prosedur atau tahapan aktivitas belajar yang digunakan oleh guru dalam rangka membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran. Dengan demikian, strategi pembelajaran merupakan suatu pendekatan guru terhadap penggunaan informasi, mulai dari pemilihan sumber belajar sampai dengan menetapkan peranan peserta didik dalam pembelajaran.References
Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2009.
Danim, Sudarwan, Media Komunikasi Pendidikan, Pelayanan Profesional Pembelajaran dan Mutu Hasil Belajar, Jakarta : Bumi Aksara, Cetakan III, April 2010.
Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta, Cetakan III, Februari 2006.
Effendy, Onong Uchjana, Psikologi Managemen, Bandung : Alumni, Cetakan II, 1985.
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi, Jakarta : Rajagrafindo Persada, Cetakan IV, 2010.
Muhaimin, Sutiah dan Sugeng Listyo Prabowo, Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada Sekolah Menengah dan Madrasah, Jakarta : Rajawali Pers, 2009.
Munadi, Yudhi, Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru, Jakarta : Gaung Persada Press, Cetakan I, November 2008.
Nata, Abudin, Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta : Kencana, Cetakan I, Oktober 2009.
Nizar, Samsul, Hakekat Manusia dalam Perspektif Pendidikan Islam, Membangun Pola Pendidikan Yang Humanistik, Pekanbaru : Suska Press, Cetakan I, September 2009.
Prawiradilaga, Dewi Salma, Prinsip Disain Pembelajaran, Instructional Design Principles, Jakarta : Kencana, Cetakan II, Januari 2008.
----------------, dkk, Buku Kerja Prinsip Disain Pembelajaran, Instructional Design Principles, Jakarta : Kencana, Cetakan II, Januari 2008.
Rakhmat, Jalaluddin, Psikologi Komunikasi, Bandung : Remadja Karya, Cetakan II, 1980.
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran, Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana, Cetakan VI, Maret 2009.
-------------, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta : Kencana, Cetakan III, 2010.
Supriadi, Dedi, Membangun Bangsa Melalui Pendidikan, Bandung : Remajakarya Rosda, Cetakan II, 2005.
Syafaat, Aat, dan Sarhrani, Sohari, Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Kenakalan Remaja, (Juvenile Delinquency), Jakarta : Rajagrafindo Persada, 2008.
Tafsir, Ahmad, Filsafat Pendidikan Islami, Integrasi Jasmani, Rohani dan Kalbu Memanusiakan Manusia, Bandung : Remaja Rosdakarya, Cetakan III, November 2008.
Tim Prima Pena, Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi terbaru, Jakarta : Gitamedia Press, tt.
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, Landasan dan Implementasinya pada KTSP, Jakarta : Kencana, Cetakan III, September 2010.
Warsita, Bambang, Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya, Jakarta : Rineka Cipta, Cetakan I, Desember 2008.
Wehr, Hans, A Dictionary of Modern Written Arabic, Arabic-English, edited by J.Milton Cowan, Beirut : Maktabah Lubnan, Cetakan IV, 1974.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.