PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DALAM FILSAFAT EKSISTENSIALISME
DOI:
https://doi.org/10.24014/af.v12i2.3864Keywords:
Pengembangan, pendidikan dan filsafat eksistensialismeAbstract
Teori pengembangan sumber daya manusia dalam konteks eksistensialisme sangat menjunjung tinggi adanya asas fundamental yang melekat pada setiap individu. Justru itu, dalam pengembangan sumber daya manusia melalui upaya pendidikan haruslah dengan memberikan jaminan kebebasan (hurriyyah/liberalism) kepada seluruh subjek didik agar dapat berimajinasi dan berkreasi sesuai dengan bakat dan iradahnya. Bagi aliran ini, hanya dengan cara demikianlah subjek didik dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya, sehingga ia mampu menjadi manusia yang mandiri, kreatif, inovatif dan dinamis. Pemberian jaminan ini tentu terdeskripsi dalam keseluruhan sistem kependidikan, baik dalam konteks kurikulum, proses pembelajaran maupun dalam lingkungan pembelajaranReferences
Azra, Azyumardi, Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII M, Mizan : Bandung, Cetakan I, September 1994.
Danim, Sudarwan, Menjadi Peneliti Kualitatif, Bandung : Pustaka Setia, Cetakan I, Desember 2002.
Dewan Redaksi, Ensiklopedi Islam, Jilid 2, Jakarta : Ichtiar Baru van Hoeve, Cetakan IV, 1997.
Effendy, Onong Uchjana, Hubungan Insani (Human Relation), Bandung : Remadja Karya, Cetakan I, 1988.
H.Hart, Michael, The 100, A Ranking fo the Most Influential Persons in History, diterjemahkan oleh Mahbub Djunaidi, Seratus Tokoh Yang Paling Berpengaruh Dalam Sejarah, Jakarta : Pustaka Jaya, Cetakan XI, 1989.
Hadi WM, Abdul, Hamzah Fanshuri, Risalah Tashawuf dan Puisi-Puisinya, Bandung : Mizan, Cetakan I, Juli 1995.
Hadiwojono, Harun, Sari Sejarah Filsafat Barat 2, Yogyakarta : Kanisius, Cetakan V, 1989.
Hamka, Tafsîr al-Azhâr, Singapura: Pustaka Nasional, Cetakan Kelima, 2003, Jilid 6.
Langgulung, Hasan, Pendidikan Islam dalam Abad 21, Jakarta: Pustaka al-Husna Baru, Cetakan III, Oktober 2003
Leahy, Louis, I’homme, ce Mystere, Pour Une Philosophie de I’homme, terjemahan Purnama Sidi, Manusia Sebuah Misteri : Sintesa Filosofis tentang Makhluk Paradoksal, Jakarta : Gramedia, Cetakan II, Juni 1985.
M, Amril, Akhlak Tasawuf, Pekanbaru : PPs UIN Suska dan LSFK2P, Cetakan I, 2007.
---------------, Etika dan Pendidikan, Yogyakarta : LSFK2P, Cetakan I, November 2005.
Madjidi, Busyairi, Konsep Kependidikan Para Filosof Muslim, Yogyakarta : al-Amin Press, Cetakan I, Maret 1997.
Mahmudayeli, et.al., Membangun Paradigma Pendidikan Islam, Pekanbaru, PPs UIN Suska Riau, 2007.
-----------------, Teori-Teori Pengembangan Sumber Daya Manusia, Pekanbaru, PPs UIN Suska Riau dan LSFK2P, 2007.
-----------------, Filsafat Pendidikan, Bandung : Refika Aditama, Cetakan I, Maret 2011.
-----------------, Pemikiran Etika Ibn Miskawaih dan J.J.Rousseau : Studi Perbandingan Filsafat Moral, Pekanbaru : Susqa Press, Cetakan I, 2001.
Nasution, Harun, 1919-1998 M, editor Syaiful Muzani, Islam Rasional : Gagasan dan Pemikiran, Bandung : Mizan, Cetakan I, Dzulhijjah 1415 H/Mei 1995 M.
-----------------, Falsafat Agama, Jakarta : Bulan Bintang, Cetakan VI, 1987.
-----------------, Fasafat dan Mistisisme Dalam Islam, Jakarta : Bulan Bintang, Cetakan II, 1978.
Nizar, Samsul, Hakekat Manusia dalam Perspektif Pendidikan Islam, Membangun Pola Pendidikan Yang Humanistik, Pekanbaru : Suska Press, Cetakan I, September 2009.
Quthb, Sayyid, Fî Zhilâl al-Qur`ân, penerjemah As’ad Yasîn, dkk., Di Bawah Naungan al-Qur`an, Jakarta: Gema Insani Press, Cetakan IV, Oktober 2010, Jilid 7.
Shihab, Quraish, Tafsîr al-Mishbâh: Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur`an, Jakarta: Lentera Hati, Cetakan IV, Oktober 2011, Jilid ke 7.
Tafsir, Ahmad, Filsafat Pendidikan Islami, Integrasi Jasmani, Rohani dan Kalbu, Memanusiakan Manusia, Bandung : Remaja Rosdakarya, Cetakan III, November 2008.
Tim Prima Pena, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Gitamedia Press, ttt..
Titus, Smith dan Nolan, Living Issues in Philosophy, alih bahasa M.Rasyidi, Persoalan-Persoalan Filsafat, Jakarta : Bulan Bintang, Cetakan I, 1984.
Utsman, AK, al-Dirâsat al-Nafsiyyat ’inda al-Muslimîn wa al-Ghazalî Biwâjihin Khâshsh, Qâhirah: Mathba’ah Wahbah, 1963.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.