PENGARUH INOVASI PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
DOI:
https://doi.org/10.24014/jiq.v17i2.10602Keywords:
Inovasi Produk, Harga, dan Keputusan PembelianAbstract
Pada tahun 2011 Kuliner Jagung Super Manis F1 Aina Batuhampar Kab. Lima Puluh Kota mengalami kerugian karena konsumen tidak berminat lagi untuk membeli pergedel dan rebus jagung. Kemudian produsen melakukan inovasi produk. Harga yang ditawarkan F1 Aina lebih tinggi dari kuliner pesaing di sekitar lokasi, namun peminatnya tetap banyak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh inovasi produk dan harga terhadap keputusan pembelian pada Kuliner Jagung Super Manis F1 Aina Batuhampar Kab. Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif pendekatan kuantitatif.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner sebanyak 96 responden, dengan mendapatkan data-data dari konsumen yang berisi tentang pernyataan dari variabel Inovasi Produk, harga dan keputusan pembelian. Teknik analisis data yang digunakan Analisis Regresi Linear Berganda dengan bantuan aplikasi software SPSS 22 (Statistical Product And Service Solutions).Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Inovasi produk secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung (3,955) > ttabel (1,661). Sedangkan harga secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung (1,484) > ttabel (1,661). Secara bersama-sama inovasi produk dan harga berpengaruh pada keputusan pembelian dengan nilai 19,2%.References
Asnawi & Masyhuri. 2011. Metodologi Riset Manajemen Pemasaran. Malang: UIN Maliki Press.
Al Rasyid, Harun dan Agus Tri Indah.2018. Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Perspektif (16)(1): 39-49.
Amir, Taufiq. 2011. Manajemen Strategik (konsep dan aplikasi). Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Basu Swasta dan Hani Handoko. 2010. Manajemen Pemasaran: Analisa dan Perilaku Konsumen. BPFE. Yogyakarta.
Djaslim Saladin. 2003. Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya.
Hendrawan Suroso, Bayu dan Sri Setyo Iriani. 2014. Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Mie Sedaap Cup. Jurnal Ilmu Manajemen(2)(4): 1174-1185
Fandy Tjiptono. 2007. Strategi Pemasaran, Edisi ke dua. Yogyakarta: Andi.
Fandy Tjiptono. 2008. Strategi Bisnis Pemasaran. Andi. Yogyakarta.
Riyono dan Budiharja, Gigih Erlik. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua Di Kota Pati.Jurnal STIE Semarang( 8)(2): 92-121.
Ellitan, Lena dan Lina Anatan. 2007. Manajemen operasi dalam era baru manufaktur .bandung : Alfabeta
Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Ketiga belas. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Priyatno, Duwi. 2014. SPSS 22 Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta: UPP STIM.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.