Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Oleh Guru Bk di SMA Negeri 5 Mataram
Keywords:
Persepsi Siswa, Layanan Bimbingan dan Konseling, Guru BKAbstract
Penelitian ini untuk mengetahui Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Oleh Guru BK di SMA Negeri 5 Mataram. Penelitian ini diharapkan dapat mebantu guru BK dalam mengetahui persepsi siswa terhadap pelaksanaan layanan BK yang telah diberikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMA Negeri 5 Mataram berjumlah 1104 orang dan Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 234 siswa. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan distribusi frekuensi dan persentase dari enam indikator pelaksanaan layanan BK oleh guru BK di SMA Negeri 5 Mataram ditemukan bahawa pada indikator kedisiplinan dan penampilan guru BK dalam kategori baik sebanyak 61,97% . Indikator wawasan BK dalam kategori baik sebanyak 58,55%. Indikator bidang bimbingan dalam kategori baik sebanyak 67,09%. Indikator jenis layanan BK dalam kategori baik sebanyak 66,24%. Indikator kegiatan pendukung BK dalam kategori baik sebanyak 76,50%. Indikator kinerja dan keterampilan guru BK melaksanakan pelayanan BK di sekolah dalam kategori baik sebanyak 70,94%. Berdasarkan enam indikator yang diukur di atas, maka dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan persepsi siswa terhadap pelaksanaan layanan BK oleh guru BK di SMAN 5 Mataram menunjukkan dalam katagori baik yakni dengan sumbangan frekuensi 160 atau 68,38%References
Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian (Ed. Rev. V). Rineka Cipta.
Athiyyatun Najah. (2007). , “Hubungan Antara Persepsi Anak Terhadap Pola Asuh Orang Tua Dengan Prestasi Belajar.” , Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta, 18.
Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (2003). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Balai Penataran Guru Mataram.
Erhamwilda. (2009). Konseling Islami. Graha Ilmu.
Ganita Komalasari, E. W. dan karsih. (2014). Teori dan Teknik Konseling. Indeks.
Latipun. (2001). Psikologi Konseling. UMM Press.
Margono. (2010). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bumi Aksara.
Nana Syaodih Sukmadinata. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosakarya.
Salahudin, A. (2010). Bimbingan dan Konseling. Pustaka Setia.
Sugiyono. (2014). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Suhernan. (2005). Psikologi Kognitif. Srikandi.
Tri Rusmi Widayatun. (2009). Ilmu Perilaku. Sagung Seto.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Al-Ittizaan Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Al-Ittizaan Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Al-Ittizaan Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Al-Ittizaan Journal in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Al-Ittizaan Journal are required to cite the original source, including the author's names, Al-Ittizaan Journal as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Al-Ittizaan Journal the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.