Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Modelling Untuk Meningkatkan Self-Efficacy Mahasantri

Authors

  • Rizky Faridatul Latifah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Febranti Putri Navion Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Keywords:

Self-efficacy, Teknik Modelling, Mahasantri

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berbagai macam permasalahan yang dialami oleh mahasantri. Padatnya kegiatan pesantren, tugas akademik kampus dan hambatan-hambatan lain, dapat menimbulkan kurangnya keyakinan diri untuk melangkah maju sehingga menghambat produktifitas mahasantri. Bimbingan kelompok teknik modelling berperan penting dalam mencapai tujuan untuk melihat seberapa besar tendensi teknik modelling dalam peningkatan self-efficacy mahasantri. Metode yang dipilih adalah kuantitatif eksperimen jenis quasi eksperimental design model nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 20 mahasantri dengan sampel 12 mahasantri dengan self-efficacay sedang dan rendah berdasarkan hasil pre-test yang kemudian dilakukan pembagian kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kontrol. Metode analisis menggunakan uji paired sample t test, uji independent sample t test dan uji N Gain Score. Perolehan hasil menunjukkan pada signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05 dapat diartikan Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat diartikan bimbingan kelompok teknik modelling berpengaruh untuk meningkatkan self-efficacy mahasantri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hidayah Tulungagung.

References

Abimanyu, S. dan T. M. (2006). Teknik Dan Laboratorium Konseling. Depdiknas.

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy The Exercise Of Control. W.H Freeman and Company.

Folastri, S., & Rangka, B. I. (2016). Prosedur Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Panduan Praktis Menyeluruh) (Issue January 2016).

Gunarsa, S. D. (2004). Pskologi Praktis. PT. BPK gunung mulia.

Hurlock, E. B. (2003). Psikologi Perkembangan. Erlangga.

Komalasari, gantina dkk. (2011). Teori dan teknik konseling. PT indeks.

Lestari, I. P. K. (2014). Upaya Meningkatkan Self Efficacy Rendah Terhadap Pemilihan Karir Dengan Konseling Behaviour Teknik Modeling Simbolik Pada Siswa Kelas VIII E Di SMPN N 6 Batang.

Lestari, W. P., & Afifah, D. R. (2016). Pengaruh Self Efficacy Dan Kecerdasan Emosi Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Smk Pgri 1 Madiun. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling. https://doi.org/10.25273/counsellia.v4i2.263

Marsela, I., Rosra, M., & Andriyanto, R. E. (2020). Peningkatan Efikasi Diri melalui Konseling Kelompok Teknik Modeling pada Siswa SMP. ALIBIKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 8(2). jurnal.fkip.unila.ac.id

Navion, F. P. (2016). Lima Metode Teoritik Prestasi Akademik Siswa Kelas Unggulan SMPN Se Kota Malang. 03, 111–120.

Nelson Jones, R. (2011). Teori Dan Praktik Konseling Dan Terapi. Pustaka Pelajar.

Putra, S. A., Daharnis, D., & Syahniar, S. (2013). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Self Efficacy Siswa. Konselor, 2 (2), 1–6. https://doi.org/10.24036/02013221399-0-00

Ramlah. (2018). Pentingnya layanan bimbingan konseling bagi peserta didik. Al-Mau’Izhah, 1(September), 70–76. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/mauizhah/article/download/8/6/

Shihab, M. Q. (2007). Tafsir Al Misbah Jilid 1-15. Lentera Hati.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2021-04-26