Pengaruh Bimbingan Keagamaan Terhadap Perubahan Perilaku Anak
Keywords:
Bimbingan Keagamaan Islam, Perilaku Anak, Norma AgamaAbstract
Perilaku menyimpang atau perilaku yang tidak sesuai dengan norma-norma agama dan Al-Qur’an di kalangan anak-anak Panti Asuhan Fajar Iman Azzahra Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru menjadi isu utama penelitian ini, yang bertujuan untuk menguji bagaimana pengaruh bimbingan keagamaan Islam terhadap perubahan perilaku anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana program SPSS 17.0 For Windows. Teknik pengambilan sampel adalah dengan cara purposive sampling, yaitu teknik penentuan mengambil subjek bukan berdasarkan atas strata, random, atau daerah tetapi didasarkan atas adanya tujuan tertentu dengan jumlah sampling 45 anak. Hasil penelitian ini nilai korelasi variabel X dan Y sebesar 0.014. Berdasarkan analisa data pada Tabel Model Summary bahwa nilai R square 0,82 atau 0,28% berada pada rentang interval 0,00-0,199 dalam kategori sangat rendah. Namun demikian keduanya masih tetap memiliki hubungan dan terdapat adanya pengaruh variabel luar. Jadi berdasarkan hasil penelitian ini, terdapat adanya pengaruh bimbingan keagamaan Islam terhadap perubahan perilaku anak.
References
Andria, T. (2016). Peran bimbingan keagamaan dalam penanggulangan kenakalan remaja. Jurnal Bimas Islam 9(1), 151-206. https://jurnalbimasislam.kemenag.go.id/jbi/article/view/138
Arifin, M. (1994).Pedoman pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan agama. Jakarta: Golden Terayon.
Bluman, A.G. (2017). Elementary statistics: A step by step approach. Boston, MA: McGraw-Hill.
Hasanah, E.U. (2019). Bimbingan keagamaan terhadap kedisiplinan shalat anak di Panti Asuhan Al- Muqaramah Assa Sukabumi Bandar Lampung. Diploma thesis, Program Studi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Raden Intan Bandar Lampung.
Healey, J.F. (2010). The essentials of statistics: A tool for social research. Belmont, CA: Wadsworth.
Hinkle, D.E., Wiersma, W., & Jurs, S. G. (1990). Applied Statistics for the Behavioral Sciences. Belmont, CA: Houghton, Mifflin.
Ihromi, T.O. (1999). Bunga rampai sosiologi keluarga. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Iskandar. (2009). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Jakarta: GP Press.
Mason, E.J., & Bramble, W.J. (2007). Research in education and the behavioral sciences : concepts and methods. IA: Brown and Benchmark.
Nasution, S. (1995). Didaktik asas-asas mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Neuman, W.L. (2017). Social research methods: Qualitative and quantitative approaches. Boston, MA: Allyn and Bacon.
Nurhayanti, S. (2016). Pengaruh bimbingan keagamaan terhadap disiplin shalat berjamaah pada remaja: Penelitian di yayasan Bening Nurani Tanjungsari Sumedang.Diploma thesis, UIN Raden Intan Bandar Lampung.
Pagano, R.R. (2001). Understanding statistics in the behavioral sciences. Belmont, CA: Wadsworth.
Pitoyo, A. (2011). Pengaruh bimbingan keagamaan dalam keluarga terhadap pengamalan ibadah anak di rw 06 Kelurahan Susukan Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang.Unpublished paper, Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga.
Riduwan. (2013). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung:Alfabeta.
Riduwan, Rusyana, A., & Enas. (2013). Cara mudah belajar SPSS 17.0 dan aplikasi statistik penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013).Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sundari, M. (2021). Bimbingan keagamaan bagi anak jalanan di Rumah Singgah Al-Ma’un Kota Bengkulu. Diploma thesis, Program Studi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Al-Ittizaan Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Al-Ittizaan Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Al-Ittizaan Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Al-Ittizaan Journal in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Al-Ittizaan Journal are required to cite the original source, including the author's names, Al-Ittizaan Journal as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Al-Ittizaan Journal the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.