Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kepercayaan Diri Santri Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar
Keywords:
Lingkungan Keluarga, Kepercayaan Diri, SantriAbstract
Kajian ini berangkat dari pandangan bahwa kepercayaan diri salah satu aspek kepribadian yang dianggap penting dalam kehidupan manusia. Menilik gejala yang timbul, ternyata kebanyakan santri mengalami ketidakpercayaan diri. Kepercayaan diri seseorang dapat tumbuh dan berkembang melalui interaksi dengan lingkungan. Lingkungan yang dianggap memiliki peran utama dalam mengembangkan kepribadian dan menciptakan karakter seorang anak yakni keluarga. Sehingga dapat dikatakan perkembangan kepercayaan diri seseorang bermula dari lingkungan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap kepercayaan diri santri Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum Kecamatan Tapung. Model penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian 56 santri Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum yang tingkat MTs dan MA. Untuk Menjawab permasalahan tersebut, penulis mengumpulkan data yang dibutuhkan melalui angket. Kemudian dianalisis secara Regresi Linear Sederhana dengan menggunakan bantuan perangkat koputer melalui aplikasi SPSS versi 17.0 (Statistical Product And Servise Solutions) for windows. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa lingkungan keluarga berpengaruh signfikan terhadap kepercayaan diri, berdasarkan uji hipotesis (Uji Signifikan) ternyata nilai probabilitas α0.05 ≥ Sig (0.05 ≥ 0.006) dengan nilai pengaruh yang diperoleh melalui R Square sebesar 13,2 % dan nilai coeficient 0,364 pada rentang 0,200-0,400 yaitu berpengaruh rendahReferences
Ahmadi, A. (1991). Psikologi Sosial. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Al-Uqshari, Y. (2005). Percaya Diri Pasti. Jakarta: Gema Insani.
Andarmoyo, S. (2012). Keperawatan Keluarga Konsep Teori, Proses dan Praktik Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Darmawati, D. (2015). Hubungan Iklan Politik di Televisi terhadap Minat Memilih Masyarakat dalam Pemilihan Umum Presiden 2014 di Desa Simalinyang RT 30 RW 12 Kabupaten Kampar. Jurnal Dakwah Risalah, 26(3), 109–116.
Ghufron, M. N. (2012). Rini Risnawita S, Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Miftahuddin, M., Zatrahadi, M. F., Suhaimi, S., & Darmawati, D. (2019). TAREKAT NAQSABANDIYAH SEBAGAI TERAPI GANGGUAN MENTAL (Studi di Desa Besilam Kabupaten Langkat Sumatera Utara). Sosial Budaya, 15(2), 77–82.
Mudasir. (2015). Psikologi Pendidikan. Pekanbaru: STAI Nurul Falah Air Molek.
Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Syamsu Yusuf LN. (2014). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Al-Ittizaan Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Al-Ittizaan Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Al-Ittizaan Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Al-Ittizaan Journal in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Al-Ittizaan Journal are required to cite the original source, including the author's names, Al-Ittizaan Journal as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Al-Ittizaan Journal the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.