Penerapan Codeigniter Dalam Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan Di SMK 7 Bandar Lampung
DOI:
https://doi.org/10.24014/coreit.v6i2.10679Abstract
Teknologi informasi merupakan bagian dari sistem informasi yang mendukung sistem informasi dalam menghasilkan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu. Perkembangan teknologi informasi di Indonesia telah banyak mengalami kemajuan, didukung dengan teknologi komunikasi yang menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan merupakan alternatif yang tepat bagi suatu bidang pendidikan untuk menunjang kinerja dari penyelenggaraan pendidikan tersebut agar dapat berjalan dan bekerja dengan baik. Penggunaan teknologi berbasis online dan mobile mempunyai peranan yang cukup penting dalam proses pembelajaran dalam jaringan, termasuk di dalamnya adalah pencapaian tujuan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19. Pembelajaran DARING pada SMK 7 Bandarlampung menggunakan aplikasi Google Classroom, pengumpulan tugas siswa harus mengirimkan jawaban melalui aplikasi pesan instan WhatApps, serta belum tersedianya tutorial video pengajaran yang dilakukan oleh guru. Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan menggunakan CodeIgniter membantu pihak sekolah dalam melakukan pengawasan pembelajaran karena dapat di monitoring secara langsung proses pembelajaran yaitu upload materi, video pengerjaan dan pembelajaran, upload tugas yang dilakukan oleh siswa dan guru, sehingga membantu pihak sekolah dalam pengawasan pembelajaran DARING. Hasil pengujian menggunakan kriteria Model TAM untuk penerimaan teknologi sebesar 85,41% dengan kriteria Sangat Baik untuk model penerimaan teknologi model TAM dalam aplikasi pembelajaran DARINGReferences
L. Sofyana and A. Rozaq, 2019, “Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas Pgri Madiun,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 8, no. 1, p. 81, 2019, doi: 10.23887/janapati.v8i1.17204.
A. Jayul and E. Irwanto, 2020, “Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19 Achmad,” J. Pendidik. Kesehat. Rekreasi, vol. 6, no. 2, pp. 190–199, 2020.
E. Wicaksana, 2020, “Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Moodle Terhadap Motivasi Dan Minat Bakat Peserta Didik Di Tengah Pandemi Covid -19,” EduTeach J. Edukasi dan Teknol. Pembelajaran, vol. 1, no. 2, pp. 117–124, 2020, doi: 10.37859/eduteach.v1i2.1937.
L. Maghfiroh, W. Subchan, and M. Iqbal, 2016. “Aplikasi Problem Based Learning berbantuan MOODLE untuk Menumbuhkan Self Regulated Learning Siswa dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekologi Kelas X IPA 2 (SMA Negeri 3 Jember),” J. Edukasi, vol. 3, no. 1, p. 5, 2016, doi: 10.19184/jukasi.v3i1.4312.
A. Purmadi, M. Samsul Hadi, and L. Najwa, 2018, “Pengembangan Kelas Daring Dengan Penerapan Hybrid Learning Menggunakan Chamilo Pada Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan Developing Daring Class With Hybrid Learning Application Using Chamilo on Civics Education Courses,” J. Edcomtech, vol. 3, no. 2, pp. 135–140, 2018, [Online]. Available: http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/5467.
Y. Wulandari and H. Sulistiani, 2020, “RANCANG BANGUN APLIKASI PRESENSI SMS GATEWAY BERBASIS WEB DENGAN FRAMEWORK CODEIGNITER PADA,” vol. 1, no. 1, pp. 43–50, 2020.
D. A. Megawaty and M. E. Putra, 2020, “APLIKASI MONITORING AKTIVITAS AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI INFORMATIKA UNIVERSITAS XYZ BERBASIS,” vol. 1, no. 1, pp. 65–74, 2020.
N. L. Khusniyah and L. Hakim, 2019, “Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris,” J. Tatsqif, vol. 17, no. 1, pp. 19–33, 2019, doi: 10.20414/jtq.v17i1.667.
N. Shodik, N. Neneng, and I. Ahmad, 2019, “Sistem Rekomendasi Pemilihan Smartphone Snapdragon 636 Menggunakan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (Smart),” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 7, no. 3, p. 219, 2019, doi: 10.23887/janapati.v7i3.15727.
M. Destiningrum and Q. J. Adrian, 2017, “Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbassis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centre),” J. Teknoinfo, vol. 11, no. 2, p. 30, 2017, doi: 10.33365/jti.v11i2.24.
R. Pressman, 2010, Software Quality Engineering: A Practitioner’s Approach.
F. Sayekti and P. Putarta, 2016, “Penerapan Technology Acceptance Model (TAM) Dalam Pengujian Model Penerimaan Sistem Informasi Keuangan Daerah,” J. Manaj. Teor. dan Terap., vol. 9, no. 3, pp. 196–209
Downloads
Published
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to CoreIT journal and published by Informatics Engineering Department Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau as publisher of the journal.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors automatically transfer the copyright to the journal and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate permission for non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).