Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Kinect
DOI:
https://doi.org/10.24014/coreit.v2i1.2353Abstract
Bahasa Inggris merupakan bahasa pengantar dunia yang sangat baik jika diajarkan kepada anak sejak usia dini karena pada usia ini mereka dengan mudah meniru dan melatih kemampuan berbahasa. Pada penelitian ini akan dibangun sebuah aplikasi pembelajaran bahasa Inggris dasar yang interaktif dari segi materi pembelajaran dan suasana belajar karena melibatkan gerakan melalui teknologi Kinect. Materi yang ditampilkan pada aplikasi ini berupa pengenalan alphabet, numbers, colors dan shapes. Aplikasi ini dirancang dengan pemodelan Unified Modelling Language (UML), dikembangkan menggunakan bahasa C# dan diujikan dengan metode blackbox, pre-test dan post-test serta kuisioner. Hasilnya terjadi peningkatan pemahaman terhadap materi dan waktu tercepat dalam pengerjaan latihan yang dapat dilihat dari nilai rata-rata latihan sesudah menggunakan aplikasi pembelajaran dengan nilai rata-rata latihan sebelum menggunakan aplikasi pembelajaran.References
Microsoft Research. 2011. Geting Started
with the Kinect for Windows SDK Beta from
Microsoft Research. Technical Report.
Chicago: Microsoft Corporation Beta 1 Draft
Version 1.1.
Wagiran, dkk. 2009. Pengembangan Media
Pembelajaran. Semarang: UNNES
Sudjana, Nana dan Ahmad Riavai. 2009.
Media Pengajaran (Penggunaan dan
Pembuatan). Bandung: Sinar Baru
Algensindo.
Vaughan, Tay. 2006. Multimedia: Making It
Work Edisi 6. Yogyakarta: Andi
Santrock, J. W. 2007. Perkembangan Anak.
Jakarta: Erlangga.
Sadjiman, E.S. 2005. Dasar-Dasar Tata
Rupa dan Desain. Yogyakarta: CV. Arti
Bumi Intaran.
Hendratman, Hendi. 2008. ”Tips n Trix
Computer Graphics Design!”. Edisi Revisi.
Bandung: Informatika.
Sutopo, Ariesto Hadi. 2003. Multimedia
Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: Graha
Ilmu.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to CoreIT journal and published by Informatics Engineering Department Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau as publisher of the journal.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors automatically transfer the copyright to the journal and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate permission for non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).