Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Kinect

Authors

  • Nazruddin Safaat Harahap
  • Oktariani Sari

DOI:

https://doi.org/10.24014/coreit.v2i1.2353

Abstract

Bahasa Inggris merupakan bahasa pengantar dunia yang sangat baik jika diajarkan kepada anak sejak usia dini karena pada usia ini mereka dengan mudah meniru dan melatih kemampuan berbahasa. Pada penelitian ini akan dibangun sebuah aplikasi pembelajaran bahasa Inggris dasar yang interaktif dari segi materi pembelajaran dan suasana belajar karena melibatkan gerakan melalui teknologi Kinect. Materi yang ditampilkan pada aplikasi ini berupa pengenalan alphabet, numbers, colors dan shapes. Aplikasi ini dirancang dengan pemodelan Unified Modelling Language (UML), dikembangkan menggunakan bahasa C# dan diujikan dengan metode blackbox, pre-test dan post-test serta kuisioner. Hasilnya terjadi peningkatan pemahaman terhadap materi dan waktu tercepat dalam pengerjaan latihan yang dapat dilihat dari nilai rata-rata latihan sesudah menggunakan aplikasi pembelajaran dengan nilai rata-rata latihan sebelum menggunakan aplikasi pembelajaran.

References

Microsoft Research. 2011. Geting Started

with the Kinect for Windows SDK Beta from

Microsoft Research. Technical Report.

Chicago: Microsoft Corporation Beta 1 Draft

Version 1.1.

Wagiran, dkk. 2009. Pengembangan Media

Pembelajaran. Semarang: UNNES

Sudjana, Nana dan Ahmad Riavai. 2009.

Media Pengajaran (Penggunaan dan

Pembuatan). Bandung: Sinar Baru

Algensindo.

Vaughan, Tay. 2006. Multimedia: Making It

Work Edisi 6. Yogyakarta: Andi

Santrock, J. W. 2007. Perkembangan Anak.

Jakarta: Erlangga.

Sadjiman, E.S. 2005. Dasar-Dasar Tata

Rupa dan Desain. Yogyakarta: CV. Arti

Bumi Intaran.

Hendratman, Hendi. 2008. ”Tips n Trix

Computer Graphics Design!”. Edisi Revisi.

Bandung: Informatika.

Sutopo, Ariesto Hadi. 2003. Multimedia

Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: Graha

Ilmu.

Downloads

Published

2016-12-28

Issue

Section

Articles